You are here: Home / Tips / Tips Belanja Online Efektif Tanpa Harus Buat Kantong Menangis
Tips Belanja Online Efektif Tanpa Harus Buat Kantong Menangis

Tips Belanja Online Efektif Tanpa Harus Buat Kantong Menangis

Berbelanja tentu sudah sangat sering Anda lakukan. Kemudahan belanja pun kian terasa, terlebih kini sudah ada sistem baru yakni belanja secara online. Tapi memang adanya sistem baru ini memberikan kelemahan juga karena menjadikan masyarakat kian konsumtif. Tak heran jika setelah belanja kerapkali menjadikan kantong menangis karena uang ludes dipakai. Sebetulnya tips belanja sendiri berasal dari diri sendiri yakni dengan menahan diri dan kontrol akan keinginan belanja berlebihan.

 Tips Belanja Online Efektif Tanpa Harus Buat Kantong Menangis

Belanja online memang menyenangkan, terlebih dengan banyaknya diskon yang menyerbu konsumen. Memang jika dilihat sekilas saja, diskon belanja ini memberikan keuntungan yang besar. Namun tentu ini hanya berlaku bagi mereka yang bisa belanja dengan bijak dan sesuai kebutuhan saja. Tapi beda lagi ceritanya jika adanya diskon ini justru membuat Anda mencari-cari alasan untuk bisa keluarkan uang. Jika sudah begini, maka jangan salahkan dompet yang menangis karena kosong tak ada isi. 

Apabila Anda ingin belanja tanpa harus membuat kantong bolong, maka beberapa tips belanja berikut ini akan berguna untuk Anda:

  • Niat yang kuat

Sepertinya memang sangat tabu membicarakan niat. Namun memang seperti itulah adanya karena dengan niat yang kuat, maka Anda akan bisa menahan diri untuk tak belanja dengan berlebihan. Ingat kembali efek belanja boros yakni keuangan menipis, tak ada tabungan hingga masa depan keuangan yang kurang terjamin.

  • Membedakan prioritas dan yang bisa ditunda

Meski sedang digempur oleh banyaknya promo dan diskon, namun tetap buat catatan berbelanja. Catat kebutuhan apa saja yang sedang habis dan memang dibutuhkan saat ini. Dengan cara ini maka Anda akan bisa memilah dan memilih belanjaan mana yang bisa dibeli karena diskon dan ditahan lebih dulu. Daftar belanja juga cenderung akan membantu Anda untuk menekan hasrat belanja yang besar. Anda pun akan terbantu untuk memilah mana yang memang sedang dibutuhkan dan mana yang keinginan dan dapat ditunda.

  • Memanfaatkan diskon

Seperti yang sudah dijelaskan di awal dimana diskon akan menguntungkan jika Anda bisa menyaring mana yang memang sedang dibutuhkan. Namun jangan sampai mencari alasan dengan membeli hanya karena diskon padahal barangnya tidak dibutuhkan.

  • Hindari kartu kredit

Jika Anda membeli di situs belanja online, maka Anda bisa menggunakan kartu debit dibanding kartu kredit karena akan bantu tekan hutang di kartu kredit. Kartu kredit akan membuat Anda ingin belanja terus menerus namun memperbanyak hutang.

Itulah beberapa hal yang bisa jadi tips belanja online tanpa harus membuat kantong Anda menangis. Sebetulnya tips terpenting adalah dengan diri sendiri yang mampu membedakan antara kebutuhan dan juga keinginan yang bisa dipisahkan sehingga prioritas lebih jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *