You are here: Home / Tips / Tips Sederhana dalam Merawat Barang Antik

Tips Sederhana dalam Merawat Barang Antik

Seperti yang sudah Anda ketahui mengenai barang antik yang mana semakin memiliki umur yang tua maka semakin mahal pula harga yang diberikannya, sehingga hal inilah yang menjadikan para kolektor rela untuk mengeluarkan banyak uangnya demi mendapatkan barang kuno yang dianggap memiliki nilai seni tersendiri. Karena bagi para kolektor barang yang antik itu tidak hanya mengandung unsur seni, akan tetapi juga mampu menunjukan pada tingkat social seseorang

Sedangkan memiliki barang tua ini pun juga haruslah dilakukan suatu perawatan agar barang tua ini tetap terjaga dengan sebaik mungkin dan mampu untuk menjadikan para kolektornya merasa bangga dan memiliki kepuasan tersendiri dalam menangani barang-barang yang kuno koleksinya. Sedangkan untuk melakukannya pun dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan praktis, sehingga Anda dapat untuk melakukan perawatan dengan cara yang mudah tanpa merasa kerepotan.

Dibalik dari bentuknya yang lawas karena sudah memiliki umur yang tua, memiliki bentuk yang unik, sedangkan selain berumur tua, maka semakin mahal pula barang antik itu sendiri. Sedangkan agar barang tua Anda tetap memiliki harga yang tinggi, maka Anda pun haruslah melakukan suatu perawatan yang tepat dan benar agar tidak mengurangi nilai dari barang lawas Anda itu sendiri, sedangkan cara melakukan perawatannya pun juga tidak akan membuat Anda menghabiskan banyak waktu.

Berikut ini adalah cara dalam melakukan perawatan untuk barang lawas milik Anda, yaitu sebagai berikut ini:

  • Untuk barang yang berasal dari keramik.

Anda dapat menggunakan minyak pelumas mesin jahit, minyak goreng maupun minyak pembersih bayi, kemudian Anda lap menggunakan kain yang biasa, hal ini pun akan membuat barang Anda menjadi mengkilap.

  • Barang yang terbuat dari porselen.

Simpanlah di lemari kaca untuk mencegah barang tersebut terjatuh serta dapat dijadikan hiasan rumah, Anda dapat untuk mencucinya pada setahun sekali. Sedangkan untuk langkah-langkah membersihkannya yaitu:

  • Untuk menghindari benturan, maka Anda dapat untuk menggunakan karet untuk alasnya.
  • Cucilah menggunakan air yang hangat.
  • Gunakan deterjen lembut yang tidak mengandung pemutih dan tidak berbau lemon.
  • Untuk mengeringkannya maka gunakan kain yang lembut.
  • Untuk barang yang terbuat dari kayu.
  • Tempatkan ditempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Gunakan polis agar barang selalu terlihat mengkilap.

Dalam hal melakukan perawatan pada barang antik, maka hal inilah yang harus Anda perhatikan dengan sebaik mungkin agar barang lawas yang Anda miliki pun tetap terlihat kinclong dan mengkilap, meskipun memiliki umur yang tua, namun tidak akan kalah dengan barang yang baru yang dijual di pasaran, sehingga melakukan perawatan secara tepat pun juga akan menambah nilai pada seni dan harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *