You are here: Home / Tips / Cara Kreatif Mengolah Barang Bekas Menjadi Sesuatu yang Bernilai Tinggi  

Cara Kreatif Mengolah Barang Bekas Menjadi Sesuatu yang Bernilai Tinggi  

 

 

Sebagian besar diantara limbah yang Anda temui sekarang ini pastinya adalah sampah-sampah anorganik bukan, misalnya saja plastik, kemudian juga kaleng bekas hingga kain perca. Mereka memiliki kelemahan dibandingkan dengan sampah organik yang mudah diuraikan oleh mikroorganisme yang ada dalam tanah, untuk kemudian menghilang, jenis limbah yang satu ini termasuk paling sulit untuk dihilangkan. Namun sebenarnya ia bisa masuk sebagai modal dalam memulai sebuah bisnis. Barang bekas nyatanya masih memiliki nilai jual.

 

Meskipun jika dilihat tidak sebanyak nilai jual sampah-sampah pada umumnya, di tangan-tangan orang yang kreatif, maka barang-barang semacam, ini bisa laku lebih tinggi hingga nilainya sampai berkali-kali lipat lebih besar jika diberikan sedikit saja sentuhan. Barang bekas sendiri ragamnya memang sangat banyak, untuk lebih tau jenis-jenis mana saja yang bisa diolah kembali menjadi barang serbaguna, maka berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, yaitu:

 

  1. Limbah dari kain, disebut juga sebagai kain perca, limbah yang satu ini umumnya dimanfaatkan dalam beberapa industri, seperti diantaranya adalah pembuatan boneka, sebagai tambahan isi dakron, kemudian ia juga bisa disulap menjadi beberapa barang lain yang juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat, diantaranya adalah hiasan rumah, kemudian juga hiasan rambut dan sejenisnya. Anda bisa mendapatkannya dari beberapa tukang jahit terdekat untuk kemudian diolah kembali.
  2. Botong atau kaleng bekas, kaleng bekas susu misalnya ia juga bisa diubah menjadi hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti diantaranya adakah celengan anak-anak, namun dengan sedikit sentuhan kreatifitas, yaitu dengan melukis gambar-gambar di permukaannya dengan warn-warna yang unik. Harga jualnya bisa jadi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hanya dikumpulkan ke pengepul saja.
  3. Limbah kertas, dibandingkan dengan jenis yang lainnya, limbah ini paling mudah rusak memang, hanya dengan terkena sedikit air ia akan hilang, karena bahan pembuatannya sendiri kebanyakan adalah serta kayu yang termasuk bahan organik. Ia dapat diolah menjadi beberapa jenis kerajinan tangan, jikapun dijual kembali harganya juga sangat mahal, karena banyak industri pabrik yang ingin mengolahnya lagi.
  4. Kemasan bekas produk rumah tangga, sebut saja diantaranya adalah dari kemasan detergen cuci, kemudian sabun atau shampo, bahannya adalah plastik yang kuat dan juga bermotif, sehingga ia dapat dimanfaatkan untuk membuat tas plastik ataupun dompet, barang-barang semacam ini kenyataannya juga banyak dicari di pasaran dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan sekedar limbah yang mengotori.

 

Bagaimana, tertarik untuk mencoba bisnis barang bekas tersebut, dari yang hanya sekedar “sampah” menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Di tangan-tangan orang yang kreatif maka hal ini bisa mengantarkan mereka kepada kesuksesan berbisnis. Bisa dimulai dari modal kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *