You are here: Home / Tips / Agar Tidak Tertipu, Kenali 4 Ciri Khas Investasi Bodong Ini!
Agar Tidak Tertipu, Kenali 4 Ciri Khas Investasi Bodong Ini!

Agar Tidak Tertipu, Kenali 4 Ciri Khas Investasi Bodong Ini!

Tujuan utama melakukan sebuah investasi sebenarnya tak lain adalah ingin memutar harta yang dimiliki sehingga di kemudian hari nantinya bisa meningkat berkali-kali lipat jauh lebih banyak. Hanya saja tak memungkiri jika seandainya investasi ini juga mengandung resiko yang tinggi, nyatanya memang tak semua produknya aman alias menguntungkan, banyak sebagian diantaranya yang justru akan merugikan investor. Seperti yang sudah sering Anda dengar yaitu investasi bodong. Pastinya tak asing dengan nama yang satu ini bukan.

 Agar Tidak Tertipu, Kenali 4 Ciri Khas Investasi Bodong Ini!

Beberapa waktu belakangan jika dilihat memang cukup marak jenis investasi semacam ini, tak jarang juga diantara para investor yang rugi hingga ratusan bahkan milyaran rupiah karena ikut serta di dalamnya. Lalu sebenarnya bagaimana cara untuk mengenali antara produk investasi yang aman dan juga investasi bodong ini?, berikut diantara kriteria yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Imbal atau return yang ditawarkan sangat tinggi atau menggiurkan, sebagian besar diantara masyarakat akan langsung tertarik dengan produk investasi yang ditawarkan, mengingat imbal hasilnya sangat tinggi, namun tahukah Anda tak ada sebenarnya produk investasi yang secara langsung berikan return besar. Mengingat bagaimanapun pelaku investasi juga tak mesti mendapatkan keuntungan, mereka yang rugi juga banyak, lalu uang darimana yang digunakan untuk memberi keuntungan tersebut?.
  2. Produknya mudah dipahami, karena targetnya sendiri adalah masyarakat yang belum terlalu mengerti, maka tak bisa dipungkiri jika seandainya produk yang ditawarkan terlalu mudah dipahami. Tidak seribet investasi pada umumnya, jadi patut untuk dicurigai.
  3. Umumnya produk investasi mereka selalu ditawarkan dengan menggunakan referensi dari toko masyarakat tertentu untuk bisa menggaet masyarakat atau calon investor, maka tak bisa dipungkiri jika seandainya perusahaan investasi semacam ini akan menggaet satu orang tokoh masyarakat tertentu, karena memang nantinya merekalah yang ikut serta di dalam menawarkan produk tersebut dan diberikan imbalan oleh perusahaan, tanpa tau bahwa sebenarnya produk investasi yang ditawarkan ini berbahaya.
  4. Tidak ada penjelasan panjang lebar mengenai resikonya, karena memang pada awalnya ditujukan untuk menggaet investor sebanyak-banyaknya, mereka hanya merincikan keuntungan apa saja yang akan didapatkan, begitu juga dengan tata cara berinvestasi tanpa menerangkan secara jelas kelemahan atau resiko yang mungkin saja terjadi pada masyarakat tersebut karena berinvestasi disana. Jadi berhati-hati.

Untuk itu patut bagi masyarakat berhati-hati dengan tawaran investasi yang tidak jelas, diantaranya adalah mereka yang memberikan return tinggi, modal investasi yang kecil dan biasanya sama sekali tidak menerangkan adanya resiko berinvestasi disana. Investasi bodong ini sendiri kian lama memang kian banyak di Indonesia. Lebih aman cari produk investasi yang sudah jelas untuk pemula, seperti diantaranya adalah properti ataupun emas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *