You are here: Home / Uncategorized / Tips Menarik, Internat Aman untuk Anak

Tips Menarik, Internat Aman untuk Anak

Kemudahan akses tanpa batas dan tidak adanya penyaring dari orang tua memungkinkan internet menjadi tempat bagi anak untuk mendapatkan informasi yang tidak semestinya. Karena itu, Anda sebagai orang tua harus tahu benar apa yang diakses anak selama menggunakan internet. Untuk menunjang program internet sehat, berikut ini akan dijabarkan Tips Menarik, Internet Aman untuk Anak.

Lakukan dengan Cara yang Sama

Bagaimana cara Anda mengasuh anak saat mereka online dengan offline? Sama atau berbeda? orang tua hendaknya menerapkan gaya asuh yang sama paga anak, saat dia sedang online maupun tengah offline. Jika Anda memang telah membuat kesepakatan bersama yang disepakati dalam situasi offline, tetap tepati hal tersebut.

Selain memberlakukan gaya asuh yang sama, Anda juga perlu untuk menjelaskan aturan-aturan dasar dalam menggunakan internet pada anak sebelum dia mengakses internet. Ini penting, agar anak tahu lebih dulu posisi serta kepentingannya.
Berikan Contoh Baik

Jadilah contoh atau panutan yang baik, dalam setiap situasi saat online maupun keadaan offline.

Contohnya, saat Anda membuat aturan penggunaan internet oleh anak dibatasi hingga pukul sepuluh malam. Maka, ini juga berlaku bagi Anda. Hentikan penggunaan internet sesuai kesepakatan dengan anak. Ini akan membantu mereka memahami, kalau peraturan yang telah disepakati berlaku untuk semuanya.

Contoh lain adalah sopan santun saat menggunakan media sosial. Jika Anda ingin anak-anak tetap sopan saat online, contohkan perilaku sopan dan santun saat mengirim pesan kepada mereka.

Jangan Canggung berada di Tengah Mereka

Tips menarik berikutnya adalah saat anak sudah berkenalan dengan internet dan media sosial, hendaknya orang tua juga sadar benar akan hal ini. Jangan ketinggalan zaman dan mengabaikan saja yang mereka lakukan. Cobalah melakukan hal yang sama dan lakukan interaksi dengan anak-anak Anda. Ini sama artinya seperti berinteraksi dan berkomunikasi secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaatkan Momen

Jangan menunda mengenalkan internet sehat pada anak. Lakukan dengan cara yang benar dan informasi yang tepat agar anak bisa memahaminya lebih dini. Jangan sampai mereka mendapatkan informasi justru dari orang lain atau media sosial, tanpa Anda ketahui lebih dulu.
Minta Anak untuk Mengajari Anda

Apakah orang tua hanya terbatas memperhatikan saja seluruh aktivitas internet anak dari jauh? Tentu tidak, hal ini tidak tepat.

Ada baiknya, Anda juga terlibat bersama anak. Kalau perlu, minta anak untuk mengajari Anda soal informasi, layanan atau media yang tengah menjadi kesukaan anak di internet.

Interaksi berupa percakapan dengan anak  dapat diubah menjadi sebuah kesempatan untuk membicarakan soal keamanan dan privasi. Contohnya, Anda dapat bertanya tentang pengaturan privasi saat menyiapkan sebuah akun kepada mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *