You are here: Home / Uncategorized / Cara Menabung Deposito Dan Perbedaannya Dengan Tabungan Biasa

Cara Menabung Deposito Dan Perbedaannya Dengan Tabungan Biasa

Bank memberikan beberapa pelayanan penyimpanan dan peminjaman uang dalam bentuk tabungan. Salah satunya adalah deposito yang dikenal juga dengan istilah tabungan jangka panjang.

Secara garis besar tabungan jangka panjang sama halnya dengan tabungan jangka pendek (tabungan biasa). Perbedaannya adalah pada tabungan jangka panjang tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu dan jumlah dana yang ditabung lebih besar.

Namun, jangan khawatir kalaupun deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu, bunganya lebih besar dibandingkan dengan tabungan jangka pendek. Bahkan selisihnya lumayan cukup jauh, artinya akan sangat menguntungkan.

Lalu bagaimana jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak lalu uang tabungan jangka panjang diambil?

Anda bisa mengambil uang sebelum jangka waktu yang ditentukan, namun pihak bank akan memberikan denda (penalty) karena sudah dianggap melanggar perjanjian.

Menabung deposito sama halnya dengan meminjamkan uang ke Bank, lalu kemudian Bank menggunakan uang itu untuk investasi. Jika uang diambil sebelum jangka waktu yang sudah ditetapkan sama halnya mengganggu rencana investasi Bank. Itu sebabnya mengapa diberlakukan denda.

Cara Membuka Rekening Tabungan Jangka Panjang

Biasanya jangka waktu yang ditawarkan oleh pihak bank adalah: 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan 2 tahun. Jika Anda tertarik menabung tabungan jangka panjang caranya sangat mudah: tinggal mendatangi kantor Bank yang dipilih. Kemudian mengisi daftar tabungan dengan membawa fotocopy identitas diri.

Saat awal membuka rekening Anda harus menabung dengan jumlah uang minimal. Setiap bank berbeda-beda. Ambil contoh pada Bank BRI dananya minimal Rp 2.500.000,- dalam bentuk setoran mata uang rupiah.

Perbedaan Tabungan Jangka Panjang dengan Tabungan Jangka Pendek

Ketentuan yang paling umum di Bank manapun juga adalah menetapkan bunga lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Contohnya misalkan bunga tabungan biasa maksimum 2,05% , sedangkan bunga tabungan jangka panjang bisa mencapai 7,50% .

Bunga tabungan jangka pendek biasanya akan habis untuk biaya administrasi setiap bulannya, sedangkan pada tabungan jangka panjang masih ada keuntungan yang tersisa.

Tabungan biasa (tabungan jangka pendek):

  • Tabungan awal dananya lebih kecil
  • Dana bisa diambil pada waktu Anda membutuhkannya (kapanpun juga)
  • Bunganya lebih kecil.
  • Tidak ada denda jika ada penarikan
  • Diberlakukan biaya administrasi setiap bulannya
  • Bunga dihitung per hari

Tabungan Deposito (tabungan jangka panjang):

  • Dana yang ditabung jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan tabungan biasa
  • Dana bisa diambil sewaktu-waktu namun akan dikenai denda
  • Bunganya lebih besar
  • Tidak ada biaya untuk administrasi per bulannya
  • Bunga dihitung pada waktu akhir periode

Jadi bagaimana,  apakah Anda sudah memutuskan untuk membuka rekening deposito untuk investasi jangka panjang? Jika ya, segera datangi bank yang Anda pilih. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *