You are here: Home / Tips / Mengenal Seputar E-Money di Indonesia
Mengenal Seputar E-Money di Indonesia

Mengenal Seputar E-Money di Indonesia

Penggunaan layanan internet semakin terasa di berbagai segi kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dalam memesan barang atau jasa, untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari pun saat ini bisa dilakukan tanpa uang tunai. Sarana untuk memiliki pembayaran secara elektronik ini pun makin banyak ditemukan. Kalau dulu kebanyakan orang mungkin hanya mengenal kartu kredit dan paypal untuk pembayaran elektronik selayaknya uang tunai. Kali ini sudah ada e-wallet dan e-money yang menjadi terobosan baru di bidang perekonomian Indonesia.

Mengenal Seputar E-Money di Indonesia

Penggunaan E-Money

Jika diperhatikan dengan seksama penggunaan e-money paling banyak ada pada sektor transportasi, hal ini karena pada awalnya memang penggunaannya disosialisasikan untuk pembayaran transportasi. Seiring semakin banyak orang yang tertarik, kini penggunaannya merambah untuk membayar tol, disusul dengan iring-iringan 7,374 responden pengguna transportasi online dan responden transportasi umum.

Penggunaan terbanyak berikutnya adalah oleh karyawan swasta yang menggunakan transportasi umum yang juga sudah menerapkan sistem uang elektronik, seperti transportasi online dan transportasi bus kota. Selain itu, transportasi online dengan pembayaran non tunai pun menjadi pilihan pegawai kantoran, seperti misalnya Go-pay dan Grab Pay. Pada dasarnya, penggunaan E-Money memang lebih praktis dan efektif jika dibandingkan uang tunai.

Sosialisasi E-Money

Namun, penggunaan yang sudah banyak ini masih dihiasi dengan ketidakpahaman beberapa lingkungan masyarakat yang memang masih kurang pendekatan oleh pihak pemerintah. Setelah ditelusuri, alasan mengapa orang belum tertarik adalah karena masih bingung dengan cara kerjanya. Hal ini harus menjadi perhatian bagi pemerintah dengan mengadakan sosialisasi ke setiap lapisan masyarakat tentang manfaat dan penggunaan uang elektronik.

Kelebihan yang harus diketahui dengan menggunakan uang elektronik adalah sebagai berikut:

  • Tidak perlu repot membawa uang tunai.
  • Memudahkan penjual untuk menyiapkan uang kembalian.
  • Bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.
  • Ada banyak promo.

Sementara kelemahan penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Tidak semua tempat menerima pembayaran elektronik, khususnya pasaran tradisional.
  • Untuk jenis e-money, jika hilang atau rusak, maka saldo tidak bisa dikembalikan.
  • Cenderung membuat boros.

Memaksimalkan Penggunaan Uang Elektronik

Jika Anda sudah terbiasa dengan penggunaan uang elektronik dalam kehidupan sehari-hari, maksimalkan penggunaannya. Hampir seluruh sektor transaksi kini sudah bisa menggunakan uang eletronik. Tidak hanya soal pembayaran tol dan transportasi, melainkan juga bisa digunakan seperti belanja, bayar parkir, beli tiket bioskop, dan lain sebagainya. Keuntungan-keuntungan di atas juga bisa dinikmati selain segi penggunaannya juga terbilang simple. Beberapa diskon menarik juga sering diterbitkan oleh penerbit uang elektronik yang bekerjasama dengan berbagai macam merchant.

Untuk memaksimalkannya, Anda dapat bertransaksi dengan senantiasa mengecek saldo secara berkala. Tidak lupa untuk menempatkannya di tempat yang aman agar terhindar dari kerusakan ataupun hilang. Anda juga bisa membuat budget atau anggaran untuk penggunaan uang elektronik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *