Category Archives: Uncategorized

You are here: Home / Uncategorized

Prinsip Ekonomi Islam Dalam Investasi Syariah

Investasi adalah menanam modal dengan tujuan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Sedangkan dalam perspektif islam, investasi syariah merupakan salah satu bentuk aktif dari ekonomi syariah. Sebab setiap harta ada zakatnya, dan jika harta tersebut didiamkan maka lama kelamaan akan termakan oleh zakatnya.

Dalam dunia investasi mengenal harga. Harga adalah nilai jual atau beli terhadap sesuatu yang diperdagangkan. Perbedaan atau selisish harga beli terhadap harga jual disebut profit margin. Harga terbentuk jika sudah terjadi mekanisme pasar.

Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam

Prinsip Islam yang harus diperhatikan oleh para pelaku investasi syariah, adalah sebagai berikut:

  1. Tidak mecari uang dari sesuatu yang haram, baik dari segi mendapatkannya, segi zatnya dan cara menggunakannya.
  2. Tidak menzalimi dan dizalimi.
  3. Keadilan pendistribusian kemakmuran
  4. Transaksi dilakukan atas dasar ikhlas sama ikhlas.
  5. Tidak ada usur masyir, riba dan gharar.

Berdasakan keterangan tersebut, maka aktivitas di pasar modal berpedoman pada hukum syariah yang berlaku. Perputaran modal yang dilakukan di pasar modal syariah tidak boleh digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang diharamkan. Misalnya: pembangunan prostitusi, pembelian minuman keras dsb.

Transaksi yang terjadi di bursa efek harus didasari kesadaran diri sendiri, tidak ada unsur pemaksaan dan tidak ada pihak yang dizalimi dan menzalimi.

Bentuk-Bentuk Investasi

Ada beberapa jenis investasi, yaitu:

  • Deposito Syaraiah

Dalam dunia perbankan, transaksi investasi ini memiliki karakteristiknya sendri, yaitu:

  • Kedua belah pihak yang terlibak kontrak antara pemilik dana dan mudharib akan menentukan  kapasitas, baik sebagai pemilik maupun nasabah. di dalam akad nikah dicantumkan pernyataan yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak.
  • Modal
  • Keuntungan adalah nilai yang jumlahnya melebihi jumlah modal. Keuntungan merupakan tujuan mudharabah.
  • Jenis usaha atau pekerjaan diharapkan menggambarkan atau mewakili adanya kontribusi mudharib dalam usahanya mengembalikan atau membayar modal kepada penyedia dana.
  • Modal mudharabah tidak boleh dalam penguasaan pemilik dana karena dana tidak bisa sewaktu-waktu diambil. Penarikan dana hanya bisa dilakukan sesuai dengan kesepakatan.
  • Pasar Modal Syariah

Asar modal syariah memungkinkan terjadi apabila saham yang dijualbelikan merupakan saham dari perusahaan yang syariah. Pada dasarnya, saham syariah harus memenuhi prinsip, diantaranya adalah: penawaran harus bersifat musyarakah yaitu jika dilakukan secara terbatas. Sedangkan jika ditawarkan kepada publik, maka sifatnya mudharabah.

Selain itu tidak diperbolehkan ada perbedaan antara jenis saham yang satu dengan saham yang lainnya. Semua pihak yang memilikisaham harus menanggung resiko yang sama. Dan hal utama adalah prinsip bagi hasil, baik laba ataupun rugi semua harus berpegang pada prinsip syariah. Proses pencaian saham investasi syariah bisa dilakukan dengan jalan likuidasi.

3 Jenis Investasi Syariah Dan Penjelasannya

Berinvestasi di produk syariah siapapun boleh, bahkan untuk pemula-pun bisa ikut menanamkan modalnya. Investasi syariah menawarkan produk yang beragam, seperti: reksadana syariah, tabungan dan deposito mudharabah, asuransi syariah, tabungan pendidikan, surat utang syariah atau sukuk. Jika Anda ingin berinves syariah maka pahami terlebih dulu apa saja instrument investasi pada pasar modal.

Secara umum instrument investasi syariah pada pasar modal sama dengan instrument investasi konvensional, yaitu: saham, obligasi dan reksadana. Perbedaannya terletak pada prinsipnya.

Saham Syariah

Saham syariah adalah saham emiten yang prinsipnya tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Bidang-bidang yang tidak sesuai dengan prinsip syariah, seperti: perjudian, lembaga keuangan berbasis bunga. Selain itu, kegiatan memproduksi, distribus dan menjual barang atau jasa yang haram adalah biadang usaha yang bertentangan dengan prinsip syariah.

Obligasi Syariah

Obligasi syaraiah atau sukuk merupakan bukti kepemilikan bersama atas suatu proyek atau kekayaan. Setiap sukuk yang diterbitkan harus memiliki asset yang nantinya akan dijadikan dasar penerbitan. Setiap penggunaan dana sukuk harus digunakan untuk kegiatan yang halal.

Keuntungan investasi tergantung jenis akad yang digunakan saat penerbitan sukuk. Namun, secara umum keuntungannya bisa dua jenis, yaitu: sewa atau disebut sukuk ijarah dan bagi hasil atau sukuk mudharabah.

Sukuk ijarah mirip dengan investasi obligasi berkupon tetap karena pada prakteknya imbalannya berbentuk sewa dengan persentase tetap setiap periodenya. Sementara sukuk mudharabah mirip dengan obligasi kupon variable karena imbalan bagi hasilnya diberikan berbeda-beda setiap periodenya, tergantung keuntungan perusahaan yang dijaminkan dalam obligasi syariah.

Reksa Dana Syariah

Reksa dana syariah adalah wadah di mana para investor menyetorkan dana pada peusahaan dan dikelola dengan prinsip syariah. Prinsip yang dilakukan oleh manager investasi dalam hal mengelola reksa dana adalah hanya membeli saham, obligasi dan pasar uang yang masuk ke dalam Daftar Efek Syariah (DES) dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Instumen investasi ini merupakan alternatif bagi masyarakat yang ingin menginvestasikan dananya, khususnya para pemodal kecil dan pemodal yang tidak punya banyak waktu dan keahlian menghitung resiko.

Berinvestasi reksa dana tidak harus menyediakan modal hingga jutaan rupiah. Hanya dengan bermodalkan Rp100.000,- saja Anda sudah bisa berinvestasi. Resiko investasi ini tergantung jenis reksa dana. Return reksa dana saham relatif lebih besar jika dibandingkan dengan reksa dana lainnya. Namun, resikonya juga lebih tinggi.

Sekarang investasi reksa dana syariah sudah bisa dilakukan dengan online. Bank Syariah biasanya bertindak sebagai agen. Tingkat pengembalian investasi ini bervariasi antara 11-23 % per-tahun. Selain returnnya lebih adil, harga reksa dana syariah cenderung lebih stabil.

Nah, dari ketiga investasi syariah tersebut kira-kira mana yang sesuai dengan keinginan,kemampuan Anda? Jika ada segera daftarkan diri Anda untuk menjadi investor. Selamat berinvestasi!

Tips Agar Deposito Jadi Investasi Menguntungkan

Dari beragam jenis investasi yang ada, deposito adalah salah satu yang dipilih banyak orang. Deposito memiliki keuntungan, salah satunya adalah suku bunga yang besar. Tetapi tidak dapat diambil sewaktu-waktu, karena memiliki jangka waktu tertentu. Karena itu, jika Anda memang berniat berinvestasi dalam bentuk deposito, hendaknya juga punya sumber dana lain tanpa tergantung pada nominal deposito. Berikut ini akan dijelaskan lebih luas beberapa tips agar deposito jadi investasi menguntungkan bagi Anda.

Tentukan Jangka Waktu

Deposito adalah jenis investasi yang memiliki ketentuan waktu tertentu. Artinya, uang yang sudah Anda setorkan tidak bisa ditarik seenaknya saja dan kapan saja. inilah salah satu kelemahan dari investasi berbentuk deposito. Karena itu, sebelum Anda memasukkan dana dalam bentuk deposito, tentukan lebih dulu berapa lama Anda berencana menaruh dana Anda. Pertimbangan yang bisa dilakukan adalah tergantung kapan Anda membutuhkan dana tersebut, atau ketika Anda memiliki cadangan dana lain yang akan Anda gabungkan ketika deposito Anda jatuh tempo.

Pilih Jenis Deposito

Ada banyak jenis deposito yang ditawarkan. Tatapi, Anda perlu untuk menentukan jenis deposito mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contohnya, jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu dua tahun saja tetapi tidak ingin terjebak dengan tingkat suku bunga rendah, maka Anda bisa memilih jenis deposito berjangka. Jika Anda khawatir akan butuh dana cepat secara tiba-tiba, Anda bisa memilih jenis deposito likuid atau on call.

Cek Suku Bunga

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan setelah menentukan jenis deposito adalah mengecek suku bunga. Umumnya, suku bunga deposito memang lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Ini adalah salah satu kelebihan dari investasi berbentuk deposito.

Meski demikian, Anda juga tetap perlu membandingkan produk deposito sejenis untuk berbagai bank yang berbeda. Ini akan membantu Anda untuk mempertimbangkan dan menentukan pilihan jenis deposito yang tepat.

Pisahkan Depositonya!

Jika Anda memiliki cukup banyak uang dan ingin menginvestasikannya dalam bentuk deposito, maka sebaiknya bagi ke dalam beberapa jenis deposito dalam jangka waktu berbeda.

Cara ini dikenal sebagai laddering. Hal ini bisa bermanfaat untuk mengurangi kekurangan sebuah produk deposito. Strategi ini dapat memberi akses likuiditas sebagian dari dana yang Anda miliki, dan melindungi dari fluktuasi tingkat suku bunga.

Demikian tadi beberapa tips agar deposito yang Anda miliki dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Para prinsipnya, investasi dalam bentuk apapun adalah cara untuk mempersiapkan masa depan. Karena itu, jangan ragu untuk melakukan investasi jika memang telah mampu. Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih, tentu dengan kekurangan serta kelebihan masing-masing. Selamat berbisnis!

Tabungan Deposito Investasi Jangka Panjang Yang Aman

Bagi sebagian pembaca tentu tidak asing dengan istilah deposito. Tabungan ini merupakan sejenis tabungan yang bisa dijadikan peluang investasi yang menjanjikan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu jenis investasi ini disebut juga dengan sebutan tabungan jangka panjang.

Kelebihan Tabungan Deposito

Salah satu kelebihan tabungan jangka panjang adalah tingkat bunga banknya lebih besar dibandingan dengan tabungan biasa. Namun jenis tabungan ini hanya bisa diambil setelah sampai pada jangka waktu tertentu. Itu sebabnya tabungan ini dikenal juga dengan istilah tabungan bunga berjangka.

Untuk lebih jelas seperti apa peluang investasi ini,  kita bisa membandingkannya dengan jenis investasi lainnya. Berikut ini penjelasannya:

Investasi tabungan ini resikonya sangat kecil. Dengan investasi ini Anda bisa menjaga jumlah uang pokok yang diinvestasikan. Hal ini yang membedakan dengan jenis investasi saham dan obligasi. Pada investasi saham dan obligasi nilai pokok Anda bisa saja berkurang.

Jika pada obligasi nilai pokoknya tergantung pada pergerakan suku bunga. Apabila suku bunga naik, maka harga obligasi akan mengalami penurunan. Begitu pula dengan harga saham yang dipengaruhi oleh kondisi pasar. Jika terjadi ketidakstabilan politik bisa menyebabkan perubahan harga, biasanya berupa penurunan harga.

Mengetahui perbedaan tersebut, kita akhirnya mengetahui investasi tabungan bunga berjangka ini lebih aman tidak akan mengalami penurunan nilai pokok, walaupun suku bunga sedang mengalami kenaikan ataupun penurunan. Jika terjadi fluktuasi suku bungan bank tidak akan mempengaruhi nilai pokok, hanya berpengaruh pada bunga yang Anda terima.

Investasi Jangka Panjang Dan Jangka Pendek

Deposito berfungsi sebagai alat investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Jika Anda menginvestasikan uang dalam bentuk deposito berjangka, maka Anda bisa memilih waktu jatuh temponya.

Jika Anda mencairkan tabungan sebelum waktunya, makan Anda akan mendapatkan denda atau dikenal dengan istilah penalty. Dendanya berupa tidak mendapatkanhasil apapun. Dengan demikian, jika Anda berniat mengambil/ menggunakan uang dalam jangka waktu yang pendek sebaiknya membuka tabungan biasa

Karena dengan tabungan biasa, Anda bisa mengambil uang sewaktu-waktu tanpa di denda. Namun bedanya, bunga tabungan lebih kecil dibandingkan dengan suku bunga berjangka.

Uang yang Anda simpan di Bank yang memenuhi persyaratan dari pemerintah adalah seratus persen dijamin pemerintah dari resiko gagal bayar. Garansi tersebut masih diberlakukan oleh pemerintahan untuk jangka waktu yang belum ditentukan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan uang yang disimpan di Bank, jika suatu saat Bank tersebut diambil alih atau ditutup.

Cara yang paling tepat adalah membuka tabungan biasa yang sewaktu-waktu bisa diambil jika ada keperluan mendadak. Simpan juga sebagian untuk deposito untuk keperluan jangka panjang.  Demikian informasi mengenai deposito tabungan jangka panjang dan jangka pendek. Tentukan keputusan sekarang juga untuk masa depan Anda dan keluarga dengan menginvestasikan kekayaan Anda dalam bentuk tabungan.

Cara Menabung Deposito Dan Perbedaannya Dengan Tabungan Biasa

Bank memberikan beberapa pelayanan penyimpanan dan peminjaman uang dalam bentuk tabungan. Salah satunya adalah deposito yang dikenal juga dengan istilah tabungan jangka panjang.

Secara garis besar tabungan jangka panjang sama halnya dengan tabungan jangka pendek (tabungan biasa). Perbedaannya adalah pada tabungan jangka panjang tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu dan jumlah dana yang ditabung lebih besar.

Namun, jangan khawatir kalaupun deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu, bunganya lebih besar dibandingkan dengan tabungan jangka pendek. Bahkan selisihnya lumayan cukup jauh, artinya akan sangat menguntungkan.

Lalu bagaimana jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak lalu uang tabungan jangka panjang diambil?

Anda bisa mengambil uang sebelum jangka waktu yang ditentukan, namun pihak bank akan memberikan denda (penalty) karena sudah dianggap melanggar perjanjian.

Menabung deposito sama halnya dengan meminjamkan uang ke Bank, lalu kemudian Bank menggunakan uang itu untuk investasi. Jika uang diambil sebelum jangka waktu yang sudah ditetapkan sama halnya mengganggu rencana investasi Bank. Itu sebabnya mengapa diberlakukan denda.

Cara Membuka Rekening Tabungan Jangka Panjang

Biasanya jangka waktu yang ditawarkan oleh pihak bank adalah: 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan 2 tahun. Jika Anda tertarik menabung tabungan jangka panjang caranya sangat mudah: tinggal mendatangi kantor Bank yang dipilih. Kemudian mengisi daftar tabungan dengan membawa fotocopy identitas diri.

Saat awal membuka rekening Anda harus menabung dengan jumlah uang minimal. Setiap bank berbeda-beda. Ambil contoh pada Bank BRI dananya minimal Rp 2.500.000,- dalam bentuk setoran mata uang rupiah.

Perbedaan Tabungan Jangka Panjang dengan Tabungan Jangka Pendek

Ketentuan yang paling umum di Bank manapun juga adalah menetapkan bunga lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Contohnya misalkan bunga tabungan biasa maksimum 2,05% , sedangkan bunga tabungan jangka panjang bisa mencapai 7,50% .

Bunga tabungan jangka pendek biasanya akan habis untuk biaya administrasi setiap bulannya, sedangkan pada tabungan jangka panjang masih ada keuntungan yang tersisa.

Tabungan biasa (tabungan jangka pendek):

  • Tabungan awal dananya lebih kecil
  • Dana bisa diambil pada waktu Anda membutuhkannya (kapanpun juga)
  • Bunganya lebih kecil.
  • Tidak ada denda jika ada penarikan
  • Diberlakukan biaya administrasi setiap bulannya
  • Bunga dihitung per hari

Tabungan Deposito (tabungan jangka panjang):

  • Dana yang ditabung jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan tabungan biasa
  • Dana bisa diambil sewaktu-waktu namun akan dikenai denda
  • Bunganya lebih besar
  • Tidak ada biaya untuk administrasi per bulannya
  • Bunga dihitung pada waktu akhir periode

Jadi bagaimana,  apakah Anda sudah memutuskan untuk membuka rekening deposito untuk investasi jangka panjang? Jika ya, segera datangi bank yang Anda pilih. Selamat berinvestasi!

Tips Memilih Tabungan yang Tepat untuk Anak

Salah satu cara membiasakan menabung sejak dini dapat dilakukan orang tua dengan cara membuatkan tabungan khusus anak. Dengan cara ini, anak akan belajar terbiasa hidup hemat dan bisa mempersiapkan masa depan mereka sendiri. Karena anak berbeda dengan orang dewasa, tabungan mereka juga perlu dipersiapkan khusus. Bank biasanya memberikan tawaran khusus jenis tabungan yang memang diperuntukkan untuk anak. Tetapi, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilih tabungan tersebut. Berikut ini tips memilih tabungan yang tepat untuk anak.

Perhatikan Biaya Administrasi

Sebelum membuka tabungan, Anda perlu untuk memerhatikan benar ketentuan dan syarat-syarat yang berlaku di bank tujuan. Pilihkan tabungan untuk anak yang bebas biaya administrasi bulanan. Dengan demikian, tabungan anak tidak akan mengalami pengurangan akibat biaya adiministrasi, meski diendapkan dalam waktu lama. Cara ini membantu anak untuk semakin bersemangat menabung, karena mereka melihat uan simpanannya bertambah banyak tanpa khawatir berkurang.

Tidak Ada Sisa Minimum Saldo

Tabungan anak berbeda dengan tabungan orang dewasa. Karena itu, pilihkan jenis tabungan yang tidak menetapkan saldo minimum ketika diambil atau ditarik. Tabungan pada umumnya dilengkapi juga dengan kartu ATM, sehingga sewaktu-waktu dapat diambil. Berikan pemahaman pada anak tentang penggunakan kartu ini. Agar mereka bisa belajar mengelola keuangan mereka sendiri, dengan tidak sembarangan menarik uang tabungan yang sudah masuk.

Jika terpaksa memilih jenis tabungan yang menetapkan saldo tertentu, pilih saldo minimum yang paling kecil. Ini untuk memperkecil kerugian dalam tabungan yang dimiliki oleh anak.

Perhatikan Suku Bunga

Suku bunga yang diberikan oleh bank perlu diperhatikan benar. Pilihlah tabungan dengan nilai suku bunga yang menguntungkan. Untuk anak-anak, tentu dipilihkan tabungan dengan nominal modal kecil tetapi bank sudah memberikan bunga.

Atau jika Anda tidak suka dengan ketentuan bunga, Anda juga bisa memilih jenis tabungan syariah yang bebas riba serta memberikan keuntungan berupa nisbah bagi hasil. Model ini juga bisa digunakan untuk membelajarkan anak perbedaan metode perbankan syariah dan konvensional.

Aturan Setoran

Pada umumnya anak-anak belum memiliki uang dalam jumlah banyak. Karena itu, saat membuatkan tabungan untuk anak, sebaiknya pilih jenis yang pilihan setoran awal dan setoran lanjutannya tidak terlalu besar. Artinya, meski uang yang dimiliki anak tidak banyak, ia tetap bisa melakukan setoran di bank.

Setoran ringan juga membantu orang tua untuk melatih anak-anaknya menabung tiap minggu atau dua minggu sekali. Dengan cara ini, anak-anak akan terbiasa menyisihkan yang yang mereka miliki untuk kemudian menabungkannya ke bank. Dan saat mengantar ke bank, Anda bisa melatih anak untuk menyerahkan sendiri uang dan buku tabungannya agar anak dapat mengetahui cara menabung dengan benar.

Tabungan Membantu Anda Mengelola Uang Dengan Baik

Menabung memiliki banyak manfaat untuk masa depan. salah satu tempat untuk menabung yang keamanannya terjamin adalah Bank. Ada banyak jenis-jenis tabungan di bank yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah rekening tabungan biasa.

Manfaat Menabung dan Faktor Penyebab Orang Malas Menabung

Manfaat menabung salah satunya adalah membuat kita menjadi lebih tertib dalam hal mengelola keuangan, sehingga jika sewaktu-waktu membutuhkan biaya tidak terduga sudah tidak perlu khawatir karena kita memiliki simpanan uang yang bisa diambil. Namun, dibalik keuntungan dan manfaat menabung yang sudah terbukti nyata tersebut, masih banyak orang yang sulit membiasakan diri menabung.

Penyebab orang malas menabung bisa disebabkan karena beberapa faktor, bisa karena faktor internal maupun eksternal.

  • Faktor internal adalah masalah yang berasal dari dalam diri. Hal ini berkaitan dengan niat dan kesungguhan. Oleh sebab itu sebaiknya tentukan dulu tujuan membuka rekening tabungan, sehingga ada dorongan kuat dari dalam diri. Misalnya menabung untuk membeli rumah, menabung untuk biaya pendidikan anak dsb.
  • Faktor eksternal adalah masalah yang disebabkan dari lingkungan atau dari luar diri. Hal ini menyangkut kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi. Misalnya: harus membayar biaya pendidikan anak, harus membayar uang sewa rumah dll. Selain itu lingkungan bisa mempengaruhi kebiasaan menabung, jadi Anda harus bisa membentengi diri Anda jika lingkungan di sekeliling Anda cenderung konsumtif.

Dua Metode Menabung

Ada beberapa metode cara menabung yang bisa diterapkan sehari-hari. Metode tersebut akan berhasil jika dilakukan dengan serius dan disiplin. Berikut ini beberapa metode menabung yang menarik untuk diterapkan.

Baca Juga:Manfaat Dan Cara Membuka Tabungan di Bank

  • Metode Nominal

Metode ini sangat efektif dilakukan bagi Anda yang malas untuk menabung. Karena dengan metode ini Anda akan tertantang untuk mencapai nominal tertentu. Misalnya 50 ribu. Jika Anda memiliki uang dengan nominal tersebut maka wajib menyimpannya. Jika dalam sebulan Anda menyimpan uang dengan nominal 50 ribu sebanyak 5 kali, maka Anda sudah berhasil menabung sebesar Rp 250 ribu rupiah dalam satu bulan. Metode ini cocok diterapkan bagi Anda yang memiliki pekerjaan tidak tetap.

  • Metode Kelipatan

Menggunakan metode ini seperti sebuah permainan game yang memiliki tantangannya tersendiri. Menabung menggunakan metode kelipatan adalah mengharuskan Anda menabung dalam waktu 1 minggu 1 kali. Setiap menabung, nominal uangnya harus ditambah lebih besar dari jumlah minggu sebelumnya.

Misalnya: jika minggu pertama Anda menabung sebesar Rp 20.000,-, maka pada minggu berikutnya Anda harus menabung Rp 30.000,- begitu seterusnya. Jika Adna tidak sanggup dengan metode tersebut bisa mengurangi kelipatannya.

Jika Anda sudah berhasil menggunakan salah satu metode tersebut, jangan lupa untuk menyimpannya ke rekening tabungan. Menabung di Bank akan memberikan banyak keuntungan. Ada banyak bank di Indonesia yang sudah terjamin keamanannya, seperti: Bank BRI, BNI, BCA, Mandiri dll.

Manfaat Dan Cara Membuka Tabungan di Bank

Menabung adalah suatu cara yang dilakukan untuk menyimpan uang. Ada banyak cara menabung,  bisa dicelengan atau ditempat yang tersembunyi di dalam rumah. Namun cara tersebut tidak aman, dikhawatirkan akan dicuri. Cara aman menabung adalah dengan membuka tabungan di bank.

Bank adalah perusahaan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal menyimpan dan mengelola keuangan. Selain menyimpan, bank juga memberikan fasilitas pinjaman. Ada banyak manfaat menabung di bank, salah satunya adalah kemudahan untuk bertransaksi dan akses yang akan dilakukan.

Misalnya: jika Anda akan pergi ke luar kota untuk melakukan transaksi dan membawa uang tunai puluhan juta, tentu hal tersebut membahayakan. Jika Anda melakukan transaksi melalui Bank, tentu akan lebih aman. Masih banyak manfaat lainnya apabila Anda menabung di bank, yaitu:

  • Keamanan Terjamin, karena bank menjamin uang Anda tersimpan dengan aman dan baik.
  • Lebih Efesien, membuka tabungan di bank tidak membutuhkan biaya yang besar.
  • Lebih Menguntungkan, jika jumlah uang yang Anda tabungkan di bank jumlahnya besar, maka Anda akan mendapatkan sejumlah bunga sesuai dengan jumlah tabungan. Artinya, Anda mendapatkan keuntungan lebih.
  • Lebih Mudah, dengan membuka tabungan di Bank bisa lebih mudah melakukan transaksi keuangan. Misalnya jika Anda membutuhkan uang sewaktu-waktu pada hari libur, Anda masih bisa mengambil uang dengan fasilitas mesin ATM.

Cara Menabung di Bank

Menabung di Bank caranya sangat mudah sekali. Jangan berfikir menabung di Bank itu susah, ruit dan bertele-tele. Semua itu tidak benar. Anda tinggal mendatangi Bank yang Anda pilih untuk menabung. Lebih jelasnya berikut ini adalah langkah-langkah membuka rekening tabungan di Bank.

  • Siapkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Siapkan sejumlah uang untuk setoran awal. Nantinya uang tersebut menjadi saldo setoran awal di tabungan. Besarnya setoran setiap Bank berbeda-beda, ada yang Rp250.000,-, Rp 500.000,- . Untuk mengetahui berapa jumlah setoran awal, bisa cari informasi terlebih dulu sebelum membuka rekening.
  • Siapkan materai Rp 6000,- biasanya bank menyediakan materai.
  • Datangi bank yang Anda tuju, lalu ajukan permohonan membuka rekening.
  • Bank akan memberikan formulir mengenai data pribadi yang harus Anda isi.

Setelah proses administrasi selesai, tunggu beberapa saat dan buku rekening Anda sudah jadi. Di dalam buku tabungan sudah berisi saldo awal sejumlah uang yang Anda setorkan. Jika ingin mendapatkan kartu ATM bisa langsung mengajukan permohonan.

Jika tidak ada inisial nama pada kartu ATM, Anda bisa langsung menunggu kartu bisa langsung jadi pada hari itu juga. Sedangkan jika menginginkan ada inisialnya, biasanya kartu ATM jadi dalam waktu satu minggu.

Itulah manfaat menabung dan cara membuka rekening tabungan di Bank. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menabung!

Tips Menarik, Internat Aman untuk Anak

Kemudahan akses tanpa batas dan tidak adanya penyaring dari orang tua memungkinkan internet menjadi tempat bagi anak untuk mendapatkan informasi yang tidak semestinya. Karena itu, Anda sebagai orang tua harus tahu benar apa yang diakses anak selama menggunakan internet. Untuk menunjang program internet sehat, berikut ini akan dijabarkan Tips Menarik, Internet Aman untuk Anak.

Lakukan dengan Cara yang Sama

Bagaimana cara Anda mengasuh anak saat mereka online dengan offline? Sama atau berbeda? orang tua hendaknya menerapkan gaya asuh yang sama paga anak, saat dia sedang online maupun tengah offline. Jika Anda memang telah membuat kesepakatan bersama yang disepakati dalam situasi offline, tetap tepati hal tersebut.

Selain memberlakukan gaya asuh yang sama, Anda juga perlu untuk menjelaskan aturan-aturan dasar dalam menggunakan internet pada anak sebelum dia mengakses internet. Ini penting, agar anak tahu lebih dulu posisi serta kepentingannya.
Berikan Contoh Baik

Jadilah contoh atau panutan yang baik, dalam setiap situasi saat online maupun keadaan offline.

Contohnya, saat Anda membuat aturan penggunaan internet oleh anak dibatasi hingga pukul sepuluh malam. Maka, ini juga berlaku bagi Anda. Hentikan penggunaan internet sesuai kesepakatan dengan anak. Ini akan membantu mereka memahami, kalau peraturan yang telah disepakati berlaku untuk semuanya.

Contoh lain adalah sopan santun saat menggunakan media sosial. Jika Anda ingin anak-anak tetap sopan saat online, contohkan perilaku sopan dan santun saat mengirim pesan kepada mereka.

Jangan Canggung berada di Tengah Mereka

Tips menarik berikutnya adalah saat anak sudah berkenalan dengan internet dan media sosial, hendaknya orang tua juga sadar benar akan hal ini. Jangan ketinggalan zaman dan mengabaikan saja yang mereka lakukan. Cobalah melakukan hal yang sama dan lakukan interaksi dengan anak-anak Anda. Ini sama artinya seperti berinteraksi dan berkomunikasi secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaatkan Momen

Jangan menunda mengenalkan internet sehat pada anak. Lakukan dengan cara yang benar dan informasi yang tepat agar anak bisa memahaminya lebih dini. Jangan sampai mereka mendapatkan informasi justru dari orang lain atau media sosial, tanpa Anda ketahui lebih dulu.
Minta Anak untuk Mengajari Anda

Apakah orang tua hanya terbatas memperhatikan saja seluruh aktivitas internet anak dari jauh? Tentu tidak, hal ini tidak tepat.

Ada baiknya, Anda juga terlibat bersama anak. Kalau perlu, minta anak untuk mengajari Anda soal informasi, layanan atau media yang tengah menjadi kesukaan anak di internet.

Interaksi berupa percakapan dengan anak  dapat diubah menjadi sebuah kesempatan untuk membicarakan soal keamanan dan privasi. Contohnya, Anda dapat bertanya tentang pengaturan privasi saat menyiapkan sebuah akun kepada mereka.

TIPS MENARIK MENJADI PEMBELI CERDAS

Kalau ada yang bilang, menjadi pembeli itu harus cerdas, memang benar. Seorang pembeli harus jeli dan kritis dengan segala produk yang akan dia minum dan gunakan. Jangan mau kalah dengan segala penjelasan yang diberikan oleh penjual. Untuk itu ada tips menarik menjadi pembeli cerdas yang harus Anda ketahui.

  • Cari tahu mengenai siapa yang menjual produk itu
  • Kalau berhubungan dengan perawatan wajah dan tubuh—baik bagian luar ataupun dalam, tips menarik menjadi pembeli cerdas untuk Anda adalah Anda harus melakukan penelitian kecil-kecilan untuk mencari tahu siapa yang mengeluarkan produk itu, lalu memasarkannya ke banyak orang.

Apakah perusahaan ini merupakan satu-satunya distributor produk tersebut, atau ada perusahaan lain yang juga ikut mendistribusikan produk itu atau produk serupa dengan dilihat dari kandungan dasar produk tersebut. Jika memang ya, artinya perusahaan itu benar-benar menjaga kwalitas produk sehingga tidak membiarkan perusahaan lain membuat produk serupa dengan produk yang dikeluarkannya.

  • Kalau berhubungan dengan barang yang biasa digunakan di tubuh atau untuk penunjang kegiatan, tips menarik menjadi pembeli cerdas untuk Anda adalah Anda harus melakukan penelitian terhadap track record produsen atau supplier barang yang hendak Anda beli. Perhatikan apakah mereka memiliki system baik dalam menangani banyaknya customer atau tidak. Karena dari sini akan terlihat personal branding yang melekat pada diri mereka.

    Baca Juga:Tips Menarik Untuk Hidup Bahagia Tanpa Pasangan

  • Cari tahu mengenai kwalitas produk
  • Kalau produk itu merupakan produk perawatan wajah dan tubuh—baik bagian luar ataupun dalam, yang akan Anda pakai dan minum. Tips menarik untuk mengetahui apakah produk tersebut berkwalitas atau tidak adalah dengan cara fokus pada beberapa hal ini:
    • Cari tahu mengenai kwalitas produk itu dari kandungan yang ada di dalamnya dengan mencari tahu mengenai jurnal ilmiah yang dikeluarkan perusahaan terkait dengan produk tersebut.
    • Cari tahu mengenai situs-situs resmi dalam dunia kesehatan dan kecantikan yang memasukan produk tersebut sebagai produk yang mereka rekomendasikan untuk diminum atau digunakan.
    • Cari tahu mengenai sertifikat kehalalan dan keamanan yang dikeluarkan negara setempat agar bisa digunakan dan diminum oleh semua orang dan semua agama.
    • Cari tahu mengenai penghargaan apa saja yang menjadikan produk itu lebih unggul dibandingkan produk lainnya dalam bidang kecantikan dan kesehatan.
    • Cari tahu mengenai testimoni beberapa orang sebagai rujukan terakhir dalam menilai sebuah produk, karena testimoni ini sangat mudah dibuat siapapun. Tapi kalau memang produk itu sudah melakui 4 tahap di atas, maka testimoni akan 99% merupakan testimoni kepuasan customer.
  • Kalau produk itu berhubungan dengan barang yang biasa digunakan di tubuh atau untuk penunjang kegiatan, perhatikan apakah produk itu masuk sebagai original atau replika. Tentu ini akan mempengaruhi bukan saja kwalitas produk, melainkan juga harga yang diberikan ke customer. Jangan sampai Anda kecewa dengan kenyataan yang seharusnya bisa Anda ketahui sebelum membeli produk ini.

Demikian tips menarik menjadi pembeli cerdas yang bisa Anda terapkan ketika Anda hendak membeli sebuah produk yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat.