You are here: Home / Tips / Point Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan
Point Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan

Point Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga dalam kehidupan. Karenanya, untuk mendapatkan kesehatan, berbagai cara dilakukan meski harus membayar mahal biaya pengobatan. Sayangnya meski teknologi kesehatan semakin canggih, namun jenis penyakit juga semakin banyak. Satu jenis penyakit kronis misalnya, bisa menghabiskan biaya puluhan bahkan ratusan juta untuk mengobatinya. Akan tetapi, kini dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kesehatan, penggunaan asuransi kesehatan yang bisa mengcover dana pengobatan menjadi semakin tinggi dibandingkan sebelumnya. Diharapkan dengan mengikuti asuransi, biaya kesehatan berapapun besarnya bisa diusahakan sehingga bisa sembuh seperti sedia kala.

Point Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan 

Semakin tinggi kesadaran akan pentingnya memiliki asuransi, semakin banyak juga jenis asuransi yang ada di pasaran saat ini. Dari perusahaan asuransi yang sudah memiliki nama besar secara internasional hingga perbankan nasional yang baru mulai memiliki produk asuransi berlomba-lomba menawarkan jasa asuransi pada masyarakat. Memiliki asuransi memang salah satu cara untuk mengupayakan kesehatan secara maksimal, namun bukan berarti Anda bisa membeli asuransi secara sembarangan. Sebelum memilih asuransi mana yang akan digunakan, perhatikan beberapa point berikut ini untuk memudahkan Anda memilih mana yang paling baik dan sesuai:

  • Kisaran besar premi untuk perorangan.

Sebelum memilih asuransi kesehatan mana yang akan dipilih, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu besaran rata-rata premi asuransi di berbagai penyedia asuransi di Indonesia. Tak harus memilih mana yang paling murah ataupun paling mahal, namun setidaknya Anda bisa memastikan bahwa premi asuransi yang nantinya Anda bayarkan berada di kisaran wajar.

  • Cover yang dilayani.

Bacalah fasilitas yang ada pada premi asuransi sebelum memilihnya. Pastikan ada banyak jenis layanan yang bisa Anda dapatkan karena semakin banyak jenis yang diberikan maka akan semakin banyak layanan yang bisa Anda dapatkan gratis untuk mengupayakan kesehatan secara maksimal.

  • Tempat layanan kesehatan.

Beberapa asuransi memiliki kerjasama dengan rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan tertentu sehingga untuk jenis pelayanan tertentu hanya bisa dilayani di sana. Pastikan Anda mengetahui apakah jenis asuransi yang akan Anda pilih tersebut memiliki kerjasama dengan rumah sakit tertentu. Jika iya, apakah letak rumah sakit tersebut dekat dengan lokasi Anda atau tidak.

  • Cara pembayaran biaya pengobatan.

Beberapa asuransi yang memiliki kerjasama dengan fasilitas kesehatan bisa langsung menggartiskan biaya kesehatan yang dilakukan di fasilitas kesehatan tersebut. Namun untuk pelayanan di tempat lain, mungkin Anda harus mengeluarkan biaya sendiri terlebih dahulu sebelum pihak asuransi menerima dan menyetujui klaim Anda.

Ketikan memilih asuransi kesehatan, ada baiknya Anda membaca berbagai pengalaman para pemilik polis asuransi yang sama untuk menjadikan waspada. Dengan belajar dari pengalaman orang lain, Anda bisa memilih asuransi mana yang paling sesuai dan cara cepat untuk mengajukan klaim kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *