You are here: Home / Tips / Hati-hati Modus Penipuan Model Investasi yang Banyak Memakan Korban
Hati-hati Modus Penipuan Model Investasi yang Banyak Memakan Korban

Hati-hati Modus Penipuan Model Investasi yang Banyak Memakan Korban

Melakukan investasi dengan keuntungan yang singkat dan jumlah besar merupakan salah satu hal yang cukup menggiurkan. Banyak orang yang akhirnya tertarik melakukan hal itu karena memang tawaran yang sangat menarik sekali. Investasi sendiri bisa dikatakan sebagai tabungan masa depan, tetapi jika bisnis yang dilakukan lancar. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya yaitu Anda menjadi korban modus penipuan bukan mendapatkan keuntungan besar sebagai tabungan tetapi justru sangat merugikan sekali. Nah, pada artikel kali inilah akan dibaca seperti apa ciri dari pelaku yang sudah banyak menjerat korban tersebut.

 Hati-hati Modus Penipuan Model Investasi yang Banyak Memakan Korban

Target yang sering menjadi incaran dalam kasus penipuan sangat beragam sekali, umumnya dari mereka yang termasuk dalam golongan kurang pengetahuan akan investasi. Makanya dari itu penting sekali untuk mencari latar belakang atau seluk beluk tawaran investasi kepada Anda. Berikut ini ada beberapa sistem yang sering digunakan dalam kasus penipuan investasi yang sedang marak terjadi, antara lain:

  • Ponzi.

Pada sistem yang pertama ini terlihat cukup sulit sekali ketika harus menemukan siapa otak dari perencanaan tersebut. Jadi dalam sistem ini ada seseorang yang menjadi dalang, lalu mengajak orang lain yang akan dijadikan tangan kanannya. Nah, orang lain itu harus mengajak orang lain lagi untuk bergabung. Inilah yang menjadikan sangat sulit mengungkap siapa pelaku dalam kasus penipuan itu, apalagi sudah berantai panjang.

  • Investasi High Yield Program.

Lalu ada jenis investasi yang menjanjikan keuntungan cukup besar sekali, bahkan ini sudah banyak memakan korban. Umumnya modus penipuan dalam investasi ini adalah menjanjikan sebuah bisnis yang tidak kasat mata atau sangat sulit untuk dipantau. Misalnya saja pada batu bara, minyak bumi, dan lainnya. Bahkan di Indonesia sudah pernah terjadi kasus seperti ini dan memakan banyak korban.

  • Investasi emas.

Lalu ada lagi jenis penipuan yang menawarkan mengenai investasi emas, memang terlihat sangat menguntungkan sekali. Apalagi emas merupakan bentuk investasi yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun terkadang karena sudah terlanjur tertarik melakukan investasi, korban lupa untuk mengecek apakah emas tersebut termasuk asli atau palsu.

  • Penggandaan uang luar negeri.

Dollar mempunyai nilai yang jauh lebih tinggi di Indonesia, makanya tidak heran ketika ada yang menawarkan investasi penggandaan dollar banyak orang yang tertarik. Dalam kasus ini tidak berbeda dengan emas, korban sering sekali tidak mengecek apakah uang yang diterima itu asli atau palsu.

Diatas merupakan beberapa bentuk penipuan bisnis investasi yang sudah lancar dan banyak menjerat korban. Makanya segala sesuatu perlu untuk diperhitungkan terlebih dahulu, kenali mana yang memang asli dan mana palsu. Umumnya untuk modus penipuan selalu menawarkan hasil yang sangat menggiurkan, mudah sekali dijalankan dan dimengerti, penggunaan toko untuk lebih menarik, sampai dengan tidak ada kejelasan dalam bentuk tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *