You are here: Home / Uncategorized / Tips Agar Deposito Jadi Investasi Menguntungkan

Tips Agar Deposito Jadi Investasi Menguntungkan

Dari beragam jenis investasi yang ada, deposito adalah salah satu yang dipilih banyak orang. Deposito memiliki keuntungan, salah satunya adalah suku bunga yang besar. Tetapi tidak dapat diambil sewaktu-waktu, karena memiliki jangka waktu tertentu. Karena itu, jika Anda memang berniat berinvestasi dalam bentuk deposito, hendaknya juga punya sumber dana lain tanpa tergantung pada nominal deposito. Berikut ini akan dijelaskan lebih luas beberapa tips agar deposito jadi investasi menguntungkan bagi Anda.

Tentukan Jangka Waktu

Deposito adalah jenis investasi yang memiliki ketentuan waktu tertentu. Artinya, uang yang sudah Anda setorkan tidak bisa ditarik seenaknya saja dan kapan saja. inilah salah satu kelemahan dari investasi berbentuk deposito. Karena itu, sebelum Anda memasukkan dana dalam bentuk deposito, tentukan lebih dulu berapa lama Anda berencana menaruh dana Anda. Pertimbangan yang bisa dilakukan adalah tergantung kapan Anda membutuhkan dana tersebut, atau ketika Anda memiliki cadangan dana lain yang akan Anda gabungkan ketika deposito Anda jatuh tempo.

Pilih Jenis Deposito

Ada banyak jenis deposito yang ditawarkan. Tatapi, Anda perlu untuk menentukan jenis deposito mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contohnya, jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu dua tahun saja tetapi tidak ingin terjebak dengan tingkat suku bunga rendah, maka Anda bisa memilih jenis deposito berjangka. Jika Anda khawatir akan butuh dana cepat secara tiba-tiba, Anda bisa memilih jenis deposito likuid atau on call.

Cek Suku Bunga

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan setelah menentukan jenis deposito adalah mengecek suku bunga. Umumnya, suku bunga deposito memang lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Ini adalah salah satu kelebihan dari investasi berbentuk deposito.

Meski demikian, Anda juga tetap perlu membandingkan produk deposito sejenis untuk berbagai bank yang berbeda. Ini akan membantu Anda untuk mempertimbangkan dan menentukan pilihan jenis deposito yang tepat.

Pisahkan Depositonya!

Jika Anda memiliki cukup banyak uang dan ingin menginvestasikannya dalam bentuk deposito, maka sebaiknya bagi ke dalam beberapa jenis deposito dalam jangka waktu berbeda.

Cara ini dikenal sebagai laddering. Hal ini bisa bermanfaat untuk mengurangi kekurangan sebuah produk deposito. Strategi ini dapat memberi akses likuiditas sebagian dari dana yang Anda miliki, dan melindungi dari fluktuasi tingkat suku bunga.

Demikian tadi beberapa tips agar deposito yang Anda miliki dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Para prinsipnya, investasi dalam bentuk apapun adalah cara untuk mempersiapkan masa depan. Karena itu, jangan ragu untuk melakukan investasi jika memang telah mampu. Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih, tentu dengan kekurangan serta kelebihan masing-masing. Selamat berbisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *