You are here: Home / Tips / Ternyata Ini Resiko Belanja Online yang Wajib Anda Waspadai
Ternyata Ini Resiko Belanja Online yang Wajib Anda Waspadai

Ternyata Ini Resiko Belanja Online yang Wajib Anda Waspadai

Untuk bisa memenuhi segala kebutuhan, pastinya orang akan berbelanja dan membeli segala kebutuhannya. Belanja memang bukan sekedar aktivitas yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan semata saat ini namun sudah jadi bagian dari gaya hidup juga. Anda bisa lihat para sosialita yang berani mengeluarkan milyaran rupiah dalam sekali belanja saja. Selain itu juga karena sudah ada kemudahan dalam bertransaksi misalnya dengan belanja online sehingga kecenderungan belanja juga kian membesar.

 Ternyata Ini Resiko Belanja Online yang Wajib Anda Waspadai

Jika membicarakan tentang transaksi online, maka pastinya Anda sudah tahu jika kemudahan dan kepraktisan belanja menjadikan banyak orang begitu suka untuk belanja online. Meski demikian Anda harus waspada karena ternyata banyak juga resiko yang mengintai para pembelanja online ini. Tentunya resiko yang paling umum adalah dengan resiko tertipu dengan toko online palsu. Meski begitu sebetulnya ada beberapa resiko lainnya juga yang harus Anda tahu:

  • Resiko finansial

Mungkin untuk resiko yang pertama ini sudah sangat umum dialami yakni dengan adanya resiko finansial dimana ketika Anda belanja secara online, maka resiko uang Anda akan berkurang tentu pasti ada. Selain itu resiko finansial lainnya adalah misalnya saja ketika Anda sudah mentransfer barang namun ternyata barang tersebut tidak dikirim sehingga pastinya Anda akan rugi.

  • Resiko sosial

Bagaimana mungkin berbelanja online bisa memberikan resiko sosial bagi Anda? Mungkin saja karena resiko sosial ini berhubungan dengan kerugian yang dapat dialami oleh konsumen lantaran berasal dari pengaruh nilai sosial misalnya anggapan bahwa Anda adalah orang boros lantaran terlalu sering berbelanja online.

Baca Juga:Sering Belanja Online? Inilah Beberapa Fakta Menariknya yang Harus Anda Ketahui!

  • Resiko waktu

Kemungkinan resiko lainnya yang juga bisa dialami oleh para pembelanja online adalah dari segi resiko waktu. Untuk resiko waktu ini bisa dialami seseorang dalam transaksi online atas pengiriman yang lama. Tentunya waktu Anda untuk menunggu sangat sia-sia dan berbeda ketika belanja secara konvensional dimana bisa langsung bawa pulang barang tersebut.

  • Resiko psikologis

Untuk resiko psikologis ini lebih kepada ketidakpuasan dan kekecewaan yang bisa didapatkan jika Anda mendapatkan barang yang tak sesuai dengan keinginan. Selain itu berbelanja online kadang menimbulkan perasaan tidak tenang misalnya apakah penjual orang yang bisa dipercaya, apakah barang sesuai, apakah produk sama dengan di foto dan lainnya.

Itulah beberapa resiko umum yang terjadi ketika Anda belanja online. Meski memang resiko itu tidak semua akan dirasakan, namun beberapa pasti sudah pernah merasakannya. Berbelanja online memang menyenangkan, namun ada baiknya untuk selalu memperhatikan kewaspadaan dan jangan lupa untuk berusaha menjaga privasi Anda selaku konsumen sehingga Anda bisa lebih aman dan nyaman saat belanja dan bertransaksi di dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *