You are here: Home / Uncategorized / Tabungan Deposito Investasi Jangka Panjang Yang Aman

Tabungan Deposito Investasi Jangka Panjang Yang Aman

Bagi sebagian pembaca tentu tidak asing dengan istilah deposito. Tabungan ini merupakan sejenis tabungan yang bisa dijadikan peluang investasi yang menjanjikan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu jenis investasi ini disebut juga dengan sebutan tabungan jangka panjang.

Kelebihan Tabungan Deposito

Salah satu kelebihan tabungan jangka panjang adalah tingkat bunga banknya lebih besar dibandingan dengan tabungan biasa. Namun jenis tabungan ini hanya bisa diambil setelah sampai pada jangka waktu tertentu. Itu sebabnya tabungan ini dikenal juga dengan istilah tabungan bunga berjangka.

Untuk lebih jelas seperti apa peluang investasi ini,  kita bisa membandingkannya dengan jenis investasi lainnya. Berikut ini penjelasannya:

Investasi tabungan ini resikonya sangat kecil. Dengan investasi ini Anda bisa menjaga jumlah uang pokok yang diinvestasikan. Hal ini yang membedakan dengan jenis investasi saham dan obligasi. Pada investasi saham dan obligasi nilai pokok Anda bisa saja berkurang.

Jika pada obligasi nilai pokoknya tergantung pada pergerakan suku bunga. Apabila suku bunga naik, maka harga obligasi akan mengalami penurunan. Begitu pula dengan harga saham yang dipengaruhi oleh kondisi pasar. Jika terjadi ketidakstabilan politik bisa menyebabkan perubahan harga, biasanya berupa penurunan harga.

Mengetahui perbedaan tersebut, kita akhirnya mengetahui investasi tabungan bunga berjangka ini lebih aman tidak akan mengalami penurunan nilai pokok, walaupun suku bunga sedang mengalami kenaikan ataupun penurunan. Jika terjadi fluktuasi suku bungan bank tidak akan mempengaruhi nilai pokok, hanya berpengaruh pada bunga yang Anda terima.

Investasi Jangka Panjang Dan Jangka Pendek

Deposito berfungsi sebagai alat investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Jika Anda menginvestasikan uang dalam bentuk deposito berjangka, maka Anda bisa memilih waktu jatuh temponya.

Jika Anda mencairkan tabungan sebelum waktunya, makan Anda akan mendapatkan denda atau dikenal dengan istilah penalty. Dendanya berupa tidak mendapatkanhasil apapun. Dengan demikian, jika Anda berniat mengambil/ menggunakan uang dalam jangka waktu yang pendek sebaiknya membuka tabungan biasa

Karena dengan tabungan biasa, Anda bisa mengambil uang sewaktu-waktu tanpa di denda. Namun bedanya, bunga tabungan lebih kecil dibandingkan dengan suku bunga berjangka.

Uang yang Anda simpan di Bank yang memenuhi persyaratan dari pemerintah adalah seratus persen dijamin pemerintah dari resiko gagal bayar. Garansi tersebut masih diberlakukan oleh pemerintahan untuk jangka waktu yang belum ditentukan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan uang yang disimpan di Bank, jika suatu saat Bank tersebut diambil alih atau ditutup.

Cara yang paling tepat adalah membuka tabungan biasa yang sewaktu-waktu bisa diambil jika ada keperluan mendadak. Simpan juga sebagian untuk deposito untuk keperluan jangka panjang.  Demikian informasi mengenai deposito tabungan jangka panjang dan jangka pendek. Tentukan keputusan sekarang juga untuk masa depan Anda dan keluarga dengan menginvestasikan kekayaan Anda dalam bentuk tabungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *