You are here: Home / Uncategorized / Tips Memilih Tabungan yang Tepat untuk Anak

Tips Memilih Tabungan yang Tepat untuk Anak

Salah satu cara membiasakan menabung sejak dini dapat dilakukan orang tua dengan cara membuatkan tabungan khusus anak. Dengan cara ini, anak akan belajar terbiasa hidup hemat dan bisa mempersiapkan masa depan mereka sendiri. Karena anak berbeda dengan orang dewasa, tabungan mereka juga perlu dipersiapkan khusus. Bank biasanya memberikan tawaran khusus jenis tabungan yang memang diperuntukkan untuk anak. Tetapi, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilih tabungan tersebut. Berikut ini tips memilih tabungan yang tepat untuk anak.

Perhatikan Biaya Administrasi

Sebelum membuka tabungan, Anda perlu untuk memerhatikan benar ketentuan dan syarat-syarat yang berlaku di bank tujuan. Pilihkan tabungan untuk anak yang bebas biaya administrasi bulanan. Dengan demikian, tabungan anak tidak akan mengalami pengurangan akibat biaya adiministrasi, meski diendapkan dalam waktu lama. Cara ini membantu anak untuk semakin bersemangat menabung, karena mereka melihat uan simpanannya bertambah banyak tanpa khawatir berkurang.

Tidak Ada Sisa Minimum Saldo

Tabungan anak berbeda dengan tabungan orang dewasa. Karena itu, pilihkan jenis tabungan yang tidak menetapkan saldo minimum ketika diambil atau ditarik. Tabungan pada umumnya dilengkapi juga dengan kartu ATM, sehingga sewaktu-waktu dapat diambil. Berikan pemahaman pada anak tentang penggunakan kartu ini. Agar mereka bisa belajar mengelola keuangan mereka sendiri, dengan tidak sembarangan menarik uang tabungan yang sudah masuk.

Jika terpaksa memilih jenis tabungan yang menetapkan saldo tertentu, pilih saldo minimum yang paling kecil. Ini untuk memperkecil kerugian dalam tabungan yang dimiliki oleh anak.

Perhatikan Suku Bunga

Suku bunga yang diberikan oleh bank perlu diperhatikan benar. Pilihlah tabungan dengan nilai suku bunga yang menguntungkan. Untuk anak-anak, tentu dipilihkan tabungan dengan nominal modal kecil tetapi bank sudah memberikan bunga.

Atau jika Anda tidak suka dengan ketentuan bunga, Anda juga bisa memilih jenis tabungan syariah yang bebas riba serta memberikan keuntungan berupa nisbah bagi hasil. Model ini juga bisa digunakan untuk membelajarkan anak perbedaan metode perbankan syariah dan konvensional.

Aturan Setoran

Pada umumnya anak-anak belum memiliki uang dalam jumlah banyak. Karena itu, saat membuatkan tabungan untuk anak, sebaiknya pilih jenis yang pilihan setoran awal dan setoran lanjutannya tidak terlalu besar. Artinya, meski uang yang dimiliki anak tidak banyak, ia tetap bisa melakukan setoran di bank.

Setoran ringan juga membantu orang tua untuk melatih anak-anaknya menabung tiap minggu atau dua minggu sekali. Dengan cara ini, anak-anak akan terbiasa menyisihkan yang yang mereka miliki untuk kemudian menabungkannya ke bank. Dan saat mengantar ke bank, Anda bisa melatih anak untuk menyerahkan sendiri uang dan buku tabungannya agar anak dapat mengetahui cara menabung dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *