You are here: Home / Uncategorized / Pahami Resiko Pinjaman Online Sebelum Anda Mengajukannya
Pahami Resiko Pinjaman Online Sebelum Anda Mengajukannya

Pahami Resiko Pinjaman Online Sebelum Anda Mengajukannya

Dijaman yang serba maju seperti sekarang ini segala kebutuhan masyarakat seakan dipermudah dengan bantuan teknologi. Ya, seperti ketika Anda ingin mendapatkan pinjaman uang secara langsung tanpa kerepotan. Sekarang sudah ada sistem pinjaman online yang menawarkan banyak sekali kelebihan didalamnya. Ini merupakan kesempatan bagi banyak orang yang tidak ingin mengantri dalam waktu yang lama di bank hanya untuk sekedar mendapatkan pinjaman uang. Hanya dengan melalui ponsel, laptop ataupun PC saja sudah bisa melakukan proses pengajuan yang mudah, cepat dan fleksibel.

 Pahami Resiko Pinjaman Online Sebelum Anda Mengajukannya

Sering kali seseorang direpotkan dengan persyaratan yang ada pada bank ketika melakukan pinjaman. Bukan saja pengumpulan dokumen yang banyak tetapi prosesnya juga terbilang lebih lama sekali. Nah, dengan adanya tren pinjam uang melalui online seakan memberikan solusi untuk kebutuhan masyarakat akan dana sebagai modal atau pemenuhan kebutuhan. Bahkan ada yang hanya memberikan persyaratan berupa KTP saja bisa langsung mencairkan uang. Bagaimana, tertarik untuk melakukannya? Namun sebelum Anda melakukan pengajuan, perlu memahami beberapa resikonya terlebih dahulu seperti berikut:

  • Kredit macet.

Ada kalanya seseorang yang melakukan pinjaman tidak bisa membayar angsuran sesuai dengan ketentuan. Hal itu tentu di bank sudah diperhatikan secara matang, apalagi banyak persyaratan yang ditentukan diawal. Tetapi jika Anda memilih melakukan pinjaman secara online yang hanya mensyaratkan KTP perlu dipahami seperti apa resiko ketika kredit macet. Bisa jadi Anda akan mendapatkan tanggungan bunga yang lebih besar lagi.

  • Iming-iming suku bunga.

Banyak jasa pinjaman melalui online yang memberikan penawaran mengenai bunga yang lebih rendah dari pada bank. Nah, mendengar kata tersebut tentunya banyak masyarakat yang langsung tergiur. Tetapi ada baiknya kroscek terlebih dahulu apakah memang benar pinjaman online tersebut memberikan tanggungan bunga yang lebih rendah. Perhitungkan dengan baik lalu bandingkan dan pertimbangkan.

  • Kurang transparan.

Keterbatasan penyedia layanan pinjaman melalui online yaitu tidak bisa melakukan pertemuan secara langsung. Hal itu tentu akan membuat perbedaan pada proses yang dilakukan, bisa jadi prosesnya kurang transparan dan banyak kejanggalan yang dapat membuat Anda sebagai peminjam merasa dirugikan.

  • Hilang tiba-tiba.

Sangat susah sekali ketika Anda berhubungan dengan orang ternyata bisa hilang tiba-tiba, apalagi itu tidak dilindungi secara resmi. Berbeda ketika Anda meminjam pada sebuah bank yang telah dilindungi oleh OJK akan lebih aman.

Nah, beberapa hal diatas bisa menjadi resiko untuk Anda yang melakukan pinjaman dengan sistem online. Meskipun pada dasarnya semua jenis pinjaman mempunyai resiko atau kelebihan dan kekurangan yang hampir seimbang. Makanya penting sekali melakukan pertimbangan sebelum memilih dan memastikan untuk melakukan pinjaman online yang saat ini sedang menjadi tren di masyarakat. Semoga sedikit ulasan diatas memberikan gambaran kepada Anda mengenai situs pinjaman melalui online yang sedang marak saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *