You are here: Home / Tips / Hindari Jeratan Hutang dengan Bijak Menggunakan E-money Jaman Sekarang
Hindari Jeratan Hutang dengan Bijak Menggunakan E-money Jaman Sekarang

Hindari Jeratan Hutang dengan Bijak Menggunakan E-money Jaman Sekarang

Dunia digital seperti sekarang ini memang sangat dirasakan sekali oleh semua orang, bahkan segala kegiatan terasa lebih mudah dengan berbagai kemunculan tersebut. Tidak terkecuali dalam dunia finansial, adanya e-money memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk lebih mudah bertransaksi. Jaman dahulu mungkin masyarakat harus membawa uang dalam jumlah yang banyak ketika berbelanja, tetapi untuk sekarang ini semuanya dipermudah dengan adanya uang elektronik. Hal itu dilakukan bukan hanya pada satu dua perusahaan perbankan saja tetapi juga hampir semua bank mempunyai produk yang sama.

 Hindari Jeratan Hutang dengan Bijak Menggunakan E-money Jaman Sekarang

Menggunakan uang dalam bentuk elektronik memang terlihat lebih mudah, lebih simpel dan lebih cepat. Tetapi banyak orang yang justru sering terlena ketika menggunakan segala kemudahan tersebut dalam bertransaksi. Yang menjadi akibat buruk adalah sering membuat orang lebih bersifat boros dan kurang dapat mengontrol. Bahkan ada pula yang harus terjerat hutang akibat penggunaan kredit card yang berlebihan. Makanya pada artikel kali ini akan dibagi bagaimana tips untuk menggunakan uang elektronik secara lebih bijak yaitu:

  • Pahami jenis kartu dan kegunaan.

Uang elektronik itu mempunyai banyak sekali wujudnya seperti kredit card, debit card, ataupun yang lainnya. Masing-masing pasti mempunyai fungsi yang berbeda, itulah yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum menggunakan. Tidak semua jenis kartu harus Anda miliki, makanya pilih beberapa yang memang Anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Isi sesuai kebutuhan.

Lalu yang kedua Anda bisa mengisi sesuai dengan kebutuhan, terutama bagi mereka yang menggunakan kartu debit. Umumnya karena terlalu banyak menggunakan e-money terkadang seseorang tidak sadar diri telah terlena dengan melakukan banyak belanjaan atau transaksi yang tentu tidak semuanya penting. Hal itulah yang sering menjadikan seseorang mudah sekali terjerat hutang akibat kurang bijaknya menggunakan uang elektronik.

  • Gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Terkadang dengan adanya kartu kredit orang lebih leluasa untuk melakukan pembelanjaan apapun tanpa berfikir dua kali lagi. Apalagi pada sistem tersebut dilakukan pembayaran setelah Anda menggunakan uang. Nah, kurang terkontrolnya hal itu dapat membuat Anda terlena makanya perlu penggunaan yang disesuaikan dengan kebutuhan saja.

  • Pertimbangkan secara matang.

Dan terakhir adalah mempertimbangkan segalanya secara matang, terutama ketika Anda akan menggunakan untuk berbelanja. Misalnya saja gunakan jika ada kesempatan promo kartu kredit ataupun jenis kartu yang lainnya.

 Pada dasarnya memang adanya uang elektronik itu bisa membuat Anda lebih mudah untuk melakukan segala bentuk transaksi tanpa harus kerepotan membawa banyak uang. Namun dibalik banyaknya kelebihan yang ditawarkan kepada Anda harus ada pertimbangan mengenai kekurangan dari menggunakan kartu tersebut. Jangan sampai setelah Anda berganti menggunakan e-money justru pengeluaran semakin tidak terkontrol lagi dengan baik. Semoga sedikit ulasan diatas memberikan gambaran kepada Anda mengenai cara bijak menggunakan uang elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *