You are here: Home / Tips / Kenali Modus Penipuan pada ATM dan Kartu Kredit
Kenali Modus Penipuan pada ATM dan Kartu Kredit

Kenali Modus Penipuan pada ATM dan Kartu Kredit

Pernahkah Anda mendapat telepon tidak dikenal dan meminta nomor kartu kredit untuk tujuan tertentu? Itulah salah satu kasus dari penipuan kartu kredit yang terdapat di Indonesia. Di zaman teknologi yang semakin maju dan berkembang, penipuan juga semakin marak terjadi. Tujuannya mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari nasabah. Untuk mengetahui seperti apa saja modus penipuan kartu kredit di Indonesia, simak penjelasannya di bawah ini.

Kenali Modus Penipuan pada ATM dan Kartu Kredit

Email Phising

Dengan mengirimkan email yang menampilan logo bank, alamat dan nomor telepon untuk mengelabuhi nasabah. Email ini biasanya akan berisi link yang meminta Anda untuk membukanya. Situs yang disematkan pada email tersebut akan membawa Anda pada suatu web atau sites palsu yang mirip dengan situs resmi milik bank Anda. Kemudian, akan ada petunjuk yang mengharuskan Anda untuk mengisi data diri seperti nomor kartu kredit, password, dan data diri pribadi Anda.

Voice Phising

Selain metode email, metode voice phising ini juga memungkinkan penipu untuk mencuri data pribadi Anda melalui telepon. Banyak modus penipuan yang digunakan. Hal yang paling sering adalah penipu mengaku sebagai pegawai bank ataupun kartu kredit. Penipu-penipu ini akan meyakinkan Anda untuk kemudian meminta data perbankan seperti nomor ATM dan pin ataupun password perbankan lainnya. Untuk mengatasi hal ini, yang perlu Anda ingat adalah bahwa pihak perbankan tidak pernah menanyakan urusan pribadi melalui telepon apalagi menanyakan informasi pribadi Anda.

Virus Komputer

Beberapa nasabah biasanya mengeluhkan tentang pembengkakan tagihan kartu kredit setelah bertransaksi online. Hal ini diperkirakan terjadi karena perangkat yang digunakan telah terjangkit virus yang digunakan oleh para pencuri untuk mengambil data pribadi nasabah tersebut. Virus-virus ini biasanya didapat dari hasil download software online gratis yang biasanya ditempeli virus Trojan di dalamnya. Untuk menjaga keamanan bertransaksi Anda, pastikan komputer Anda bebas dari virus dengan rutin melakukan scanning virus.

Alat Penyadap

Modus penipuan ini terbilang sudah canggih yakni dengan memasang alat penyadap pada mesin ATM yang berada di lubang tempat memasukkan kartu ATM. Saat nasabah melakukan transaksi, alat penyadap ini akan menyalin data kartu Anda seperti nomor dan pin ATM yang Anda gunakan. Selain itu, penyadap biasanya juga dipasang pada mesin kartu kredit di tempat Anda berbelanja, hotel, restoran dan tempat-tempat lainnya. Alat penyadap ini dengan cepat mampu menyalin data rahasia kartu kredit Anda.

Penawaran Produk Murah

Produk yang ditawarkan di sini sangat beragam, mulai dari tiket pesawat, peralatan elektronik, paket wisata, dan masih banyak lainnya. Saat calon pembeli merasa tertarik dengan harga dan produk yang ditawarkan, di sinilah para penipu akan menggiring korbannya untuk melakukan transaksi melalui ATM atau mesin kartu kredit milik si penipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *