You are here: Home / Tips / 6 Langkah Mudah Mencegah Masalah Keuangan Pada Keluarga Muda
6 Langkah Mudah Mencegah Masalah Keuangan Pada Keluarga Muda

6 Langkah Mudah Mencegah Masalah Keuangan Pada Keluarga Muda

Bagi keluarga muda atau pasangan suami istri yang baru saja menikah, masalah yang paling krusial dan sering kali terjadi pada keluarga mereka adalah finansial, tentunya Anda sendiri tak begitu asing dengan kondisi semacam ini bukan. Ketika sudah berhubungan dengan krisis keuangan bahkan pernikahan yang baru seumur jagung sekalipun sangat rentan mengalami perceraian. Banyak sekali hal-hal yang menyebabkan terjadinya masalah keuangan tersebut dan jika tak diatasi dengan baik tentunya akan berdampak sangat fatal.

6 Langkah Mudah Mencegah Masalah Keuangan Pada Keluarga Muda 

Untuk itu alangkah lebih baiknya bagi Anda para keluarga muda untuk mengetahui bagaimana cara dalam menghindari terjadinya krisis finansial dalam keluarga tersebut, berikut ini diantaranya, yaitu:

  1. Mulai mengubah pola hidup, hidup sendiri atau ketika masih lajang dengan kehidupan setelah pernikahan amat jauh berbeda, ketika Anda masih lajang mungkin bisa dengan bebas berbelanja barang apapun yang dibutuhkan tanpa harus memikirkan hal lain, namun sekarang tidak, ada orang lain yang sudah menjadi tanggungan Anda. Lebih baik mulailah untuk mengatur pola hidup yang baru.
  2. Terbuka, saling berdiskusi sebelum melakukan sesuatu, sebut saja diantaranya sebelum Anda ingin membeli kendaraan ataupun sejenisnya, jangan langsung melakukan langkah tanpa diskusi dengan pasangan, karena jika seandainya terjadi apa-apa masalah jadi semakin rumit.
  3. Tau bagaimana cara mengelola keuangan yang didapatkan bersama, wanita yang harus pintar dalam hal ini, untuk menghindari masalah keuangan, maka setidaknya Anda harus tau berapa pendapatan dari pasangan Anda, kemudian bagaimana cara mengelola dengan baik. Jangan sampai dengan uang yang diterima pas-pasan namun Anda membelanjakan dalam jumlah yang lebih dari itu.
  4. Selalu menyusun anggaran keuangan, harus jelas kemana larinya uang tersebut, sehingga pastikan ada bukti dalam bentuk catatan setiap barang apa saja yang Anda beli. Sehingga tau kemana semua pendapatan tersebut dibelanjakan, dengan adanya catatan keuangan ini juga dapat dipakai untuk memperbaiki kondisi keuangan yang krisis di kemudian hari.
  5. Sekecil-kecilnya pendapatan, pastikan untuk tetap menyisihkan sebagian untuk ditabung, inilah yang sangat penting untuk diingat setiap pasangan muda, yaitu jangan sampai semua anggaran yang masuk kedalam rekening nantinya akan keluar begitu saja tanpa ada sisa. Sebagian harus ditabung untuk kebutuhan buah hati di masa yang akan datang.
  6. Jika sudah mulai terjadi masalah finansial pada keluarga segera cari solusi untuk mengatasinya, jangan biarkan masalah tersebut berlarut-larut, karena semakin dipendam atau dibiarkan kedepannya akan bertambah besar, belum tentu Anda bisa mengatasi hal tersebut di kemudian hari.

Mudah bukan, coba 6 langkah di atas untuk mencegah terjadinya masalah keuangan keluarga muda. Hidup sendiri bersama dengan pasangan artinya Anda sudah harus siap bertanggung jawab pada setiap masalah yang terjadi tanpa campur tangan orang tua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *