You are here: Home / Tips / Tips Memilih Reksa Dana Online yang Terbaik dan Sesuai dengan Kebutuhan Investasi Anda
Tips Memilih Reksa Dana Online yang Terbaik dan Sesuai dengan Kebutuhan Investasi Anda

Tips Memilih Reksa Dana Online yang Terbaik dan Sesuai dengan Kebutuhan Investasi Anda

Seperti saham dan obligasi, reksa dana mudah diperdagangkan secara online. Yang harus Anda lakukan adalah mengetahui di mana untuk membelinya, jenis dana apa yang Anda inginkan dan berapa banyak yang ingin Anda investasikan. Ada juga beberapa biaya dan pengeluaran yang harus Anda sadari sebelum Anda melakukan investasi reksa dana online apa pun.

 Tips Memilih Reksa Dana Online yang Terbaik dan Sesuai dengan Kebutuhan Investasi Anda

Ada tiga cara dasar untuk membeli reksadana online, dan berbagai situs web yang berbeda memfasilitasi transaksi ini. Jika Anda memiliki akun pensiun mandiri, lembaga keuangan pengelola kemungkinan memungkinkan perdagangan reksa dana melalui situsnya untuk memfasilitasi perencanaan pensiun Anda. Jika Anda ingin membangun tabungan melalui rekening pajak tangguhan, atau tertarik dengan reksadana yang membuat distribusi kena pajak sering tetapi saat ini tidak memerlukan pendapatan investasi, tanyakan kepada administrator rencana pensiun Anda untuk melihat apakah Anda dapat melakukan perdagangan secara langsung. 

Setelah Anda memutuskan bagaimana Anda ingin berinvestasi, Anda harus memutuskan jenis reksa dana online apa yang paling sesuai dengan kebutuhan investasi Anda.

  • Pertimbangkan toleransi resiko Anda.

Toleransi resiko mengacu pada kemampuan Anda untuk menangani kemungkinan bahwa Anda mungkin kehilangan uang pada investasi yang diberikan. Biasanya, investasi yang menawarkan potensi keuntungan besar, seperti reksa hasil tinggi dan sebagian besar investasi saham, juga datang dengan jumlah resiko yang lebih besar daripada investasi yang menawarkan pengembalian yang lebih sederhana. Jika Anda memiliki toleransi resiko rendah, hindari reksa dana yang berinvestasi dalam Securitas sangat volatile atau menggunakan strategi investasi agresif yang berusaha mengalahkan pasar.

  • Tentukan apa yang ingin Anda capai dengan investasi ini.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang menghasilkan pendapatan investasi konsisten setiap tahun, pilih reksadana yang membayar dividend. Jika Anda ingin meminimalkan dampak pajak jangka pendek dari investasi Anda, pilih dana yang membuat distribusi tahunan sangat sedikit, tidak membayar dividend dan berfokus pada pertumbuhan jangka panjang. Jika tujuan utama Anda adalah menciptakan kekayaan dengan cepat, bahkan jika itu berarti peningkatan resiko, lihat obligasi imbal hasil tinggi atau dana ekuitas. Setiap reksadana diperlukan untuk menyediakan prospectus yang menguraikan tujuan dana dan isi portofolionya.

Jika Anda tidak ingin terikat dengan produk yang ditawarkan oleh satu perusahaan tertentu, beberapa reksa dana online memungkinkan Anda menggunakan akun internal untuk membeli dan menjual produk yang ditawarkan oleh perusahaan lain, meskipun Anda mungkin dikenakan biaya transaksi tambahan. Pilihan lainnya adalah menggunakan akun pialang online melalui situs terpercaya. Biasanya, jenis akun ini membebankan biaya transaksi untuk setiap perdagangan, dan mereka juga dapat mengenakan biaya penyiapan akun lain atau biaya pemeliharaan. Namun, cukup mudah untuk menemukan akun dengan biaya yang relatif rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *