You are here: Home / Tips / Inilah Langkah Mudah Kelola Keuangan Pribadi yang Bisa Anda Coba
Inilah Langkah Mudah Kelola Keuangan Pribadi yang Bisa Anda Coba

Inilah Langkah Mudah Kelola Keuangan Pribadi yang Bisa Anda Coba

Cukup dan tidaknya uang yang dimiliki tergantung dari cara kelola keuangan masing-masing individu. Mau diberi uang sebanyak apapun jika cenderung boros dan tidak bisa mengendalikan diri maka akan cepat habis tak tersisa dibandingkan mereka yang memiliki uang sedikit namun terkelola dengan baik. Memang saat memiliki uang, ada saja entah itu barang atau sesuatu yang harus dibeli. Padahal kita tidak tahu, yang dipenuhi itu termasuk bagian dari kebutuhan atau hanya keinginan saja. Perbedaan keinginan dan kebutuhan harus dipahami oleh mereka yang ingin keuangan pribadinya stabil. Karena jika tidak, maka uang sebanyak apapun juga tidak akan terorganisir dengan baik.

 Inilah Langkah Mudah Kelola Keuangan Pribadi yang Bisa Anda Coba

Keuangan pribadi yang mampu dikelola dengan baik akan memudahkan Anda dalam menjalankan rencana keuangan nantinya. Sehingga uang Anda bisa diarahkan untuk rencana yang lebih tepat. Jika bingung harus memulai darimana, Anda bisa menerapkan langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Mencatat arus masuk kas.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mulai rajin mencatat pendapatan serta pengeluaran setiap harinya. Dengan melakukan ini, nantinya Anda akan mendapatkan gambaran arus kas serta kondisi keuangan. Cara ini terbilang efektif untuk membenahi tata kelola keuangan Anda. Karena dari sinilah Anda bisa mengetahui pengeluaran apakah yang membuat pemborosan dan juga pengeluaran apakah yang perlu tambahan alokasi keuangan lagi.

  • Menyusun rencana anggaran.

Hindari mengeluarkan uang tanpa perencanaan sebelumnya karena cenderung membuat keuangan tidak terorganisir dengan baik. Setiap mendapatkan penghasilan, entah itu berupa gaji bulanan atau bonus, buat rencana anggaran. Di dalam rencana anggaran ini, susunlah daftar kebutuhan rutin yang harus dipenuhi, seperti biaya listrik, biaya makan, biaya transportasi, belanja bulanan, cicilan hutang, dan tabungan. Pergunakan penghasilan Anda untuk memenuhi kebutuhan yang wajib dan harus segera dipenuhi. Kesampingkan dulu untuk memenuhi keinginan yang belum diperlukan dalam waktu dekat ini. Anda bisa membuat pengaturan keuangan dengan menerapkan rumus 40% penghasilan untuk memenuhi kebutuhan rutin, 30% untuk biaya cicilan, dan sisa 30% lagi untuk investasi atau tabungan masa depan.

  • Mulai membuat target keuangan.

Dari laporan arus masuk kas serta rencana anggaran yang telah dibuat, nantinya Anda akan mendapatkan sebuah gambaran mengenai kondisi keuangan Anda. Apakah cukup sehat atau malah sebaliknya. Jika alokasi penghasilan yang semula melebihi dari perkiraan, maka Anda bisa mulai membuat target kelola keuangan yang baru. Seperti misalnya jika cicilan hutang Anda kurang dari 30% dari penghasilan seperti rumus perhitungan awal, maka sisa dari anggaran tersebut bisa Anda pergunakan untuk kebutuhan lain yang bermanfaat, seperti untuk biaya darurat, untuk biaya perlindungan kesehatan seperti BPJS Kesehatan, atau untuk biaya jangka pendek seperti biaya menikah, membeli kendaraan, dlsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *