You are here: Home / Uncategorized / Manfaat Dan Cara Membuka Tabungan di Bank

Manfaat Dan Cara Membuka Tabungan di Bank

Menabung adalah suatu cara yang dilakukan untuk menyimpan uang. Ada banyak cara menabung,  bisa dicelengan atau ditempat yang tersembunyi di dalam rumah. Namun cara tersebut tidak aman, dikhawatirkan akan dicuri. Cara aman menabung adalah dengan membuka tabungan di bank.

Bank adalah perusahaan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal menyimpan dan mengelola keuangan. Selain menyimpan, bank juga memberikan fasilitas pinjaman. Ada banyak manfaat menabung di bank, salah satunya adalah kemudahan untuk bertransaksi dan akses yang akan dilakukan.

Misalnya: jika Anda akan pergi ke luar kota untuk melakukan transaksi dan membawa uang tunai puluhan juta, tentu hal tersebut membahayakan. Jika Anda melakukan transaksi melalui Bank, tentu akan lebih aman. Masih banyak manfaat lainnya apabila Anda menabung di bank, yaitu:

  • Keamanan Terjamin, karena bank menjamin uang Anda tersimpan dengan aman dan baik.
  • Lebih Efesien, membuka tabungan di bank tidak membutuhkan biaya yang besar.
  • Lebih Menguntungkan, jika jumlah uang yang Anda tabungkan di bank jumlahnya besar, maka Anda akan mendapatkan sejumlah bunga sesuai dengan jumlah tabungan. Artinya, Anda mendapatkan keuntungan lebih.
  • Lebih Mudah, dengan membuka tabungan di Bank bisa lebih mudah melakukan transaksi keuangan. Misalnya jika Anda membutuhkan uang sewaktu-waktu pada hari libur, Anda masih bisa mengambil uang dengan fasilitas mesin ATM.

Cara Menabung di Bank

Menabung di Bank caranya sangat mudah sekali. Jangan berfikir menabung di Bank itu susah, ruit dan bertele-tele. Semua itu tidak benar. Anda tinggal mendatangi Bank yang Anda pilih untuk menabung. Lebih jelasnya berikut ini adalah langkah-langkah membuka rekening tabungan di Bank.

  • Siapkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Siapkan sejumlah uang untuk setoran awal. Nantinya uang tersebut menjadi saldo setoran awal di tabungan. Besarnya setoran setiap Bank berbeda-beda, ada yang Rp250.000,-, Rp 500.000,- . Untuk mengetahui berapa jumlah setoran awal, bisa cari informasi terlebih dulu sebelum membuka rekening.
  • Siapkan materai Rp 6000,- biasanya bank menyediakan materai.
  • Datangi bank yang Anda tuju, lalu ajukan permohonan membuka rekening.
  • Bank akan memberikan formulir mengenai data pribadi yang harus Anda isi.

Setelah proses administrasi selesai, tunggu beberapa saat dan buku rekening Anda sudah jadi. Di dalam buku tabungan sudah berisi saldo awal sejumlah uang yang Anda setorkan. Jika ingin mendapatkan kartu ATM bisa langsung mengajukan permohonan.

Jika tidak ada inisial nama pada kartu ATM, Anda bisa langsung menunggu kartu bisa langsung jadi pada hari itu juga. Sedangkan jika menginginkan ada inisialnya, biasanya kartu ATM jadi dalam waktu satu minggu.

Itulah manfaat menabung dan cara membuka rekening tabungan di Bank. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menabung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *