You are here: Home / Tips / Belajar Cara Mengembangkan Produk untuk Usaha Kreatif yang Lebih Baik

Belajar Cara Mengembangkan Produk untuk Usaha Kreatif yang Lebih Baik

Kini semakin banyak orang menjalankan usaha kreatif yang menghasilkan sebuah produk atau jasa yang tidak biasa. Kreatifitas menjadi bekal utama untuk bisa menjalankan usaha jenis ini sebab produk yang sudah ada kemudian dikembangkan. Dalam dunia usaha memang pengembangan perlu bahkan wajib sekali untuk dilakukan demi keberlangsungan usaha itu sendiri. Usahakan untuk terus belajar dan menjadikan produk usaha semakin menarik dan beragam dari waktu ke waktu. Tujuannya tentu saja untuk mampu memenuhi kebutuhan pasar sekaligus menghindari resiko kalah saing.

Bagaimana Cara Mengembangkan Suatu Produk?

Dalam berbisnis langkah awalnya adalah menentukan produk usaha baik di bidang kuliner, busana, dan lain sebagainya. Anda tidak harus menyajikan produk yang sama sekali belum ada sebab dijamin lebih sulit meski kemungkinannya tetap ada. Langkah yang paling mudah adalah melakukan modifikasi sehingga bisa melirik produk usaha yang ditekuni pengusaha lain. Mempelajarinya baru kemudian menambahkan detail tertentu untuk memberikan perbedaan dari produk usaha yang tadi diamati. Perbedaan ini terbilang penting sebab masyarakat cenderung tidak suka dengan produk yang berasal dari aksi tiru-meniru.

Adapun cara untuk mengembangkan produk tersebut tentu beragam maka tidak salah disebut sebagai usaha kreatif. Sebab memang memerlukan kreatifitas, dan cara yang bisa diambil antara lain:

  • Menjadikan suatu produk lebih canggih, misal menjual perangkat MP3 jika pesaing tidak menyediakan layar Anda bisa menambahkannya.
  • Tingkatkan fungsional suatu produk, misalnya saja menjual kerudung yang bisa dijadikan hijab bisa pula dijadikan syal.
  • Berikan layanan yang lebih baik, misalnya jasa laundry yang mau antar jemput orderan.
  • Berikan tampilan yang lebih menarik dan paling simpel melalui kemasan produk dan desainnya.
  • Memilih material atau bahan baku yang berbeda.

Baca Juga: Temukan Ide Usaha Kreatif Terbaru 2017 Disini!

Menciptakan perbedaan tentu tidak bisa asal, perlu melakukan uji coba dulu baru kemudian dinilai secara pribadi untuk kemudian dijadikan produk usaha. Misalnya saja muncul ide untuk membuat burger dengan isian daging rendang. Jangan asal menjual burger rendang, pertimbangkan membuatnya untuk dimakan pribadi dan nilai apakah cocok atau tidak. Riset dan uji coba sangat penting dilakukan untuk menentukan dan menjamin produk usaha Anda memang layak memiliki nilai jual. Jangan sampai terkena komplain bertubi-tubi sebab mengincar kesan kreatif tanpa melirik kualitas dan fungsi.

Membuat ide yang masih segar tentu butuh proses maka jangan menutup diri malah dianjurkan sebaliknya. Saling bertukar pendapat untuk memantapkan ide dan memperoleh masukan agar ide yang dimiliki mudah diaplikasikan. Seringlah jalan-jalan untuk menemukan inspirasi menentukan produk usaha yang bisa dirombak untuk kemudian mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar. Bermimpi tinggi sejak awal memang wajib dimiliki pelaku usaha kreatif supaya semangat untuk meraih mimpi besar tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *