Home Bisnis Ramadhan Sebentar Lagi, Waktu Memulai Bisnis Takjil

Ramadhan Sebentar Lagi, Waktu Memulai Bisnis Takjil

by Brandie Willis
Ramadhan Sebentar Lagi, Waktu Memulai Bisnis Takjil

Tidak terasa Ramadhan sebentar lagi. Ini saatnya kita memanfaatkan kesempatan yang ada dengan bisnis takjil. Seperti biasanya, di bulan Ramadhan setiap orang berbondong-bondong mencari takjil, tak heran kebiasaan ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.
Ramadhan Sebentar Lagi, Waktu Memulai Bisnis Takjil
Mudah dan Menguntungkan
Peluang usaha takjil ini sangat mudah dan menguntungkan. Tak perlu modal besar. Kita bisa memulainya dengan menjual makanan buka puasa seperti es buah, jenang sum-sum, jus buah, nasi goreng, nasi kuning, puding, dan masih banyak lagi.
Selain itu, bagi Anda yang tidak suka memasak dan ingin berbisnis takjil tanpa modal, Anda bisa menjualkan barang titipan. Artinya Anda hanya menyediakan tempat, para produsen makanan bisa menitipkan makanannya pada lapak Anda dan Anda hanya cukup menjualkannya. Misalkan tahu bakso dari produsen seharga 1300 Anda jual 1500.
Pilih yang Anti-Mainstream
Sayangnya ketika bulan Ramadhan, banyak orang yang melirik bisnis serupa. Mereka yang biasanya tidak menjual makanan menjadi berjualan berbagai hidangan untuk buka puasa. Sebagai tips, hindari  menjual makanan yang sama. Misalnya tetangga sebelah menjual nasi goreng, Anda bisa menjual nasi goreng pete yang sudah di lengkapi dengan telur dan kerupuk.
Pilihlah Tempat Strategis
Tak bisa di pungkiri, lokasi sangat menentukan kesuksesan berbisnis. Sama halnya dengan bisnis takjil, Anda harus memikirkan tempat yang tepat untuk bisnis Anda. Selain itu, pikirkan juga seberapa luasnya. Apakah Anda hanya menjual sedikit makanan atau berbagai lauk pauk tersedia?
Pilih Makanan Berkualitas
Bagi Anda yang menjualkan barang titipan, Anda harus memiliki produsen makanan atau pemasok yang dapat memberi Anda makanan berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Kualitas makanan adalah nomor satu. Dengan menyajikan makanan berkualitas tinggi pelanggan Anda tidak akan berpaling.
Jika Anda yang membuat sendiri makanan yang Anda jual, pastikan bahan baku yang Anda gunakan dalam kondisi baik. Perhatikan pula masalah kebersihan. Ingat kepercayaan sangat penting, sedikit saja pelanggan merasa produk sudah basi dan tidak berkualitas maka mereka akan berpindah halauan.
Atur dengan Baik Persediaan Makanan Takjil
Ketika kita menjual makanan untuk buka puasa, waktu ramai hanya sebelum magrib. Setelah magrib pelanggan akan mulai berkurang. Sangat penting untuk kita menghitung berapa banyak takjil yang harus ada tanpa ada sisa setelah magrib. Padahal jika kita menjualnya lagi besok, kualitas sudah menurun. Untuk mengetahui berapa banyak yang harus kita sediakan memerlukan beberapa riset. Pada hari pertama cobalah menyetok dengan jumlah yang lumayan banyak. Jika habis, esok hari Anda bisa menyediakan dalam jumlah yang sama. Tetapi jika tidak habis, Anda besok harus menguranginya.
Jadi, sudah siap memulai Bisnis takjil di bulan Ramadhan nanti?

Baca Juga:   Ide Usaha 2017

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More