Category Archives: Tips

You are here: Home / Tips
Tips yang Harus Anda Ketahui Bila Ingin Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Tips yang Harus Anda Ketahui Bila Ingin Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Bagi Anda yang ingin mulai melakoni bisnis, kini sudah banyak jenis bisnis yang bisa Anda lakukan dengan perolehan keuntungan yang besar. Salah satu contohnya adalah bisnis jual beli mobil bekas. Semakin hari kebutuhan terus meningkat, termasuk kebutuhan akan transportasi.  Di kota besar ataupun kota kecil, kebutuhan akan kendaraan jenis ini termasuk tinggi. Dengan tingginya kebutuhan tersebut Anda bisa memanfaatkannya sebagai ladang bisnis untuk Anda.

Tips yang Harus Anda Ketahui Bila Ingin Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Bisnis Jual Beli Mobil bekas ini bisa dikatakan laku di pasaran. Ada beberapa faktor kenapa bisnis ini bisa laku, salah satunya yaitu karena kantong tidak sesuai dengan harga mobil baru yang dijual di pasaran sehingga, banyak orang beralih ke mobil bekas namun berkualitas yang sesuai dengan kantong. Tapi, sebelum menjalankan bisnis yang satu ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan cermat dan teliti serta modal yang tentunya tidak sedikit. Bila Anda sudah yakin ingin berbisnis ini maka perhatikan tips-tips dibawah ini.

 

  • Melakukan Perbaikan Mobil Bekas Agar Terlihat Baru

 

Sebelum Anda menawarkan atau menjual mobil bekas ke konsumen, Anda harus mempercantik dan memperbaiki mobil bila terjadi cacat atau kerusakan, buatlah tampilan mobil terlihat baru agar pelanggan tertarik membeli mobil bekas Anda. Periksa juga kelayakan mesin dan pastikan tidak ada masalah yang nantinya membahayakan pembeli.

 

  • Memilih Mobil yang Sekiranya Laku Dipasaran

 

Agar mobil Anda laku, Anda harus memastikan bahwa mobil yang Anda jual itu tidak ketinggalan zaman atau terlalu tua. Pilih mobil yang menjadi favorit masyarakat.  Biasanya calon pembeli akan mempertimbangkan sebuah mobil dari tahun keluarannya.

 

  • Cek Kelengkapan Surat-Surat Mobil

 

Bila Anda menjual mobil bekas tanpa surat yang lengkap, sudah dipastikan pembeli pun akan berpikir dua kali lipat saat akan membeli mobil bekas Anda.  Pembeli pasti menginginkan mobil yang memiliki surat yang lengkap agar tidak terjadi masalah nantinya. Untuk itu, pastikan Anda memastikan terlebih dahulu apakah surat-surat mobil lengkap baik itu BPKB hingga STNK. Hal ini mencegah kecurigaan atau kesalahpahaman mengenai kelegalan mobil bekas yang Anda jual.

 

  • Memperluas Koneksi

 

Dengan memperluas jaringan koneksi Anda, tentu akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi, mendapat stok barang, atau menambah relasi bisnis. Dengan adanya koneksi, bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

 

  • Menentukan Tempat Berdagang yang Strategis

 

Dalam bisnis seperti ini tentu Anda perlu sebuah showroom. Tidak harus memiliki, Anda bisa menyewa tempat asal tempat itu cukup untuk menampung mobil-mobil bekas yang Anda akan jual.  Anda juga harus memperhatikan apakah tempat itu strategis sebagai tempat bisnis atau tidak. Jangan sampai Anda memilih tempat yang jauh dari keramaian.

Cara Aman Transaksi Jual Beli Mobil Secara Online

Cara Aman Transaksi Jual Beli Mobil Secara Online

Internet bukan hanya menjadi tempat untuk mencari informasi dan wawasan dari berbagai belahan dunia saja namun juga sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi bisnis dengan berbagai fiturnya. Salah satu yang kini banyak dimanfaatkan adalah kegunaan internet sebagai media dunia maya untuk melakukan transaksi jual beli mobilUmumnya orang akan melakukan bisnis jual beli barang dengan bentuk yang kecil dan ringan namun ternyata kendaraan besar juga bisa menjadi komoditi produk jualan yang bisa dilakukan di dunia maya.

Cara Aman Transaksi Jual Beli Mobil Secara Online 

Saat ini sudah banyak website atau situs yang merupakan tempat penjualan mobil baik itu mobil baru maupun mobil bekas atau second. Showroom besar juga memiliki websitenya sendiri untuk menjaring calon konsumen yang berada di lokasi jauh yang kurang bisa mengakses lokasi showroom secara langsung. Cara melakukan promosi adalah dengan menampilkan foto dari mobil yang dijual dengan keterangan mengenai spesifikasi lengkap serta tahun pembuatan dan surat-surat yang diperlukan. Dari informasi tersebut beserta harga jual yang dicantumkan, para pencari mobil akan memilih mana yang mereka sukai ataupun butuhkan.

Meski terlihat sederhana dan cepat untuk menemukan mobil idaman, namun karena yang ditampilkan secara online hanyalah gambar dan keterangan dari mobil tersebut, maka Anda sebagai calon pembeli sebaiknya tak langsung melakukan transaksi jual beli mobil apalagi jika yang dibeli adalah mobil bekas. Anda sebaiknya tetap harus melihat dan bahkan mencoba mobil tersebut secara langsung untuk bisa memastikan kondisi yang sebenarnya apakah masih layak digunakan dan sesuai dengan harga jualnya. 

Sebelum melakukan pengecekan secara langsung, ada baiknya untuk memastikan bahwa laman internet yang Anda lihat adalah laman yang bisa dipercaya. Berikut ini adalah cara memilih laman internet sebagai penyedia mobil bekas yang bisa dipercaya:

  • Merupakan sebuah situs jual beli besar dan ternama.
  • Merupakan website dari showroom ternama.
  • Menggunakan domain berbayar yang sudah dijalankan dalam waktu cukup lama.
  • Sudah memiliki beberapa transaksi yang mencerminkan konsistensi laman tersebut.
  • Menampilkan informasi mengenai kontak dan lokasi yang bisa dihubungi secara langsung untuk menanyakan kondisi mobil atau melakukan cek langsung.
  • Memiliki riwayat penjualan yang baik dengan bukti adanya testimoni positif dari para customer sebelumnya.

Meski barang yang dijual sangatlah mewah dan mahal, namun internet memang terbukti bisa digunakan untuk melakukan promosi dengan lebih efektif. Saat ini jual beli mobil baik bekas atau baru menjadi semakin meningkat melalui dunia maya karena bisa mempertemukan penjual dan pembeli yang berada di lain kota. Selain mobil, property yang lebih mahal dan besarpun juga bisa Anda temukan dijual melalui internet dengan cara yang aman, mudah dan cepat.

 

Ubah Pakaian Bekas Jadi Uang? Simak Tips Berikut ini

Ubah Pakaian Bekas Jadi Uang? Simak Tips Berikut ini

Tanpa sadar, lemari pakaian penuh berbagai macam pakaian milik Anda. Hal tersebut seringkali menimbulkan masalah tersendiri. Tidak jarang Anda menjadi kesulitan menemukan pakaian yang akan dikenakan, atau Anda kebingungan untuk meletakkan pakaian yang baru saja Anda beli. Jika hal serupa terjadi, menyusutkan isi lemari merupakan ide yang bagus. Anda dapat menguangkan pakaian yang sudah tidak Anda pakai, menarik bukan? Mendapat uang dan jalan keluar lemari yang sudah penuh. Namun, Anda tidak bisa menjualnya sembarangan. Menjual pakaian bekas memiliki beberapa aturan yang harus Anda ketahui. Simak syarat dan cara menjual barang tersebut di bawah ini, antara lain:

Ubah Pakaian Bekas Jadi Uang? Simak Tips Berikut ini

Layak pakai

Pisahkan pakaian yang sudah jarang Anda kenakan namun masuk kategori pakaian layak pakai. Pisahkan juga pakaian yang masih layak pakai namun terdapat cacat seperti sobek atau boling.  Pakaian bekas yang dimaksud harus bersih, dalam kondisi masih bagus, atau baru dipakai beberapa kali saja. Semua pakaian yang memenuhi syarat tersebut kemudian pisahkan tersendiri. Hasil pemisahan ini yang nantinya dijual.

Beri harga

Anda tidak bisa memberikan full harga sama seperti saat Anda membeli pakaian tersebut. Berikan harga yang pantas dan seimbang agar cepat laku dan pakaian tersebut tidak merepotkan Anda lagi. Berikan harga paling tidak 50% dari harga pembelian awal untuk pakaian yang telah beberapa kali pakai. Untuk pakaian yang belum pernah dipakai sama sekali, namun Anda tidak membutuhkannya berikan harga 75% hingga 80% dari harga pembelian awal.

Pasarkan online

Online market merupakan cara menjual sederhana dan cepat. Anda tidak perlu membuka lapak sendiri di pasar atau tempat lain. Anda cukup memasang iklan pada media sosial pribadi Anda, atau di jejaring media sosial periklanan atau di berbagai marketplace.

Berikan gambaran jelas

Memberikan deskripsi pakaian bekas anda dengan jelas. Beri foto agar lebih menarik dan mantap. Cantumkan juga harga pakaian dan nomer Anda. Ketika ada seseorang yang berminat dapat langsung menghubungi Anda. Perlu diingat bahwa kejelasan suatu produk penting bagi konsumen sebagai gambaran dan kepercayaan.

Jujur

Jujur dan tidak melebih-lebihkan deskripsi atau dalam mematok harga. Beri deskripsi yang sebenarnya, seperti kekurangan dan kelebihan pakaian Anda. Deskripsi bisa mencantumkan ukuran pakaian, warna asli, bahan, panjang pakaian, lebar pakaian, dan lain sebagainya. Patok harga sewajarnya, jangan melebihkan deskripsi produk kemudian memberinya dengan harga tinggi. Hal demikian dapat mengecewakan pelanggan.

Menarik

Pasarkan dengan kalimat persuasi menarik, namun tetap jujur dan jelas. Katakan kalimat yang bersahabat seperti memanggil “kak” pada para konsumen. Berikan juga testimony dari seseorang yang telah membeli pakaian bekas Anda. Testimony dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan bagi pelanggan.

Ini Dia Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas Supaya Tidak Tertipu

Ini Dia Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas Supaya Tidak Tertipu

Tidak sedikit orang yang kecewa dan menyesal setelah membeli mobil bekas karena merasa tertipu yaitu mobil yang sudah dibeli tersebut tidak dalam kondisi prima sesuai keinginan. Jika Anda termasuk salah satu orang yang sedang akan membeli mobil dengan kondisi second atau bekas pakai, maka harus jeli dan teliti supaya tidak menyesal. Memilih mobil second yang berkualitas memang bukan hal mudah. Apalagi saat ini ada banyak sekali cara untuk mengubah tampilan mobil yang sebenarnya buruk agar tampak bagus. Mulai dari mobil yang dijual karena bekas tabrakan, pernah terkena banjir dan dokumen pelengkap yang palsu. Hasilnya banyak pembeli yang merasa kecewa karena sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

 Ini Dia Trik Membeli Mobil Bekas Berkualitas Supaya Tidak Tertipu

Melihat beberapa kasus pembelian mobil second yang kurang memuaskan, berarti Anda harus lebih cerdas saat akan memilih mobil second. Namun sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini ada beberapa cara jitu atau trik membeli mobil dalam kondisi bekas supaya bisa mendapatkan mobil dengan kualitas prima dan bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, antara lain: 

  • Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang banyak ditawarkan oleh para marketing showroom sebelum Anda benar-benar memastikan kondisi mobil dengan teliti.
  • Jangan pernah membeli mobil dalam kondisi bekas ditempat sembarangan, terutama di showroom yang legal dan tidak resmi. Belilah di tempat yang sudah memiliki nama terkenal, karena tempat tersebut biasanya menjual jenis mobil bekas yang lebih terjamin kualitasnya dan sudah dipercaya banyak orang.
  • Pastikan Anda mengecek semua kondisi bodi mobil baik dari bagian dalam maupun luar mobil. Karena mungkin ada bagian-bagian yang sudah diganti, caranya dalah dengan mengecek di google kondisi mobil baru tersebut lalu kemudian bandingkan dengan kondisi mobil second yang dijual.
  • Trik membeli mobil dalam kondisi bekas selanjutnya adalah dengan cara mengecek kondisi mesinnya. Jika Anda tidak memahami tentang teknikal mesin, sebaiknya mengajak orang yang lebih ahli untuk mengecek kondisi mesin mobil tersebut supaya bisa lebih meyakinkan.

Selain beberapa cara di atas, agar bisa mendapatkan mobil second yang berkualitas agar Anda tidak tertipu adalah dengan mengecek kondisi dokumen kendaraan. Saat ini ada banyak sekali dokumen yang dipalsukan, oleh karena itu sebelum melakukan pembayaran Anda bisa memeriksa STNK, BPKB mobil dan surat-surat lainnya dengan memfotocopy semua dokumen tersebut dan mengecek kebenarannya di Polda terdekat.

Itulah trik membeli mobil bekas supaya tidak kecewa dan bisa mendapatkan mobil berkualitas sesuai yang Anda inginkan. Jika mengikuti semua cara di atas dengan benar sudah pasti Anda tidak akan mudah tertipu. Jangan mudah tergiur dengan rayuan marketing showroom sebelum Anda benar-benar memastikan kondisi mobil second yang akan Anda beli.

 

Ternyata Begini Cara Memilih Tempat Jual Beli Mobil Online yang Aman dan Terpercaya

Ternyata Begini Cara Memilih Tempat Jual Beli Mobil Online yang Aman dan Terpercaya

Kemajuan teknologi di era moderen ini semakin memudahkan kehidupan manusia. Salah satunya yaitu dengan adanya dunia internet hampir sebagian urusan manusia dapat dilakukan melalui genggaman tangan saja. Seperti aktifitas belanja online yang belakangan ini sangat populer dikalangan masyarakat. Salah satu toko online yang saat ini sedang banyak dicari oleh banyak orang adalah tempat jual beli mobil online. Hal ini dikarenakan dengan menjual atau membeli mobil di toko online beberapa orang merasa lebih praktis dan tidak harus repot keluar rumah untuk mengunjungi showroom mobil.

 Ternyata Begini Cara Memilih Tempat Jual Beli Mobil Online yang Aman dan Terpercaya

Baik nantinya Anda akan menjual maupun membeli mobil melalui showroom online, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu agar tidak tertipu. Pastikan Anda benar-benar memilih showroom mobil online yang aman dan dapat dipercaya, caranya adalah:

  • Pastikan ada alamat offline yang bisa dikunjungi. Sebuah showroom online yang terpercaya biasanya akan memiliki alamat kantor offline yang jelas dan memperbolehkan setiap customernya apabila ingin mengunjungi tempat tersebut.
  • Pelayanan yang cepat dan transparan. Saat akan menjual maupun membeli mobil di showroom mobil online tentunya Anda akan memiliki banyak pertanyaan yang diajukan ke customer service ditempat yang Anda pilih, pastikan tempat jual beli mobil online tersebut memberikan pelayanan yang cepat dan menjelaskan semua barangnya dengan detail dan dapat Anda pahami.
  • Mendeskripsikan fitur dan spesifikasi mobil secara detail. Showroom mobil online yang terpercaya umumnya akan mendeskripsikan mobil yang mereka jual secara detail, baik melalui gambar atau video yang jelas.
  • Ada layanan test drive. Meskipun Anda akan membeli mobil melalui media online, namun harusnya showroom online tersebut tetap memiliki layanan test drive jika Anda memang sudah mantap dengan pilihan salah satu jenis mobil dan ingin melakukan test drive supaya lebih yakin.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga masih bisa mengetahui apakah showroom mobil online tersebut terpercaya atau tidak dengan cara mengetahui sistem transaksi pembayaran, dari testimoni para customer yang pernah menjual maupun membeli mobil di tempat tersebut. Dan jika pihak showroom online juga berani menggunakan rekening bersama, maka Anda tidak perlu ragu karena hal tersebut menandakan bahwa tempat tersebut memang terpercaya.

Itulah beberapa cara memilih tempat jual beli mobil online yang benar supaya semua transaksi yang telah Anda lakukan aman dan bisa menjual maupun membeli mobil secara online sesuai keinginan. Anda harus berhati-hati setiap melakukan transaksi online karena ada banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan modus penipuan. Oleh karena itu, cara paling jitu untuk memilih showroom online salah satunya adalah dengan memilih tempat yang namanya sudah terkenal dan menjadi langganan juga kepercayaan banyak orang.

 

Kelebihan Mobil Bekas Dibandingkan dengan Mobil Baru

Kelebihan Mobil Bekas Dibandingkan dengan Mobil Baru

Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan ketika Anda ingin membeli kendaraan roda empat. Pasti hal yang akan langsung menjadi pertimbangan adalah apakah sebaiknya membeli mobil baru atau mobil bekas? Bagi Anda yang dananya tidak mencukupi untuk bisa membeli mobil baru, maka mungkin beralih ke mobil yang sudah tidak baru lagi menjadi pilihan berikutnya. Tidak masalah sebenarnya apakah mobil tersebut baru atau tidak. Namun yang jelas, beberapa hal berikut ini mungkin bisa mengubah pandangan Anda bahwa sejatinya mobil yang tidak baru pun juga memberikan banyak keuntungan, di antaranya:

Kelebihan Mobil Bekas Dibandingkan dengan Mobil Baru

Mobil Bekas Jauh Lebih Murah 

Alasan utama yang biasanya membuat orang-orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas adalah ditinjau dari segi harga. Biasanya terjadi penyusutan nilai barang yang membuat harga mobil baru terkadang anjlok ketika akan di jual. Tetapi, untuk mobil second, standar penyusutan harga yang mereka miliki akan lebih rendah jika dibanding mobil baru. Sehingga, hal ini menguntungkan Anda ketika akan menjualnya lagi.

Fitur Bagus 

Tentu saja tak menampik bahwa setiap orang memiliki kriteria mobil idamannya masing-masing. Hingga tak heran membuat harga mobil tersebut menjadi sangat mahal. Namun hal yang terjadi justru sebaliknya ketika Anda membeli mobil bekas. Kriteria dan spesifikasinya bisa disesuaikan oleh keinginan Anda, selain itu harganya juga lebih terjangkau. Biasanya setiap tahun, brand-brand mobil ternama pasti selalu meluncuran mobil terbaru dengan fitur-fitur yang lebih keren. Bukankah akan jauh lebih menyenangkan jika Anda bisa mendapatkan mobil-mobil tersebut dengan harga yang miring?

Mudahnya Membeli Mobil Bekas dengan Cara Kredit

Sekarang ini banyak program perbankan yang menawarkan kredit mobil bekas yang bisa didapat dengan cara yang lebih mudah, sehingga Anda bisa mendapatkan kendaraan yang harganya sesuai dengan pinjaman bank. Selain itu, bunga yang dipatok juga lebih rendah dan akan sangat memungkinkan Anda untuk bisa membayar cicilan dengan lebih ringan. Biasanya pembiayaan kredit mobil ini dilakukan per bulan dalam jangka waktu setahun.

Biaya Bulanan 

Tentu saja, dengan adanya mobil baru akan membuat pengeluaran Anda juga ikut bertambah. Belum lagi mobil baru itu pasti membutuhkan premi asuransi yang nilainya jauh lebih mahal. Tidak hanya itu, biasanya mobil keluaran baru wajib memakai bahan bakar non subsidi pemerintah dan pembayaran pajaknya pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan mobil bekas.

Depresiasi Harga

Depresiasi adalah salah satu hal yang tidak begitu disukai oleh para pemilik kendaraan. Namun hal ini tetap harus diterima dengan legowo meskipun tidak bisa diterima. Biasanya, mobil akan mengalami penurunan harga sekitar 15 sampai 25 persen setiap tahunnya setelah lima tahun pertama setelah dibeli. Maka dari itu, itulah yang harus dipertimbangkan ketika ingin membeli mobil baru.

4 Hal yang harus Dicermati ketika Membeli Mobil Bekas

4 Hal yang harus Dicermati ketika Membeli Mobil Bekas

Tentu saja memiliki mobil merupakan impian semua orang. Namun tidak semua orang bisa membeli mobil baru karena terkendala biaya. Hingga akhirnya memilih mobil bekas merupakan solusi yang paling tepat. Namun sebelum membeli mobil yang sudah tak lagi baru tersebut, Anda harus mengecek hal-hal berikut ini untuk mengetahui sejarah penggunaan mobil tersebut.

4 Hal yang harus Dicermati ketika Membeli Mobil Bekas

Bagian Bawah

Anda yang melakukan pengecekan bagian bawah mobil bekas tersebut bisa menempatkan mobil tersebut pada permukaan yang rata. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk memeriksa ban dan bagian bawahnya. Apabila keausan ban tidak rata, itu artinya mobil tersebut tidak lagi bisa berjalan lurus. Tanda-tanda yang dapat dilihat untuk mengetahui sejarah pemakaian mobil tersebut adalah mobil tidak lagi berjalan dengan baik. Tidak hanya bisa melihat kondisi ban, Anda juga melihat kondisi rangka bagian bawah dari mobil tersebut.

Bodi

Biasanya mobil yang pernah mengalami kecelakaan dan juga tabrakan parah, lecetnya sangat sulit dihilangkan atau ditutupi sehingga tidak pernah terjadi apa-apa. Namun jika pemilik lama membawa mobil tersebut ke bengkel yang bisa memodifikasi kepenyokan mobil menjadi sedemikian rupa, sehingga bentuknya bisa terlihat mulus. Tetapi tetap saja, kelemahan dari metode tersebut adalah kesimetrisannya garis-garis lekukannya tidak akan bisa kembali seperti sedia kala. Anda harus teliti untuk bisa menemukan beberapa garis lekukan yang biasanya memiliki arah yang melenceng. Ketika Anda menemukan hal-hal tersebut pada garis-garis mobil, itu artinya mobil bekas yang akan dibeli pernah mengalami benturan di bodinya.

Cat

Hal berikutnya yang harus dicek yaitu cat mobilnya dan perhatikan apakah ada penyok, goresan atau titik-titik karat. Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa melihat perlahan apakah warnanya masih tampak harmonis atau sebaliknya. Apabila mobil tersebut pernah dicat ulang, biasanya warnanya akan tampak berbeda walaupun sangat tipis. Namun jika Anda sulit untuk bisa melihat perbedaannya, maka cek lah kembali permukaan setiap sisi mobil tersebut dari ujung hingga ujung. Anda juga bisa menyapukan jari di sepanjang tepi panel bodi. Apabila menemukan bagian kasar, bisa jadi itu merupakan bekas lakban penutup ketika dicat ulang.

Mesin

Selanjutnya lakukan pengecekan mesin mobil bekas. Anda harus mengamati secara teliti apakah terdapat noda oli atau tidak di bagian blok mesinnya. Jika terdapat kebocoran di bagian tersebut maka itu artinya mobil tersebut akan membutuhkan sebuah perbaikan besar. Oli yang bocor disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada bagian seal oil packing. Kerusakan ini bisa terjadi pada saat diproduksi secara lokal atau original karena perancangannya hanya dikhususkan untuk suhu mesin mobil yang masih normal. Itu artinya mobil sering mengalami overheat ketika digunakan. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan komponen mesin dengan baik.

Ingin Mencoba Membuat Es Kepal Milo yang Sedang Populer? Ini Dia yang Harus Anda Siapkan!

Ingin Mencoba Membuat Es Kepal Milo yang Sedang Populer? Ini Dia yang Harus Anda Siapkan!

Jika berbicara mengenai kuliner, sekarang ini masyarakat Indonesia lebih menunjukkan ketertarikannya pada berbagai jenis kuliner yang memiliki keunikan serta rasa yang begitu nikmat. Meski setiap beberapa waktunya selalu berganti-ganti, namun beberapa makanan pun sempat menjadi sangat populer dan juga diminati hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Contohnya saja baru-baru ini, masyarakat Indonesia sedang tergila-gila dengan makanan manis, dingin nan enak es kepal Milo yang sangat viral di dunia maya tersebut. Meski makanan yang satu ini memang sudah ada dari dulu, namun berkat media sosial makanan ini menjadi viral atau populer kembali. Mungkin sebagian besar dari Anda pasti pernah mencicipi es yang satu ini. Meski terkenal, namun ada beberapa saat dimana Anda merasa sangat sayang jika membelinya padahal membuat makanan yang satu ini sangatlah mudah. Untuk membuatnya sendiri, Anda bisa menyiapkan beberapa hal ini:

Ingin Mencoba Membuat Es Kepal Milo yang Sedang Populer? Ini Dia yang Harus Anda Siapkan!

 

  1. Milo Bubuk

Sesuai dengan namanya, es yang satu ini dibuat dengan menggunakan susu Milo yang masih dalam bentuk bubuk. Hal ini pastinya dapat memberikan rasa manis yang tidak terlupakan oleh setiap penikmatnya. Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, pastikan untuk memiliki bubuknya terlebih dahulu. Anda bisa menuangkan bubuk tersebut sesuai dengan keinginan serta selera Anda. untuk membuatnya cair seperti layaknya fla, maka tambahkan air panas sebanyak tida sendok agar bubuknya meleleh.

 

  1. Es Batu

Karena menjual kesegarannya, tentu Anda harus menggunakan es batu berkualitas agar rasanya semakin terasa lezat. Untuk membuat es kepal Milo yang memang sedang kekinian, Anda bisa menyerut es batu tersebut hingga halus. Jika tidak memiliki serutannya, maka Anda bisa menumbuknya atau menghaluskannya dengan menggunakan blender. Ketika sudah halus, maka masukkan es tersebut pada sebuah wadah plastik dan membuatnya seperti bentuk bola yang padat, kemudian tuangkan Milo yang sudah cair tersebut ke atasnya.

 

  1. Susu Kental Manis

Jika merasa kurang manis, Anda pun dapat menambahkan susu kental manis rasa coklat yang pastinya memiliki rasa yang begitu pas dan cocok dengan rasa Milo tersebut. Tambahkan sesuai dengan selera atau keinginan Anda. Campurkan kental manis dan Milo agar teksturnya lebih sempurna layaknya fla. Tuangkan secara merata sehingga esnya tertutup dengan warna coklatnya. Hal ini sangat penting agar setiap bagian esnya memiliki rasa yang begitu lezat.

 

  1. Topping

Jika hanya merasakan rasa coklat begitu saja pastinya Anda akan merasa bosan atau tidak merasa bervariasi. Untuk membuatnya semakin terlihat cantik dan rasanya pun semakin beragam, maka Anda bisa menambahkan topping sesuai dengan selera. Misalnya, menambahkan mesis, kacang almond, kacang, sprinkle, dan lain sebagainya. Semakin berwarna, maka tampilan es kepal Milo pun akan semakin menarik dan menggugah selera Anda. Pastinya lidah pun akan terpuaskan di tengah cuaca Indonesia yang panas.

 

Lakukan Tips Sukses Berikut Ini Saat Melakukan Belanja Murah Ketika Harbolnas

Lakukan Tips Sukses Berikut Ini Saat Melakukan Belanja Murah Ketika Harbolnas

Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional memang merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu banyak orang agar bisa berbelanja dengan harga yang lebih murah. Pasalnya saat itu berbagai e-commerce atau situs belanja online memberikan penawaran menarik dengan berbagai iming-iming diskon, gratis ongkir, buy one get one, dlsb yang akan sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Mengingat momen seperti ini sangat langka karena diadakan setidaknya setahun sekali. Umumnya ibu-ibu rumah tangga sangat menantikan momen belanja murah saat harbolnas demi bisa mencukupi kebutuhan keluarga tanpa harus menghabiskan banyak uang.

 Lakukan Tips Sukses Berikut Ini Saat Melakukan Belanja Murah Ketika Harbolnas

Harbolnas cukup dinanti banyak orang, sehingga Anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar tidak kehabisan barang-barang dan kebutuhan lainnya yang diinginkan. Agar sukses dan mendapatkan barang dengan harga yang murah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ini tips-tipsnya:

  • Koneksi internet yang stabil.

Berburu belanjaan secara online mewajibkan Anda harus terkoneksi dengan internet. Agar tidak kalah saing dengan pembeli lainnya, maka koneksi internet yang stabil sangat Anda perlukan. Sehingga Anda tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk loading browser.

  • Cek flash sale dari tiap-tiap toko online.

Beberapa toko online memang terkadang mengadakan flash sale secara dadakan. Untuk itu Anda bisa melakukan refresh browser setiap jamnya. Anda bisa membuat browser pada laptop atau perangkat Anda khusus untuk membuka tab berisi semua toko online. Sangat disarankan Anda membuka halaman khusus harbolnas dari tiap-tiap e-commerce.

  • Melihat review terlebih dahulu.

Melakukan belanja murah saat harbolnas tidak boleh Anda lakukan dengan sembarangan. Untuk menghindari Anda tertipu saat berbelanja secara online, cek kembali rating dan review toko online yang bersangkutan. Jika cukup meragukan, sebaiknya Anda berpindah ke penjual lainnya yang memiliki barang yang sama dengan yang Anda incar.

  • Teliti saat memilih sistem pembayaran.

Beberapa toko ada yang memberikan diskon tambahan untuk sistem pembayaran tertentu. Seperti diskon tambahan jika membayar dengan menggunakan kartu kredit bank tertentu, dlsb. Anda bisa memanfaatkan hal ini agar mendapatkan barang dengan lebih terjangkau.

  • Memilih logistik yang tepat.

Berbelanja secara online tentu akan bersangkutan secara langsung dengan urusan logistik. Salah satu yang cukup mengganggu adalah ongkos kirim. Agar barang yang Anda beli tidak terlampau mahal setelah ditotal dengan ongkos kirim yang dibebankan, maka Anda bisa memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang tepat dan terjangkau. Namun perlu diperhatikan, jangan karena terpancang dengan harga murah Anda mengabaikan kualitas pelayanannya. Pastikan pelayanannya bagus terlebih dahulu baru pertimbangan harga.

  • Simpan bukti transaksi.

Untuk mengantisipasi hal buruk saat belanja murah ketika harbolnas, sebaiknya simpan bukti transaksi, seperti bukti transfer dan history percakapan dari mulai awal hingga akhirnya deal transaksi.

Ini Dia Kiat Belanja Murah untuk Keperluan Sehari-hari

Ini Dia Kiat Belanja Murah untuk Keperluan Sehari-hari

Dalam menjalani kehidupannya, manusia memerlukan banyak barang sebagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sekunder. Kebutuhan manusia juga tergantung dari tingkat sosial yang dimiliki orang tersebut. Umumnya semakin tinggi derajat dan status ekonomi seseorang maka semakin besar pula kebutuhan sehari-harinya. Meski begitu tetap ada kesamaan diantara semua manusia yaitu ingin memenuhi kebutuhan hidup dengan harga yang lebih terjangkau. Baik kelas atas maupun menengah kebawah akan lebih memilih untuk belanja murah dibandingkan dengan harga yang lebih mahal untuk satu produk yang sama. Jika Anda juga termasuk dalam golongan tersebut, berikut ini ada beberapa tips agar bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau.

 Ini Dia Kiat Belanja Murah untuk Keperluan Sehari-hari

Kebutuhan sehari-hari meski pada awalnya terlihat sepele dengan harga yang murah, namun karena selalu dibutuhkan maka jumlah akhirnya bisa tetap besar dan terus membesar seiring dengan bertambahnya usia hingga status sosial. Bahkan jika Anda tak memberikan budget yang membatasi, dana untuk membeli kebutuhan pokok bisa terus membengkak. Meski begitu bukan berarti tak ada cara untuk bisa berhemat dalam memenuhi kebutuhan pokok ini. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau:

  • Waktu belanja.

Waktu berbelanja akan mempengaruhi budget dana yang dibutuhkan untuk berbelanja. Sebaiknya tak sering berbelanja kebutuhan pokok dengan cara membuat list daftar kebutuhan untuk sebulan sekali. Dengan begitu Anda hanya berbelanja dalam jumlah besar di satu waktu tertentu misalnya sebulan sekali. Dengan cara tersebut, Anda bisa membeli kebutuhan dalam jumlah banyak sekaligus yang dapat dihitung dengan harga grosir misalnya sabun mandi sebanyak 6 pack untuk seluruh keluarga.

  • Waktu promo.

Tips belanja murah yang saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat adalah dengan mengikuti waktu promo belanja yang dilakukan oleh berbagai pusat perbelanjaan hingga mini market. Sebuah tempat belanja modern memberikan waktu promosi tertentu dengan harga jual untuk produk tertentu yang jauh lebih murah. Meski begitu, terdapat syarat dan ketentuan yang juga harus Anda perhatikan misalnya batasan pembelian atau syarat lain yang lebih dahulu harus dipenuhi.

  • Belanja di tetangga.

Untuk kebutuhan sehari-hari, Anda juga bisa berbelanja di warung tetangga dengan harga yang lebih terjangkau. Misalnya ketika Anda sudah pergi berbelanja bulanan di pusat perbelanjaan untuk kebutuhan satu bulan, ternyata ada barang yang sudah habis di tengah bulan, maka Anda bisa membelinya di warung tetangga sehingga tak perlu keluar terlalu jauh yang bisa membuat Anda mengeluarkan uang lebih untuk transport. 

Jika menerapkan cara-cara di atas, Anda akan bisa belanja murah bukan hanya untuk kebutuhan sehari-hari namun juga untuk semua kebutuhan rumah tangga ataupun kebutuhan sekolah dan kuliah.