You are here: Home / Tips / Tips Mencari Ide Startup yang Berpotensi di Indonesia
Tips Mencari Ide Startup yang Berpotensi di Indonesia

Tips Mencari Ide Startup yang Berpotensi di Indonesia

Dalam dunia bisnis startup, Anda perlu menemukan inovasi terbaru yang mumpuni dan berpotensi. Oleh sebab itu, ide startup tidak hanya bisa dicari, melainkan bisa ditemukan. Banyak sekali perusahaan startup yang menawarkan kegiatan-kegiatan ini demi kelangsungan hidupnya di masa yang akan datang. Adapun beberapa tips untuk mencari atau menciptakan ide yang baik, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini.

Tips Mencari Ide Startup yang Berpotensi di Indonesia

  1. Cari masalah yang Anda alami

Perlu Anda ketahui, jika ide startup yang baik adalah ide yang Anda ciptakan dari pengalaman yang dialami sendiri. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba untuk mencari ide dari kegiatan ataupun rutinitas sehari-hari Anda. Sebisa mungkin, Anda jangan terlalu fokus dalam mencari ide tersebut. Coba pikirkan masalah apa yang sedang atau pernah Anda alami, sehingga masalah tersebut bisa menjadi ide yang dapat Anda gunakan. Ditambah lagi, Anda bisa bertanya kepada orang lain untuk meminta tanggapan apakah masalah yang Anda alami juga kerap dialami oleh mereka atau tidak. Sehingga, Anda bisa memastikan kebutuhan apa yang cocok untuk startup Anda.

  1. Cari Masalah yang dialami oleh orang lain

Selanjutnya, apabila Anda tidak bisa menemukan masalah dari rutinitas sehari-hari Anda, maka Anda bisa mencoba untuk mencari masalah yang sedang dialami oleh orang lain. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara berdiskusi, berkeliling, bertanya kepada semua orang tentang masalah yang sedang mereka rasakan atau alami. Sebisa mungkin, hindari kegiatan wawancara yang berkesan riset melainkan wawancara yang serupa dengan percakapan biasa atau sehari-hari sehingga mereka dapat lebih terbuka dan jujur.

  1. Cari bisnis yang sedang mengalami kemunduran atau gulung tikar

Anda juga bisa menemukan ide startup melalui bisnis industri yang sedang mengalami penurunan atau hampir gulung tikar. Hal ini dapat menambah peluang bagi produk Anda, karena ada sebagian masyarakat yang akan kehilangan produk atau layanan yang biasa mereka gunakan. Dengan tips yang satu ini, Anda bisa mengambil kesempatan untuk menawarkan produk yang berbeda dengan manfaat yang sama dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tak bertanggung jawab tersebut.

  1. Cari Startup dan teknologi yang sudah berjalan di negara lain

Untuk menemukan ide startup lainnya, Anda juga bisa mencoba memperhatikan startup yang telah berjalan sukses di negara lain. Carilah informasi seputar masalah yang mereka selesaikan, dan juga Anda perlu mencari tahu apakah masalah tersebut juga dialami oleh masyarakat di Indonesia. Namun, Anda juga perlu berwaspada, karena belum tentu layanan atau produk yang sukses di negara lain akan sukses juga di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan teknologi-teknologi baru yang populer di mancanegara, seperti Al, blockchain, printer 3 dimensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *