Home Bisnis Kembangkan Bisnis dengan Cepat Menggunakan WhatsApp Business

Kembangkan Bisnis dengan Cepat Menggunakan WhatsApp Business

by Brandie Willis
Kembangkan Bisnis dengan Cepat Menggunakan WhatsApp Business

Perkembangan dunia bisnis yang semakin meningkat, membuat WhatsApp kini merilis aplikasi WhatsApp for Business dan diresmikan pada 18 Januari 2018 lalu. Aplikasi ini akan memudahkan Anda yang memiliki usaha kecil yang bergerak di bidang Usaha Kecil dan Menengah dan perusahaan besar untuk menyalurkan bisnis Anda ke seluruh pelanggan bisnis atau pengguna lainnya. Hal ini tentunya akan meningkatkan pengalaman bisnis Anda. Jika Anda belum mengetahui seluk beluk WhatsApp Business mungkin akan berpikir aplikasi WhatsApp Messanger biasa juga digunakan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah, kedua aplikasi ini sangat berbeda, dari segi fitur maupun dari segi fungsi.
Kembangkan Bisnis dengan Cepat Menggunakan WhatsApp Business
Berikut ulasan mengenai perbedaan WhatsApp Business dan Whatsapp Messanger.
Logo Aplikasi
Dari segi tampilan, khususnya logo, kedua aplikasi ini sangat berbeda. Pada WhatsApp Business gambar logo menggunakan salah satu huruf abjad kapital, yaitu “B”, sedangkan untuk Whatsapp Messanger logonya bergambar gagang telepon. Namun, untuk warna, kedua aplikasi ini sama-sama berwarna hijau. Warna khas yang menjadi ciri aplikasi Whatsapp.
Profil
Pada aplikasi WhatsApp Business terdapat fitur profil bisnis. Di mana fitur ini bertujuan untuk menampilkan informasi menganai bisnis, seperti deskripsi bisnis, alamat kantor, kategori, email, serta situs resmi bisnis Anda. Sedangkan WhatsApp Messanger hanya menampilkan infromasi mengenai nama, informasi singkat, dan nomor telepon pengguna saja.
Nama Akun Pengguna
Jika pada aplikasi WhatsApp Messanger Anda dengan mudah bebas mengubah tampilan nama Anda, namun tidak pada WhatsApp Business  karena ada batasan waktu dalam pengubahan nama bisnis Anda.  Oleh karena itu, Anda harus memastikan nama yang tepat sebelum mengisinya agar Anda tidak perlu lagi menggantinya berulang kali.
Fitur Pesan Otomatis
WhatsApp Business memiliki kelebihan yang tidak ada pada Whatspp Messanger, yakni kehadiran tiga fitur pesan otomatis. Pertama Away messanger, yang berfungsi mengatur pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau di saat bisnis sedang tutup, yang kedua adalah geeting message, yang berfungsi untuk mneyambut pelanggan baru dan Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk menawarkan produk baru secara menyeluruh kepada para pelanggan. Terakhir adalah quick replies yang berfunsgi untuk membalas pesan masuk dengan balasan pesan yang sama.
Pengelompokan Pesan “Label”
Adanya fitur pada WhatsApp Business  ini memudahkan Anda dalam mengelompokkan pesan dari para pelanggan Anda. Pengelompokan dilakukan berdasarkan prospek, menunggu bayaran, terbayar, pesan baru dan pesan selesai.
Alasan Menggunakan WhatsApp Business
Banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan WhatsApp Business. Selain memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan para pelanggan dengan beberapa fitur seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan aplikasi ini Anda juga bisa mempromosikan produk Anda secara lebih mudah dengan menggunakan fitur greeting message.
 

Baca Juga:   Agar Tidak Tertipu, Kenali 4 Ciri Khas Investasi Bodong Ini!

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More