You are here: Home / Tips / 4 Hal yang harus Dicermati ketika Membeli Mobil Bekas
4 Hal yang harus Dicermati ketika Membeli Mobil Bekas

4 Hal yang harus Dicermati ketika Membeli Mobil Bekas

Tentu saja memiliki mobil merupakan impian semua orang. Namun tidak semua orang bisa membeli mobil baru karena terkendala biaya. Hingga akhirnya memilih mobil bekas merupakan solusi yang paling tepat. Namun sebelum membeli mobil yang sudah tak lagi baru tersebut, Anda harus mengecek hal-hal berikut ini untuk mengetahui sejarah penggunaan mobil tersebut.

4 Hal yang harus Dicermati ketika Membeli Mobil Bekas

Bagian Bawah

Anda yang melakukan pengecekan bagian bawah mobil bekas tersebut bisa menempatkan mobil tersebut pada permukaan yang rata. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk memeriksa ban dan bagian bawahnya. Apabila keausan ban tidak rata, itu artinya mobil tersebut tidak lagi bisa berjalan lurus. Tanda-tanda yang dapat dilihat untuk mengetahui sejarah pemakaian mobil tersebut adalah mobil tidak lagi berjalan dengan baik. Tidak hanya bisa melihat kondisi ban, Anda juga melihat kondisi rangka bagian bawah dari mobil tersebut.

Bodi

Biasanya mobil yang pernah mengalami kecelakaan dan juga tabrakan parah, lecetnya sangat sulit dihilangkan atau ditutupi sehingga tidak pernah terjadi apa-apa. Namun jika pemilik lama membawa mobil tersebut ke bengkel yang bisa memodifikasi kepenyokan mobil menjadi sedemikian rupa, sehingga bentuknya bisa terlihat mulus. Tetapi tetap saja, kelemahan dari metode tersebut adalah kesimetrisannya garis-garis lekukannya tidak akan bisa kembali seperti sedia kala. Anda harus teliti untuk bisa menemukan beberapa garis lekukan yang biasanya memiliki arah yang melenceng. Ketika Anda menemukan hal-hal tersebut pada garis-garis mobil, itu artinya mobil bekas yang akan dibeli pernah mengalami benturan di bodinya.

Cat

Hal berikutnya yang harus dicek yaitu cat mobilnya dan perhatikan apakah ada penyok, goresan atau titik-titik karat. Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa melihat perlahan apakah warnanya masih tampak harmonis atau sebaliknya. Apabila mobil tersebut pernah dicat ulang, biasanya warnanya akan tampak berbeda walaupun sangat tipis. Namun jika Anda sulit untuk bisa melihat perbedaannya, maka cek lah kembali permukaan setiap sisi mobil tersebut dari ujung hingga ujung. Anda juga bisa menyapukan jari di sepanjang tepi panel bodi. Apabila menemukan bagian kasar, bisa jadi itu merupakan bekas lakban penutup ketika dicat ulang.

Mesin

Selanjutnya lakukan pengecekan mesin mobil bekas. Anda harus mengamati secara teliti apakah terdapat noda oli atau tidak di bagian blok mesinnya. Jika terdapat kebocoran di bagian tersebut maka itu artinya mobil tersebut akan membutuhkan sebuah perbaikan besar. Oli yang bocor disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada bagian seal oil packing. Kerusakan ini bisa terjadi pada saat diproduksi secara lokal atau original karena perancangannya hanya dikhususkan untuk suhu mesin mobil yang masih normal. Itu artinya mobil sering mengalami overheat ketika digunakan. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan komponen mesin dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *