You are here: Home / Uncategorized / Tabungan Membantu Anda Mengelola Uang Dengan Baik

Tabungan Membantu Anda Mengelola Uang Dengan Baik

Menabung memiliki banyak manfaat untuk masa depan. salah satu tempat untuk menabung yang keamanannya terjamin adalah Bank. Ada banyak jenis-jenis tabungan di bank yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah rekening tabungan biasa.

Manfaat Menabung dan Faktor Penyebab Orang Malas Menabung

Manfaat menabung salah satunya adalah membuat kita menjadi lebih tertib dalam hal mengelola keuangan, sehingga jika sewaktu-waktu membutuhkan biaya tidak terduga sudah tidak perlu khawatir karena kita memiliki simpanan uang yang bisa diambil. Namun, dibalik keuntungan dan manfaat menabung yang sudah terbukti nyata tersebut, masih banyak orang yang sulit membiasakan diri menabung.

Penyebab orang malas menabung bisa disebabkan karena beberapa faktor, bisa karena faktor internal maupun eksternal.

  • Faktor internal adalah masalah yang berasal dari dalam diri. Hal ini berkaitan dengan niat dan kesungguhan. Oleh sebab itu sebaiknya tentukan dulu tujuan membuka rekening tabungan, sehingga ada dorongan kuat dari dalam diri. Misalnya menabung untuk membeli rumah, menabung untuk biaya pendidikan anak dsb.
  • Faktor eksternal adalah masalah yang disebabkan dari lingkungan atau dari luar diri. Hal ini menyangkut kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi. Misalnya: harus membayar biaya pendidikan anak, harus membayar uang sewa rumah dll. Selain itu lingkungan bisa mempengaruhi kebiasaan menabung, jadi Anda harus bisa membentengi diri Anda jika lingkungan di sekeliling Anda cenderung konsumtif.

Dua Metode Menabung

Ada beberapa metode cara menabung yang bisa diterapkan sehari-hari. Metode tersebut akan berhasil jika dilakukan dengan serius dan disiplin. Berikut ini beberapa metode menabung yang menarik untuk diterapkan.

Baca Juga:Manfaat Dan Cara Membuka Tabungan di Bank

  • Metode Nominal

Metode ini sangat efektif dilakukan bagi Anda yang malas untuk menabung. Karena dengan metode ini Anda akan tertantang untuk mencapai nominal tertentu. Misalnya 50 ribu. Jika Anda memiliki uang dengan nominal tersebut maka wajib menyimpannya. Jika dalam sebulan Anda menyimpan uang dengan nominal 50 ribu sebanyak 5 kali, maka Anda sudah berhasil menabung sebesar Rp 250 ribu rupiah dalam satu bulan. Metode ini cocok diterapkan bagi Anda yang memiliki pekerjaan tidak tetap.

  • Metode Kelipatan

Menggunakan metode ini seperti sebuah permainan game yang memiliki tantangannya tersendiri. Menabung menggunakan metode kelipatan adalah mengharuskan Anda menabung dalam waktu 1 minggu 1 kali. Setiap menabung, nominal uangnya harus ditambah lebih besar dari jumlah minggu sebelumnya.

Misalnya: jika minggu pertama Anda menabung sebesar Rp 20.000,-, maka pada minggu berikutnya Anda harus menabung Rp 30.000,- begitu seterusnya. Jika Adna tidak sanggup dengan metode tersebut bisa mengurangi kelipatannya.

Jika Anda sudah berhasil menggunakan salah satu metode tersebut, jangan lupa untuk menyimpannya ke rekening tabungan. Menabung di Bank akan memberikan banyak keuntungan. Ada banyak bank di Indonesia yang sudah terjamin keamanannya, seperti: Bank BRI, BNI, BCA, Mandiri dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *