Category Archives: Tips

You are here: Home / Tips
Bor Listrik

Bagian-bagian Mesin Bor Listrik Duduk dan Cara Perawatannya

Mesin bor di jaman sekarang ini bukan hanya dimiliki oleh seorang dengan keahlian pertukangan. Mesin bor bahkan dapat ditemukan di berbagai swalayan untuk keperluan rumah tangga. Dengan inovasi terbaru menggunakan tenaga listrik yang dikenal dengan nama mesin bor listrikkini bukan hanya pria, namun para wanita juga bisa melakukan kerja dengan menggunakan mesin yang satu ini. Membuat gantungan berbagai alat dapur, membuat rak kayu, memasang frame foto, sampai menghasilkan kerajinan-kerajinan yang mempunyai harga jual tinggi dapat dilakukan dengan bantuan mesin bor tangan. Sekarang anda juga bisa memilih beragam peralatan bor di situs jual bor listrik di bukalapak.

Mesin bor adalah satu jenis mesin dengan gerakan memutar sehingga dapat mendorong mata bor untuk membuat lubang pada satu permukaan tertentu. Berbagai jenis media dapat diberi lubang dengan memanfaatkan mesin ini seperti kayu, tembok, besi, plastik dan alumunium. Media yang berbeda-beda mengharuskan mesin bor menggunakan mata bor yang berbeda pula. Terdapat 3 mata bor utama yang dibedakan berdasarkan media pengaplikasiannya yaitu mata bor kayu, tembok dan besi.

Harga Bor Listrik

Dengan menggunakan mata bor yang tepat di semua media tersebut, mesin bor dapat melakukan ketiga fungsinya yaitu:

  1. Pembuatan lubang.
  2. Pembesaran lubang.
  3. Chamfer atau menghilangkan sisi tajam pada benda dengan bentuk silinder.

Agar lebih mengetahui secara spesifik mengenai mesin bor listrik ini, berikut adalah bagian-bagian yang terdapat dalam mesin bor duduk:

  • Base (dudukan)

Sebagai penopang semua beban pada mesin bor. Biasanya dibuat disatukan dengan lantai atau alas. Pemasangan harus kuat agar dapat menahan getaran maupun beban mesin bor dan media yang sedang dikerjakan.

  • Column (tiang)

Berbentuk silinder yang digunakan untuk menyangga bagian pada proses pengeboran.

  • Table (meja)

Bagian ini untuk meletakkan media yang akan dibor. Dapat disesuaikan ketinggiannya dengan tinggi pemakai sehingga lebih nyaman digunakan.

  • Spindle

Bagian yang mencengkeram mata bor.

  • Spindle head

Rumah dari spindle yang digerakkan oleh motor.

  • Drill Feed handle

Handle untuk menurunkan dan menekankan spindle dan mata bor ke media.

  • Kelistrikan

Berupa kabel power dan kabel penghubung juga sakelar untuk mengatur kecepatan.

Sebuah alat kerja diharapkan dapat selalu memberikan performa terbaiknya sehingga tidak menganggu kinerja Anda. Namun tentu saja hal ini dapat tercapai jika alat kerja tersebut diberikan perawatan yang semestinya sehingga tidak mengalami kerusakan maupun berkurangnya efektifitas mesin tersebut.

Demikian juga dengan mesin bor ini, ada beberapa hal dalam proses perawatannya yang harus Anda perhatikan agar kinerjanya selalu prima. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Pelumasan yang rutin dan berkala.
  2. Mesin harus selalu dibersihkan sebelum dan sesudah pemakaian.
  3. Chips harus dibersihkan bila perlu menggunakan kuas.
  4. Olesi mesin dengan cairan anti karat untuk menghindari karat.
  5. Pastikan bor di posisi tegak lurus sebelum memulai proses pengeboran.
  6. Jangan menempatkan alat lain di meja pengeboran.
  7. Hindari memakai pakaian longgar.
  8. Gunakan kacamata atau pelindung mata agar terhindar dari debu atau partikel yang beterbangan.

Mesin bor listrik sebetulnya memiliki berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mulai dari mesin bor tangan yang berbentuk seperti pistol, bor duduk, bor koordinat yang menghasilkan lubang dengan keakuratan posisi, mesin bor lantai atau radial untuk pekerjaan berat, sampai mesin bor tegak untuk media yang lebih besar. Jika Anda membutuhkan mesin bor untuk pekerjaan skala rumah tangga, maka jenis mesin bor duduk dan tangan yang paling sesuai.

Belajar Cara Mengembangkan Produk untuk Usaha Kreatif yang Lebih Baik

Kini semakin banyak orang menjalankan usaha kreatif yang menghasilkan sebuah produk atau jasa yang tidak biasa. Kreatifitas menjadi bekal utama untuk bisa menjalankan usaha jenis ini sebab produk yang sudah ada kemudian dikembangkan. Dalam dunia usaha memang pengembangan perlu bahkan wajib sekali untuk dilakukan demi keberlangsungan usaha itu sendiri. Usahakan untuk terus belajar dan menjadikan produk usaha semakin menarik dan beragam dari waktu ke waktu. Tujuannya tentu saja untuk mampu memenuhi kebutuhan pasar sekaligus menghindari resiko kalah saing.

Bagaimana Cara Mengembangkan Suatu Produk?

Dalam berbisnis langkah awalnya adalah menentukan produk usaha baik di bidang kuliner, busana, dan lain sebagainya. Anda tidak harus menyajikan produk yang sama sekali belum ada sebab dijamin lebih sulit meski kemungkinannya tetap ada. Langkah yang paling mudah adalah melakukan modifikasi sehingga bisa melirik produk usaha yang ditekuni pengusaha lain. Mempelajarinya baru kemudian menambahkan detail tertentu untuk memberikan perbedaan dari produk usaha yang tadi diamati. Perbedaan ini terbilang penting sebab masyarakat cenderung tidak suka dengan produk yang berasal dari aksi tiru-meniru.

Adapun cara untuk mengembangkan produk tersebut tentu beragam maka tidak salah disebut sebagai usaha kreatif. Sebab memang memerlukan kreatifitas, dan cara yang bisa diambil antara lain:

  • Menjadikan suatu produk lebih canggih, misal menjual perangkat MP3 jika pesaing tidak menyediakan layar Anda bisa menambahkannya.
  • Tingkatkan fungsional suatu produk, misalnya saja menjual kerudung yang bisa dijadikan hijab bisa pula dijadikan syal.
  • Berikan layanan yang lebih baik, misalnya jasa laundry yang mau antar jemput orderan.
  • Berikan tampilan yang lebih menarik dan paling simpel melalui kemasan produk dan desainnya.
  • Memilih material atau bahan baku yang berbeda.

Baca Juga: Temukan Ide Usaha Kreatif Terbaru 2017 Disini!

Menciptakan perbedaan tentu tidak bisa asal, perlu melakukan uji coba dulu baru kemudian dinilai secara pribadi untuk kemudian dijadikan produk usaha. Misalnya saja muncul ide untuk membuat burger dengan isian daging rendang. Jangan asal menjual burger rendang, pertimbangkan membuatnya untuk dimakan pribadi dan nilai apakah cocok atau tidak. Riset dan uji coba sangat penting dilakukan untuk menentukan dan menjamin produk usaha Anda memang layak memiliki nilai jual. Jangan sampai terkena komplain bertubi-tubi sebab mengincar kesan kreatif tanpa melirik kualitas dan fungsi.

Membuat ide yang masih segar tentu butuh proses maka jangan menutup diri malah dianjurkan sebaliknya. Saling bertukar pendapat untuk memantapkan ide dan memperoleh masukan agar ide yang dimiliki mudah diaplikasikan. Seringlah jalan-jalan untuk menemukan inspirasi menentukan produk usaha yang bisa dirombak untuk kemudian mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar. Bermimpi tinggi sejak awal memang wajib dimiliki pelaku usaha kreatif supaya semangat untuk meraih mimpi besar tersebut.

 

Cara Kreatif Mengolah Barang Bekas Menjadi Sesuatu yang Bernilai Tinggi  

 

 

Sebagian besar diantara limbah yang Anda temui sekarang ini pastinya adalah sampah-sampah anorganik bukan, misalnya saja plastik, kemudian juga kaleng bekas hingga kain perca. Mereka memiliki kelemahan dibandingkan dengan sampah organik yang mudah diuraikan oleh mikroorganisme yang ada dalam tanah, untuk kemudian menghilang, jenis limbah yang satu ini termasuk paling sulit untuk dihilangkan. Namun sebenarnya ia bisa masuk sebagai modal dalam memulai sebuah bisnis. Barang bekas nyatanya masih memiliki nilai jual.

 

Meskipun jika dilihat tidak sebanyak nilai jual sampah-sampah pada umumnya, di tangan-tangan orang yang kreatif, maka barang-barang semacam, ini bisa laku lebih tinggi hingga nilainya sampai berkali-kali lipat lebih besar jika diberikan sedikit saja sentuhan. Barang bekas sendiri ragamnya memang sangat banyak, untuk lebih tau jenis-jenis mana saja yang bisa diolah kembali menjadi barang serbaguna, maka berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, yaitu:

 

  1. Limbah dari kain, disebut juga sebagai kain perca, limbah yang satu ini umumnya dimanfaatkan dalam beberapa industri, seperti diantaranya adalah pembuatan boneka, sebagai tambahan isi dakron, kemudian ia juga bisa disulap menjadi beberapa barang lain yang juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat, diantaranya adalah hiasan rumah, kemudian juga hiasan rambut dan sejenisnya. Anda bisa mendapatkannya dari beberapa tukang jahit terdekat untuk kemudian diolah kembali.
  2. Botong atau kaleng bekas, kaleng bekas susu misalnya ia juga bisa diubah menjadi hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti diantaranya adakah celengan anak-anak, namun dengan sedikit sentuhan kreatifitas, yaitu dengan melukis gambar-gambar di permukaannya dengan warn-warna yang unik. Harga jualnya bisa jadi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hanya dikumpulkan ke pengepul saja.
  3. Limbah kertas, dibandingkan dengan jenis yang lainnya, limbah ini paling mudah rusak memang, hanya dengan terkena sedikit air ia akan hilang, karena bahan pembuatannya sendiri kebanyakan adalah serta kayu yang termasuk bahan organik. Ia dapat diolah menjadi beberapa jenis kerajinan tangan, jikapun dijual kembali harganya juga sangat mahal, karena banyak industri pabrik yang ingin mengolahnya lagi.
  4. Kemasan bekas produk rumah tangga, sebut saja diantaranya adalah dari kemasan detergen cuci, kemudian sabun atau shampo, bahannya adalah plastik yang kuat dan juga bermotif, sehingga ia dapat dimanfaatkan untuk membuat tas plastik ataupun dompet, barang-barang semacam ini kenyataannya juga banyak dicari di pasaran dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan sekedar limbah yang mengotori.

 

Bagaimana, tertarik untuk mencoba bisnis barang bekas tersebut, dari yang hanya sekedar “sampah” menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Di tangan-tangan orang yang kreatif maka hal ini bisa mengantarkan mereka kepada kesuksesan berbisnis. Bisa dimulai dari modal kecil.

 

Tips Aman Bertransaksi di Bisnis Online Shop

Di era yang sudah modern ini kegiatan bisnis atau dagang tidak hanya tidak hanya dilakukan secara face to face melainkan sudah menggunakan prinsip bisnis Online Shop. Media yang digunakan pun bervariasi, mulai dari Web, blog, aplikasi android semacam Bukalapak, Facebook dsb. Online Shop merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia perdagangan. Pembeli tidak perlu direpotkan untuk mengunjungi toko penjual karena semua bisa lakukan di dalam ruangan anda. Bisnis berbasis online kini sudah menjamur di seluruh dunia. Banyak situs-situs yang berhubungan dengan kegiatan bisnis perdagangan. Berbisnis secara online memang sedang digemari karena pembeli tak perlu repot untuk menjaga stand sehingga kegiatan berdagang bisa dilakukan di mana saja. Keuntungan yang lain yakni penjual tak perlu merogoh kocek banyak untuk dikeluarkan dalam rangka membangun toko di setiap wilayah pasar. Sesuatu yang mempunyai nilai lebih di mata masyarakat pasti akan ada orang orang jahil yang memanfaatkannya untuk bertindak jahat.

Dengan banyaknya bisnis online yang semakin menjamur, tak sedikit pula terdapat beberapa kasus penipuan, seperti kasus yang memnggemparkan negeri ini beberapa waktu lalu, yakni beli Iphone 6 yang malah mendapat sabun, atau ketika pembeli sudah mentransfer sebagian uang ke rekening pemilik tetapi barang tak kunjung dikirim. Maka dari itu artikel ini berusaha memberikan informasi mengenai tips mencari aman di jual beli online.

  • Harga yang pantas. Banyak sekali calon pembeli yang tergiur ketika ada barang dengan harga yang murah. Padahal seharusnya toko yang seperti yang harus dihati-hati. Cara menyikapi hal ini adalah dengan cara mencari referensi harga dari produk yang sama yang sekiranya sedaerah dengan toko yang menjual produk murah tersebut.
  • Kredibilitas Perusahan, toko, individu penjual. Hal pertama kali yang bisa Anda perhatikan ketika melakukan transaksi di internet adalah dengan melihat kredibilitas perusahaan yang bersangkutan. Jika kredibilitasnya bagus, maka Anda bisa lanjutkan transaksi Anda. Anda bisa melihat kredibilitas ini melalui rekomendasi dari banyak orang yang telah menggunakan jasanya atau pernah membeli di sana. Bisa juga dengan melihat review-review yang ada di internet, Anda bisa ketikkan di Google alamat perusahaan yang bersangkutan, kemudian bagaimana respon para reviewer-reviewer tersebut. Perusahaan atau toko yang tidak kredibel terkadang mereka sering mengganti alamat mereka, hal ini untuk mengelabuhi pembeli. Ketika pembeli telah tertipu dan dia melihat alamat toko lantas menghampirinya maka pembeli akan mendapat Zonk karean alamatnya sudah berganti dan fake.
  • Testimonial. Anda bisa melihat tulisan tulisan mengenai testimoni yang terkadang kalian jumpai di kolom komentar (situs blog). Penjual terkadang memajang foto foto percakapan testimony pada sisi situs atau blog. Anda juga bisa bertanya langsung pada forum kaskus atau forum facebook yang berkaitan dengan produk yang akan beli.
  • Pembayaran. Ketika anda sudah menentukan barang yang akan dibeli maka selanjutnya anda akan disuruh untuk melakukan pembayaran. Cara yang lebih aman ketika akan melakukan pembayaran adalah bukan dengan cara mentransfer lewat Bank melainkan dengan cara COD atau Cost On Delivery. Ketika anda tidak bisa COD usahakan meminta tolong kepada teman. Jika toko online tersebut di luar kota, usahakan meminta tolong saudara atau teman atau juga bisa menyewa jasa rekber untuk melakukan pembayaran dan serah barang, dengan begitu (COD) anda bisa melihat (diwakilkan) kondisi barang pembelian dan memastikan bahwa barangnya sesuai.
kompor gas portable

Masak Aman dengan Kompor Gas? Ketahui Tips Berikut Ini

Kompor gas muncul sejak beberapa tahun yang lalu sebagai solusi pengganti kompor minyak. Kehadirannya memberikan banyak sekali manfaat, terutama untuk Ibu rumah tangga yang biasa bertugas memasak di rumah. Selain itu, memasak dengan kompor bertenaga gas ini juga lebih simpel lantaran lebih mudah menyalakannya dibanding kompor minyak yang harus menyalakan api terlebih dahulu dan kemudian memancing api dalam sumbu kompor agar bisa menyala.

Namun belakangan banyak sekali kasus ledakan dari tabung gas kompor yang menyebabkan trauma dan ketakutan tersendiri untuk semua pengguna kompor berbahan bakar gas ini, apalagi korban ledakan dan hilang nyawa bukan hanya sedikit melainkan sangat banyak. Ternyata di balik kemudahan yang diberikan oleh kompor jenis gas, tersimpan juga bahaya di dalamnya. Itulah mengapa para Ibu harus mengetahui cara benar dan aman masak memakai kompor gas ini sehingga segala kemungkinan buruk bisa lebih diminimalisir. Berikut ini beberapa caranya, antara lain:

 

  • Selang dan regulator harus terpasang dengan baik

Selang dan regulator menjadi sebab pertama mengapa banyak sekali ledakan yang terjadi. Untuk itu posisi selang dan juga regulator haruslah terpasang dengan sempurna demi menghindari gas yang bocor dan memicu ledakan. Apabila Anda mendengar suara yang mendesis atau bau gas yang keluar, maka hal ini merupakan pertanda jika regulator belum terpasang dengan tepat. Pastikan untuk menekan tuas pengatur sampai bunyi klik sebelum kompor dinyalakan.

 

  • Posisi kompor dan tabung gas harus benar

Peletakan kompor dan tabung gas juga harus benar sehingga bisa nyaman ketika memasak dan tidak menghambat gas yang akan menjadi sumber tenaga dari kompor. Letakkan kompor dan juga tabung gas di permukaan yang datar dan kokoh sehingga lebih aman dan menghindarkan dari terjatuh. Selain itu, posisi selang juga harus benar agar tidak terjadi kelonggaran regulator.

 

  • Pakai perlengkapan dengan label SNI

Banyak kejadian ledakan dari tabung gas lantaran perlengkapan yang dipakai ternyata tidak berlabel SNI. Label ini padahal sangat penting untuk bisa menjadi penjamin kualitas dari barang perlengkapan kompor seperti regulator, selang dan juga tabung gasnya. Meski harus diakui jika perlengkapan berlabel SNI cukup mahal jika dibandingkan yang tidak, namun keamanan lebih terjaga dan jaminan mutunya lebih tinggi. Selain itu regulator dengan label SNI juga memiliki kemampuan dalam menahan gas dari tabung ketika pemantik dinyalakan sehingga semakin aman.

 

  • Periksa kondisi tabung

Pemeriksaan terhadap kondisi tabung juga perlu dilakukan secara rutin sehingga bisa mengatasi resiko kebocoran sejak dini. Sambungan regulator dengan area mulut tabung juga selang gas kerap menjadi bagian yang paling berpotensi dalam kebocoran sehingga Anda harus mengamati dan memeriksanya.

 

  • Hindarkan tabung dari benda mudah terbakar

Ini juga kerap menjadi alasan mengapa tabung sangat mudah terbakar. Kerapkali kasus ledakan yang menimpa juga karena kompor yang terlalu dekat atau bahkan membuang puntung rokok tak sengaja ke dekat tabung. Hal ini bisa saja menimbulkan adanya percikan api yang memicu ledakan timbul.

 

Anda juga perlu membuat sirkulasi udara yang baik di dapur sehingga gas yang mungkin bocor tidak mudah mengundang api. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan kompor gas portable dan juga tabung nya paling tidak seminggu sekali untuk menjaga kebersihan barang dapur Anda.