You are here: Home / Tips / Ubah Pakaian Bekas Jadi Uang? Simak Tips Berikut ini
Ubah Pakaian Bekas Jadi Uang? Simak Tips Berikut ini

Ubah Pakaian Bekas Jadi Uang? Simak Tips Berikut ini

Tanpa sadar, lemari pakaian penuh berbagai macam pakaian milik Anda. Hal tersebut seringkali menimbulkan masalah tersendiri. Tidak jarang Anda menjadi kesulitan menemukan pakaian yang akan dikenakan, atau Anda kebingungan untuk meletakkan pakaian yang baru saja Anda beli. Jika hal serupa terjadi, menyusutkan isi lemari merupakan ide yang bagus. Anda dapat menguangkan pakaian yang sudah tidak Anda pakai, menarik bukan? Mendapat uang dan jalan keluar lemari yang sudah penuh. Namun, Anda tidak bisa menjualnya sembarangan. Menjual pakaian bekas memiliki beberapa aturan yang harus Anda ketahui. Simak syarat dan cara menjual barang tersebut di bawah ini, antara lain:

Ubah Pakaian Bekas Jadi Uang? Simak Tips Berikut ini

Layak pakai

Pisahkan pakaian yang sudah jarang Anda kenakan namun masuk kategori pakaian layak pakai. Pisahkan juga pakaian yang masih layak pakai namun terdapat cacat seperti sobek atau boling.  Pakaian bekas yang dimaksud harus bersih, dalam kondisi masih bagus, atau baru dipakai beberapa kali saja. Semua pakaian yang memenuhi syarat tersebut kemudian pisahkan tersendiri. Hasil pemisahan ini yang nantinya dijual.

Beri harga

Anda tidak bisa memberikan full harga sama seperti saat Anda membeli pakaian tersebut. Berikan harga yang pantas dan seimbang agar cepat laku dan pakaian tersebut tidak merepotkan Anda lagi. Berikan harga paling tidak 50% dari harga pembelian awal untuk pakaian yang telah beberapa kali pakai. Untuk pakaian yang belum pernah dipakai sama sekali, namun Anda tidak membutuhkannya berikan harga 75% hingga 80% dari harga pembelian awal.

Pasarkan online

Online market merupakan cara menjual sederhana dan cepat. Anda tidak perlu membuka lapak sendiri di pasar atau tempat lain. Anda cukup memasang iklan pada media sosial pribadi Anda, atau di jejaring media sosial periklanan atau di berbagai marketplace.

Berikan gambaran jelas

Memberikan deskripsi pakaian bekas anda dengan jelas. Beri foto agar lebih menarik dan mantap. Cantumkan juga harga pakaian dan nomer Anda. Ketika ada seseorang yang berminat dapat langsung menghubungi Anda. Perlu diingat bahwa kejelasan suatu produk penting bagi konsumen sebagai gambaran dan kepercayaan.

Jujur

Jujur dan tidak melebih-lebihkan deskripsi atau dalam mematok harga. Beri deskripsi yang sebenarnya, seperti kekurangan dan kelebihan pakaian Anda. Deskripsi bisa mencantumkan ukuran pakaian, warna asli, bahan, panjang pakaian, lebar pakaian, dan lain sebagainya. Patok harga sewajarnya, jangan melebihkan deskripsi produk kemudian memberinya dengan harga tinggi. Hal demikian dapat mengecewakan pelanggan.

Menarik

Pasarkan dengan kalimat persuasi menarik, namun tetap jujur dan jelas. Katakan kalimat yang bersahabat seperti memanggil “kak” pada para konsumen. Berikan juga testimony dari seseorang yang telah membeli pakaian bekas Anda. Testimony dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan bagi pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *