You are here: Home / Tips / Bagian-bagian Mesin Bor Listrik Duduk dan Cara Perawatannya
Bor Listrik

Bagian-bagian Mesin Bor Listrik Duduk dan Cara Perawatannya

Mesin bor di jaman sekarang ini bukan hanya dimiliki oleh seorang dengan keahlian pertukangan. Mesin bor bahkan dapat ditemukan di berbagai swalayan untuk keperluan rumah tangga. Dengan inovasi terbaru menggunakan tenaga listrik yang dikenal dengan nama mesin bor listrikkini bukan hanya pria, namun para wanita juga bisa melakukan kerja dengan menggunakan mesin yang satu ini. Membuat gantungan berbagai alat dapur, membuat rak kayu, memasang frame foto, sampai menghasilkan kerajinan-kerajinan yang mempunyai harga jual tinggi dapat dilakukan dengan bantuan mesin bor tangan. Sekarang anda juga bisa memilih beragam peralatan bor di situs jual bor listrik di bukalapak.

Mesin bor adalah satu jenis mesin dengan gerakan memutar sehingga dapat mendorong mata bor untuk membuat lubang pada satu permukaan tertentu. Berbagai jenis media dapat diberi lubang dengan memanfaatkan mesin ini seperti kayu, tembok, besi, plastik dan alumunium. Media yang berbeda-beda mengharuskan mesin bor menggunakan mata bor yang berbeda pula. Terdapat 3 mata bor utama yang dibedakan berdasarkan media pengaplikasiannya yaitu mata bor kayu, tembok dan besi.

Harga Bor Listrik

Dengan menggunakan mata bor yang tepat di semua media tersebut, mesin bor dapat melakukan ketiga fungsinya yaitu:

  1. Pembuatan lubang.
  2. Pembesaran lubang.
  3. Chamfer atau menghilangkan sisi tajam pada benda dengan bentuk silinder.

Agar lebih mengetahui secara spesifik mengenai mesin bor listrik ini, berikut adalah bagian-bagian yang terdapat dalam mesin bor duduk:

  • Base (dudukan)

Sebagai penopang semua beban pada mesin bor. Biasanya dibuat disatukan dengan lantai atau alas. Pemasangan harus kuat agar dapat menahan getaran maupun beban mesin bor dan media yang sedang dikerjakan.

  • Column (tiang)

Berbentuk silinder yang digunakan untuk menyangga bagian pada proses pengeboran.

  • Table (meja)

Bagian ini untuk meletakkan media yang akan dibor. Dapat disesuaikan ketinggiannya dengan tinggi pemakai sehingga lebih nyaman digunakan.

  • Spindle

Bagian yang mencengkeram mata bor.

  • Spindle head

Rumah dari spindle yang digerakkan oleh motor.

  • Drill Feed handle

Handle untuk menurunkan dan menekankan spindle dan mata bor ke media.

  • Kelistrikan

Berupa kabel power dan kabel penghubung juga sakelar untuk mengatur kecepatan.

Sebuah alat kerja diharapkan dapat selalu memberikan performa terbaiknya sehingga tidak menganggu kinerja Anda. Namun tentu saja hal ini dapat tercapai jika alat kerja tersebut diberikan perawatan yang semestinya sehingga tidak mengalami kerusakan maupun berkurangnya efektifitas mesin tersebut.

Demikian juga dengan mesin bor ini, ada beberapa hal dalam proses perawatannya yang harus Anda perhatikan agar kinerjanya selalu prima. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Pelumasan yang rutin dan berkala.
  2. Mesin harus selalu dibersihkan sebelum dan sesudah pemakaian.
  3. Chips harus dibersihkan bila perlu menggunakan kuas.
  4. Olesi mesin dengan cairan anti karat untuk menghindari karat.
  5. Pastikan bor di posisi tegak lurus sebelum memulai proses pengeboran.
  6. Jangan menempatkan alat lain di meja pengeboran.
  7. Hindari memakai pakaian longgar.
  8. Gunakan kacamata atau pelindung mata agar terhindar dari debu atau partikel yang beterbangan.

Mesin bor listrik sebetulnya memiliki berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mulai dari mesin bor tangan yang berbentuk seperti pistol, bor duduk, bor koordinat yang menghasilkan lubang dengan keakuratan posisi, mesin bor lantai atau radial untuk pekerjaan berat, sampai mesin bor tegak untuk media yang lebih besar. Jika Anda membutuhkan mesin bor untuk pekerjaan skala rumah tangga, maka jenis mesin bor duduk dan tangan yang paling sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *