You are here: Home / Tips / Tangkal Serangan Diskon Belanja yang Buat Boros dengan Trik Berikut Ini!
Tangkal Serangan Diskon Belanja yang Buat Boros dengan Trik Berikut Ini!

Tangkal Serangan Diskon Belanja yang Buat Boros dengan Trik Berikut Ini!

Berbelanja adalah cara untuk bisa memenuhi kebutuhan. Belanja ini memang aktivitas yang umum dilakukan. Namun belanja menjadi aktivitas yang tidak umum ketika belanja dilakukan secara berlebihan dan hanya mengedepankan keinginan semata. Terlebih kini sudah ada sistem baru yakni belanja secara online sehingga menjadikan kemudahan berbelanja kian maksimal. Tapi memang adanya sistem baru ini memberikan kelemahan juga karena menjadikan masyarakat kian konsumtif, terlebih dengan banyaknya diskon belanja yang sulit ditahan.

Tangkal Serangan Diskon Belanja yang Buat Boros dengan Trik Berikut Ini! 

Memang jika dilihat sekilas saja, diskon ini memberikan keuntungan yang besar. Namun tentu ini hanya berlaku bagi mereka yang bisa belanja dengan bijak dan sesuai kebutuhan saja. Tapi beda lagi ceritanya jika adanya diskon ini justru membuat Anda mencari-cari alasan untuk bisa keluarkan uang. Jika sudah begini, maka tak akan sehat pembelanjaan yang Anda lakukan. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda bisa tetap mengontrol diri Anda sehingga tidak perlu belanja dengan berlebihan. 

Jika Anda tak ingin terjebak dalam diskon, maka ada baiknya jika Anda menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Buat daftar belanja

Meski sedang digempur oleh banyaknya diskon belanja, namun tetap buat catatan berbelanja. Catat kebutuhan apa saja yang sedang habis dan memang dibutuhkan saat ini. Dengan cara ini maka Anda akan bisa memilah dan memilih belanjaan mana yang bisa dibeli karena diskon dan ditahan lebih dulu. Daftar belanja juga cenderung akan membantu Anda untuk menekan hasrat belanja yang besar. Anda pun akan terbantu untuk memilah mana yang memang sedang dibutuhkan dan mana yang keinginan dan dapat ditunda.

  • Menetapkan anggaran

Memang hal ini tabu sekali dan sudah jadi tips lawas. Namun tips yang satu ini memang benar adanya dimana Anda harus menetapkan anggaran sehingga pembelanjaan bisa dimaksimalkan. Anggaran ini bisa disusun dengan sesuai harga dari barang yang ada di daftar belanja Anda tadi. Memang membawa uang lebih sangat dianjurkan namun jangan terlalu berlebihan karena bisa berpotensi untuk dihabiskan.

  • Membawa uang tunai

Jika Anda membeli di supermarket atau toko yang sedang adakan diskon, lebih baik bawa uang tunai yang sudah sesuai anggaran. Hal ini akan lebih meminimalisir Anda mengeluarkan uang dengan angka yang lebih besar. Namun jika Anda membeli di situs belanja online, maka Anda bisa menggunakan kartu debit dibanding kartu kredit karena akan bantu tekan hutang di kartu kredit.

Belanja tentu boleh-boleh saja, namun yang tidak boleh dilakukan adalah melakukan pemborosan. Jangan karena adanya alasan mumpung sedang diskon belanja, Anda yang seharusnya tak belanja jadi belanja karena hal ini tidak bijaksana dalam menyikapi uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *