You are here: Home / Tips / Tips Membeli Reksa Dana Online
Tips Membeli Reksa Dana Online

Tips Membeli Reksa Dana Online

Bicara soal investasi, termasuk membeli reksa dana online, terdengar cukup ribet. Dalam bayangan orang, butuh dana banyak buat memiliki investasi reksa dana. Namun, tahukah Anda, membeli reksa dana kini makin ringkas dan pastinya mudah. Anda bisa melakukannya melalui online. Jadi, tidak perlu keluar rumah atau izin dari kantor untuk mengurus daftar reksa dana. Akan tetapi, tentu hal ini bukan tanpa risiko. Anda perlu pintar-pintar dalam bertransaksi, berikut ini ada tipsnya untuk Anda.

Tips Membeli Reksa Dana Online

Memahami Produk-Produk Reksa Dana

Yang menjadi langkah pertama bagi Anda adalah mempelajari produk-produk reksa dana. Khusus bagi Anda yang masih pemula, Anda yang belum pernah berinvestasi sama sekali, memahami produk investasi yang akan dibeli itu penting untuk terhindar dari yang namanya investasi palsu atau investasi bodong. Untuk reksa dana sendiri, sebelum berbelanja online, Anda perlu mengenal tentang apa itu reksa dana. Diatur dalam UU Pasar Modal Nomor 8 tahun 1995, pasal 1 ayat 27, disebutkan bahwa reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya akan diinvestasikan dalam portofolio Efek. Efek adalah instrument investasi pasar modal yang berupa Efek Pasar Uang, Efek Hutang atau Efek Saham.

Mengetahui Cara Kerja Reksa Dana

Setelah memahami apa itu reksa dana, kini Anda harus mempelajari bagaimana cara kerjanya. Awalnya, Anda sebagai seorang investor akan menerima unit investasi yang dihitung berdasarkan jumlah yang dibeli dan nilai aktiva bersih unit tersebut. Nilai aktiva bersih ini adalah jumlah yang dikelola dalam satuan unit reksa dana. Nilai aktiva bersih ini juga sering disebut dengan NAB atau harga per unit. Umumnya penghitungannya berdasarkan harga penutupan di pasar asset pokok.

Memahami Cara Belanja Reksa Dana Online

Membeli sebuah reksa dana secara online bisa dibilang praktis, mudah, terjangkau, dan tentunya aman. Anda bisa memilih setoran awal mulai dari Rp 100,000.-. Tempat-tempat yang menawarkan pembelian online ini diantaranya ada Philip Securitie, Bank Commomwealth, dan Indo Premier Securities. Ketiga tempat ini tentunya memiliki standard dan peraturan sendiri untuk menerima investasi dari Anda. Misalnya saja PT. Indo Premier Securities yang menghendaki Anda untuk memiliki rekening IPOT Fund sebagai syarat pembelian reksa dana. Begitu juga dengan Commonwealth yang memberikan syarat bagi para calon pembeli untuk memenuhi usia 21 hingga 75 tahun. Setiap pembelinya juga diwajibkan memiliki rekening di Commonwealth Bank dan mengisi Formulir Pembelian dan Kuisioner Profil Risiko.

Dengan semua kemudahannya, kini berinvestasi tidak lagi ribet dan menunggu memiliki modal besar. Banyak manfaat positif yang diberikan reksa dana dengan harga terjangkau dan imbal hasil yang lebih tinggi dibanding produk investasi lain. Tunggu apalagi, berinvestasi sedini mungkin akan membuat passive income datang di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *