You are here: Home / Tips / Tips Berinvestasi dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba
Tips Berinvestasi dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

Tips Berinvestasi dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

Mengatur keuangan sejak dini akan membantu Anda untuk memiliki kondisi finansial yang baik di masa mendatang. Salah satu caranya adalah dengan memiliki investasi sehingga uang atau harta yang dimiliki bisa bertambah nilainya di masa mendatang. Memiliki investasi tak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki banyak modal atau uang. Anda yang memiliki dana terbataspun bisa memiliki investasi menguntungkan asalkan tahu cara memilih jenis investasi yang tepat. Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi dari modal yang kecil, berikut ini beberapa tips berinvestasi yang bisa Anda lakukan:

Tips Berinvestasi dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

  • Memilih jenis investasi yang tepat.

Ada banyak jenis investasi yang saat ini tersedia dengan kebutuhan modal kecil. Beberapa contohnya adalah membeli emas murni, membeli reksadana, menabung deposito dan membeli property. Anda bisa memilih jenis investasi yang paling sesuai untuk Anda. Hal ini bisa dilihat dari keahlian Anda dalam menjalankan atau mengawasi jenis investasi yang akan dipilih. Jika tak ingin jenis investasi yang rumit, maka pilihlah untuk membeli emas dimana Anda hanya perlu menyimpannya untuk dijual dikemudian hari.

  • Mengawasi dan menjalankan investasi secara langsung.

Jika Anda berinvestasi emas misalnya, maka Anda perlu mengetahui secara pasti tips berinvestasi dan berapa harga beli dan harga jual emas secara up to date. Dengan begitu Anda bisa menentukan apakah ini saat yang tepat untuk membeli atau menjual emas yang dimiliki. Begitu juga jika Anda memiliki investasi dalam bentuk property sebaiknya Anda selalu mengupdate harga jual kembali tanah atau bangunan di waktu-waktu tertentu.

  • Lakukan perlahan namun konsisten.

Agar investasi kecil Anda semakin besar, maka lakukan secara perlahan sembari Anda mempelajari apa-apa yang perlu dimengerti pada jenis investasi yang dimiliki. Lakukan secara konsisten dengan menambahkan sedikit demi sedikit modal untuk memperbesar nilai investasi. Anda juga bisa menjual investasi yang dimiliki untuk bekal membeli lagi yang lebih besar namun semua itu dilakukan saat Anda pasti mendapatkan keuntungan dari penjualan.

  • Bisnis.

Selain memiliki investasi dalam bentuk aset atau modal, Anda juga bisa berinvestasi dalam bentuk bisnis. Bisnis justru bisa memberikan Anda keuntungan yang lebih besar dan cepat dibandingkan dengan investasi benda mati. Namun bisnis juga perlu dikelola dengan benar agar mendapatkan keuntungan dan terus menjadi besar sebagai sebuah investasi positif.

Dengan tips berinvestasi di atas, Anda tak perlu ragu untuk mulai berinvestasi meski baru memiliki modal yang minimal. Ada banyak pilihan investasi yang bisa Anda pilih namun ada baiknya untuk menyesuaikan dengan pengetahuan yang dimiliki. Kini Anda juga bisa mempercayakan modal Anda untuk berinvestasi pada manager investasi jika Anda ingin memiliki saham atau reksadana dengan memilih manajer investasi terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *