You are here: Home / Tips / Cara Cerdas Berbelanja Bahan Makanan Murah untuk Keluarga Tercinta
Cara Cerdas Berbelanja Bahan Makanan Murah untuk Keluarga Tercinta

Cara Cerdas Berbelanja Bahan Makanan Murah untuk Keluarga Tercinta

Salah satu kebutuhan utama bagi manusia memang makan, tanpa makan tentunya akan sangat sulit bertahan hidup, itulah mengapa tak heran jika kemudian jenis kebutuhan yang satu ini masuk dalam prioritas utama yang harus dipersiapkan sebelum kebutuhan yang lainnya, juga bisa menjadi hal yang paling menghabiskan pengeluaran keluarga. Apalagi jika Anda tak bisa mengatur keuangan dengan baik, boros dalam berbelanja bahkan juga sering kali salah dalam memilih bahan makanan, lebih senang membeli yang mahal dibandingkan dengan bahan makanan murah.

 Cara Cerdas Berbelanja Bahan Makanan Murah untuk Keluarga Tercinta

Padahal sebenarnya tak semua yang harganya murah buruk, tinggal konsumen saja yang harus pintar-pintar dalam memilih dimana tempat untuk berbelanja dan juga membandingkan harga, sehingga mendapatkan yang terbaik. Paling tidak hal ini secara efektif nantinya dapat berguna untuk menekan pengeluaran keluarga, apalagi bagi mereka yang memiliki gaji pas-pasan. Berikut ini setidaknya tips dalam belanja kebutuhan makan, agar dapatkan bahan makanan murah berkualitas, diantaranya adalah:

  1. Belanja di pasar tradisional, dibandingkan dengan super market atau pusat perbelanjaan besar, harga yang ditawarkan ketika Anda belanja bahan makanan di pasar tradisional jauh lebih murah, karena memang tak banyak pajak yang dikenakan, tak hanya itu kebanyakan diantara bahan-bahan makanan yang dijual disini juga masih dalam kondisi yang segar.
  2. Cek terlebih dahulu persediaan bahan makanan yang ada di rumah, sehingga nantinya Anda tak perlu membeli semua jenis bahan untuk digunakan memasak, bukan tanpa alasan, melainkan terkadang beberapa bahan makanan jika disimpan terlalu lama di dalam lemari es juga akan turun kualitasnya bahkan membusuk, sebut saja diantaranya adalah sayur dan juga daging.
  3. Buat daftar menu terlebih dahulu sebelum berbelanja, pembuatan daftar menu ini tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan, sebut saja hari ini Anda akan memasak sayur sop, maka wajib mengetahui apa saja bahan yang dipakai dalam pembuatan sayur sop tersebut, sehingga tidak membuat pengeluaran bertambah karena membeli bahan-bahan yang tidak penting.
  4. Selektif dalam memilih dan juga banding-bandingkan harga, bisa jadi tawaran harga bahan makanan tersebut murah, namun ternyata kondisinya sudah tak begitu bagus, contohnya adalah daging yang sudah tak lagi segar, begitu juga dengan sayuran maupun buah. Itulah mengapa membandingkan harga juga harus sejalan dengan kualitas bahan atau pilah-pilihnya.
  5. Pastikan untuk menyimpan bahan makanan yang tidak digunakan dengan baik, sehingga tidak mudah basi, jadi bisa dipakai di kemudian hari jika masih ada sisa. Ini juga sangat efektif dalam mengontrol pengeluaran keluarga, itulah mengapa sangat dianjurkan bagi Anda untuk memiliki kulkas di rumah.

Mudah bukan, tak kalah penting adalah memasak sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh keluarga, jangan berlebihan. Itulah beberapa tips agar biaya makanan murah atau terkontrol dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *