You are here: Home / Tips / Pedoman Dasar Membeli Handphone Second
Pedoman Dasar Membeli Handphone Second

Pedoman Dasar Membeli Handphone Second

Siapa bilang ponsel bekas selalu berkualitas rendah. Banyak handphone second yang berkualitas tinggi.  Untuk membeli ponsel bekas, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Pedoman Dasar Membeli Handphone Second

Periksa IMEI

IMEI adalah kode yang produsen ponsel tersebut tambahkan ke perangkat seluler yang berfungsi sebagai identifikasi unik untuk setiap perangkat seluler. Ingatlah bahwa tidak ada dua ponsel yang memiliki kode IMEI yang sama. Nomor ini berfungsi untuk memverifikasi ponsel yang dicuri. Periksa apakah nomor IMEI di ponsel sesuai dengan nomor pada kotak dan tanda terima.

Periksa kwitansi ponsel

Periksa tanda terima asli. Tanda terima dapat memberi tahu Anda kapan handphone dibeli dan berapa banyak garansi yang tersisa. Ponsel biasanya hanya memiliki garansi 1 tahun. Namun jika Anda melihat tanda terima yang meragukan, berhati-hatilah. Tanda terima mungkin dipalsukan untuk membuat ponsel terlihat lebih muda daripada yang sebenarnya.

Periksa bagian luar ponsel

Luangkan waktu memeriksa bagian luar ponsel dengan hati-hati. Ini cukup memberi Anda gambaran seberapa baik ponsel telah digunakan oleh pemilik pertama. Keausan normal akan terjadi, tetapi periksa dan pastikan bahwa tanda-tanda yang terlihat dari penggunaan tidak mempengaruhi fungsi normal perangkat.

Lakukan pemeriksaan fungsi secara rinci

Setelah Anda selesai dengan eksterior, sekarang saatnya untuk memeriksa bagian dalam dari handphone second tersebut.  Anda tidak ingin bukan perangkat tampak baik di luar, tetapi rusak di dalam. Periksa audio, uji panggilan, coba koneksi Bluetooth Anda, nyalakan WiFi Anda dan lihat apakah semua masih berfungsi dengan baik. Jangan lupa  uji keypad, kamera, dan semua fitur lain dari ponsel Anda yang akan Anda beli.

Periksa layar LCD.

Periksalah layar LCD. Apakah masih dalam kondisi baik? Apakah terdapat keretakan? Apakah layar LCD pecah? Periksalah. Masalah LCD sulit dan mahal untuk diperbaiki dan kebanyakan orang harus membeli pelindung layar LCD untuk memastikan nilai jual kembali yang tinggi dari ponsel mereka.

Periksa baterai ponsel

Periksalah baterai. Apakah baterai boros? Apakah mudah habis setelah beberapa aktivitas di ponsel? Atau apakah mereka masih berfungsi dengan baik? Baterai mengalami penurunan performa saat usia bertambah. Kadang-kadang Anda akan menemukan ponsel dengan baterai bermasalah atau yang mudah habis. Masalah baterai sulit untuk diperiksa dan solusi terbaik adalah mendapatkan garansi pribadi dari penjual sehingga Anda dapat menguji masa pakai baterai nanti.

Apakah terdapat garansi pembelian?

Jika Anda masih kurang yakin dengan ponsel tersebut, Anda bisa meminta penjual memberikan garansi pribadi selain dari garansi pabrik produsen ponsel. Anda tidak perlu khawatir ketika pemeriksaan awal baik tetapi setelah beberapa hari sudah rusak. Cukup kembalikan, tukarkan atau gunakan garansi Anda.  

Jadi untuk mendapatkan handphone second berkualitas tidak sulit bukan? Cukup ikutilah cara-cara di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *