Category Archives: Tips

You are here: Home / Tips
5 Resep Sukses yang Wajib Anda Ketahui Jika Ingin Berhasil

5 Resep Sukses yang Wajib Anda Ketahui Jika Ingin Berhasil

Selain modal, keinginan dan niat yang besar adalah hal penting dalam memulai sebuah bisnis. Namun, tentu saja harus disertai dengan skill dan kemampuan yang mumpuni di bidang bisnis itu sendiri. Bagi beberapa orang telah sukses menjalankan sebuah bisnis dan mencapai sejumlah prestasi di dalam hidup mereka mengungkapkan sejumlah pengalaman yang tidak mudah dalam upayanya meraih kesuksesan. Banyak hal yang harus dilakukan dalam resep sukses mereka, mulai dari kerja keras, mengerahkan semua kemampuan hingga melakukan pengorbanan yang tidak biasa agar bisa sampai di puncak kesuksesan.

5 Resep Sukses yang Wajib Anda Ketahui Jika Ingin Berhasil

Semua hal tersebut adalah proses yang sesungguhnya yang harus dilalui, bahwa Anda harus melakukan semua usaha yang paling maksimal dengan kemampuan serta potensi yang ada di dalam diri sendiri. Jika sudah siap mencapai kesuksesan itu, maka mulailah segera mungkin. Berikut ini ada beberapa resep sukses yang perlu Anda ketahui jika ingin mencapai kesuksesan.

Kerahkan Semua Kemampuan Terbaik Anda

Kemampuan dan potensi yang mumpuni di dalam diri Anda harus terus dimaksimalkan agar bermanfaat dan tidak sia-sia belaka. Untuk mencapai kesuksesan, Anda wajib mengerahkan semua kemampuan dan potensi terbaik yang Anda miliki. Tunjukkan siapa dan bagaimana Anda mampu menyelesaikan segala masalah dan kendala yang menghadang Anda dalam menuju puncak kesuksesan agar bisa berhasil dengan baik di waktu yang akan datang.

Mandiri Sejak Awal

Sikap mandiri tidak bisa terlepas dari resep sukses itu sendiri. Dalam mencapai kesuksesan, Anda harus memiliki kemandirian yang ditanam sejak awal. Jangan pernah bermimpi Anda akan menjadi orang sukses jika Anda selalu berupaya untuk tergantung dan mengandalkan orang lain. Hal ini hanya akan membuat langkah Anda mudah menyerah dan bahkan tidak mampu berdiri di atas kaki sendiri. Mulailah bersikap mandiri sejak sekarang sehingga semua mampu dan kesuksesan yang Anda cita-citakan dapat Anda raih dengan rasa percaya diri.

Nikmati Semua Proses Perjalanan dan Perjuangan

Tak ada proses dan perjuangan yang mudah. Kalimat ini merupakan resep sukses yang kerap dikatakan orang-orang sukses. Dalam menuju kesuksesan, Anda akan menemui banyak hal, yang bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Namun, hal ini bisa menjadi sebuah perjalanan yang mudah jika Anda menikmati prosesnya dengan tanpa mengeluh.

Pilih Bidang yang Sesuai dengan Minat dan Skill

Untuk menguasai bidang tertentu, Anda membutuhkan skill dan kemampuan yang mumpuni. Namun, di luar hal tersebut. Anda juga memerlukan minat yang besar pada bidang yang Anda geluti agar nantinya Anda bisa memiliki gairah kerja yang baik serta semangat tinggi untuk berhasil di bidang tersebut. Semua hal ini adalah poin penting dari resep sukses yang harus Anda ingat agar jalan menuju keberhasilan mudah Anda tempuh.

Bersikap Bijak Menghadapi Masalah dan Kegagalan

Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan, namun hanya sedikit yang bisa menyikapinya secara bijak. Sejumlah masalah dan kegagalan hampir selalu menyambangi langkah yang sedang Anda perjuangkan dalam meraih sukses, jadi siapkan diri Anda untuk menghadapi hal-hal seperti ini. Usahakan untuk bersikap bijak dan tenang ketika menghadapi masalah, karena dengan ini Anda akan membantu dalam mengambil keputusan terbaik.

 

Ini Dia 6 Resep Sukses Berkarir Ala Masyarakat Tionghoa

Ini Dia 6 Resep Sukses Berkarir Ala Masyarakat Tionghoa

Setiap orang tentunya ingin sukses dalam hidup, baik itu dalam hal karir di sebuah perusahaan, ataupun mereka yang membangun sebuah usaha atau menjadi bos sendiri. namun tidak semuanya bisa mencapai masa kesuksesan, karena ada banyak sekali batu sandungan yang nantinya akan menghambat. Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa ras seperti diantaranya adalah masyarakat dari China atau keturunan Tionghoa cenderung bisa sukses dalam berkarir maupun berbisnis. Ternyata ada resep sukses mereka.

 Ini Dia 6 Resep Sukses Berkarir Ala Masyarakat Tionghoa

Berikut ini diantaranya rahasianya yang bisa juga untuk Anda coba terapkan, yaitu: 

  1. Menabung dan juga berinvestasi, kebanyakan diantara masyarakat Tionghoa selalu menyisihkan uang mereka untuk ditabung, meskipun jumlahnya tidak begitu banyak. Namun jika dilakukan secara terus menerus, nominal yang tidak begitu banyak tersebut lama kelamaan juga akan terkumpul banyak.
  2. Tidak mempertunjukkan harta lewat penampilan, resep sukses lainnya dari etnis Tionghoa ini adalah mereka tak senang membeli atau menggunakan barang-barang yang mahal. Artinya uang memang bisa dirupakan dalam berbagai macam bentuk, seperti diantaranya adalah atribut fashion atau sandang yang digunakan. Padahal sebenarnya ini sama saja seperti menghambur-hamburkan uang, karena jika sudah berupa produk fashion nantinya tak akan bisa dijual kembali. Berbeda halnya dengan produk investasi yang lainnya.
  3. Belanja barang secara tunai, memang dalam beberapa waktu belakangan ini marak sekali sistem pembayaran yang ditawarkan secara kredit, meskipun menguntungkan, namun harus diperhitungkan juga besaran bunga yang harus ditambahkan untuk membayarnya, agak berbeda dengan pembayaran secara tunai atau kontan, masyarakat China lebih mengutamakan membeli barang secara tunai dibandingkan dengan kredit.
  4. Lebih senang memasak sendiri dibandingkan dengan membeli makanan di rumah makan, tentunya jika diperhitungkan dengan memasak sendiri jatuhnya akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan membeli makanan bukan, apalagi jika jumlah anggota keluarga yang ada di rumah tergolong banyak. Itulah mengapa nantinya mereka tetap bisa menabung meskipun penghasilannya kecil.
  5. Pekerja keras, tak ada keinginan menyerah sebelum mencapai kesuksesan, itulah yang diterapkan dalam diri mereka, bekerja keras dalam berbagai macam bidang, baik itu ketika masih anak sekolah maka harus bekerja keras dalam belajar, begitu juga ketika sudah memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
  6. Tak cukup dengan pekerjaan utama, maka banyak diantaranya yang juga mencari pekerjaan sambilan untuk ditekuni, faktanya memang selain bekerja di sebuah kantor atau perusahaan, maka banyak diantara masyarakat Tionghoa yang juga memiliki pekerjaan lainnya di luar hal tersebut, inilah yang membuat income mereka juga tak bisa dikatakan kecil.

Jadi bagaimana, tertarik untuk menerapkan resep sukses ala masyarakat China ini, mumpung masih mudah Anda bisa mencobanya.

 

Agar Tidak Tertipu, Kenali 4 Ciri Khas Investasi Bodong Ini!

Agar Tidak Tertipu, Kenali 4 Ciri Khas Investasi Bodong Ini!

Tujuan utama melakukan sebuah investasi sebenarnya tak lain adalah ingin memutar harta yang dimiliki sehingga di kemudian hari nantinya bisa meningkat berkali-kali lipat jauh lebih banyak. Hanya saja tak memungkiri jika seandainya investasi ini juga mengandung resiko yang tinggi, nyatanya memang tak semua produknya aman alias menguntungkan, banyak sebagian diantaranya yang justru akan merugikan investor. Seperti yang sudah sering Anda dengar yaitu investasi bodong. Pastinya tak asing dengan nama yang satu ini bukan.

 Agar Tidak Tertipu, Kenali 4 Ciri Khas Investasi Bodong Ini!

Beberapa waktu belakangan jika dilihat memang cukup marak jenis investasi semacam ini, tak jarang juga diantara para investor yang rugi hingga ratusan bahkan milyaran rupiah karena ikut serta di dalamnya. Lalu sebenarnya bagaimana cara untuk mengenali antara produk investasi yang aman dan juga investasi bodong ini?, berikut diantara kriteria yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Imbal atau return yang ditawarkan sangat tinggi atau menggiurkan, sebagian besar diantara masyarakat akan langsung tertarik dengan produk investasi yang ditawarkan, mengingat imbal hasilnya sangat tinggi, namun tahukah Anda tak ada sebenarnya produk investasi yang secara langsung berikan return besar. Mengingat bagaimanapun pelaku investasi juga tak mesti mendapatkan keuntungan, mereka yang rugi juga banyak, lalu uang darimana yang digunakan untuk memberi keuntungan tersebut?.
  2. Produknya mudah dipahami, karena targetnya sendiri adalah masyarakat yang belum terlalu mengerti, maka tak bisa dipungkiri jika seandainya produk yang ditawarkan terlalu mudah dipahami. Tidak seribet investasi pada umumnya, jadi patut untuk dicurigai.
  3. Umumnya produk investasi mereka selalu ditawarkan dengan menggunakan referensi dari toko masyarakat tertentu untuk bisa menggaet masyarakat atau calon investor, maka tak bisa dipungkiri jika seandainya perusahaan investasi semacam ini akan menggaet satu orang tokoh masyarakat tertentu, karena memang nantinya merekalah yang ikut serta di dalam menawarkan produk tersebut dan diberikan imbalan oleh perusahaan, tanpa tau bahwa sebenarnya produk investasi yang ditawarkan ini berbahaya.
  4. Tidak ada penjelasan panjang lebar mengenai resikonya, karena memang pada awalnya ditujukan untuk menggaet investor sebanyak-banyaknya, mereka hanya merincikan keuntungan apa saja yang akan didapatkan, begitu juga dengan tata cara berinvestasi tanpa menerangkan secara jelas kelemahan atau resiko yang mungkin saja terjadi pada masyarakat tersebut karena berinvestasi disana. Jadi berhati-hati.

Untuk itu patut bagi masyarakat berhati-hati dengan tawaran investasi yang tidak jelas, diantaranya adalah mereka yang memberikan return tinggi, modal investasi yang kecil dan biasanya sama sekali tidak menerangkan adanya resiko berinvestasi disana. Investasi bodong ini sendiri kian lama memang kian banyak di Indonesia. Lebih aman cari produk investasi yang sudah jelas untuk pemula, seperti diantaranya adalah properti ataupun emas.

 

Tips Jitu Membuat Logo Perusahaan yang Menarik

Tips Jitu Membuat Logo Perusahaan yang Menarik

Selain merek, logo adalah salah satu hal vital bagi setiap perusahaan yang menjadi perhatian banyak orang. Hal ini dikarenakan logo merupakan identitas dari suatu produk yang dihasilkan. Beberapa logo perusahaan yang sudah mendunia seperti bisnis makanan cepat saji, McDonald’s yang sangat akrab di benak banyak orang.

Tips Jitu Membuat Logo Perusahaan yang Menarik

Logo dari perusahaan ini sangat sederhana namun mudah dikenali masyarakat, yaitu hanya huruf M besar berwarna kuning dengan latar belakang berwarna merah. Mengingat fungsi logo ini sangat penting dalam berdirinya suatu usaha, maka dalam membuat logo sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Berikut ini ada tips yang bisa Anda simak sebelum membuat logo untuk usaha yang sedang Anda rintis.

Logo & Merek Sebaiknya Simple dan Mudah Diingat

Yang perlu Anda ketahui bagi pengusaha pemula adalah logo yang dibutuhkan haruslah merepresentasikan nama besar usaha Anda nantinya sehingga sedapat mungkin pilih desain logo perusahaan Anda yang sederhana namun mudah diingat orang banyak.

Cobalah mencari referensi dari mana saja, misalnya dari televisi, internet, majalah bahkan bisa dilakukan dengan melihat sekeliling mall sembari memperhatikan logo dan merek usah yang lada. Hanya saja tetap perhatikan porsi kemiripan logo yang Anda buat karena jangan sampi logo Anda terlalu mirip dengan logo perusahaan yang sudah populer. Risikonya Anda bisa dilaporkan oleh pemilik logo original atas tindakan pidana plagiarism.

Logo & Merek Sebaiknya Mengandung Filosofi

Setiap merek atau logo perusahaan memiliki filosofi tersendiri dalam pembuatannya. Misalnya saja merek sebuah usaha yang juga mengandung doa atau harapan pendirinya. Atau beberapa orang juga membuat logo untuk menggambarkan sesuatu agar orang yang melihatnya dapat memahami makna yang terkandung dalam logo tersebut. Misalnya, Anda ingin membuka usaha eskrim. Tidak ada salahnya menampilkan gambar es krim dengan ditambah dengan ornament yang menarik sehingga orang akan mengetahui jika produk yang dijual adalah sebuah usaha eskrim.

Setelah ide dan konsep logo perusahaan telah dipikirkan, yang biasanya menjadi kendala adalah membuat desain logo yang benar-benar sempurna dan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Bila tidak bisa membuatnya sendiri, Anda bisa meminta bantuan jasa pembuat desain untuk memvisualisasikan logo yang telah dikonsepkan. Jangan memaksakan diri untuk membuat logo, sekalipun konsep logo yang dipikirkan terbilang rumit.

Jika ingin membuat logo perusahaan yang unik atau logo website namun tidak bisa mengoperasikan Photoshop atau CorelDrawa, Anda bisa menggunakan website Logaster. Dengan website ini Anda akan terbantu dalam membuat logo menarik secara praktis.

Beberapa tips tersebut du atas harus diperhatikan dalam membuat logo perusahaan sehingga usaha yang akan Anda jalankan memiliki identitas identitas kuat. Walaupun demikian, dalam usata Anda tetap harus mengedepankan segi kualitas produk dan layanan sebab logo yang luar biasa akan sia-sia belaka jika produk yang Anda jual tidak se-menarik logo yang Anda buat.

 

Mengulik 4 Manfaat Dibalik Logo Perusahaan yang Perlu Anda Pahami

Mengulik 4 Manfaat Dibalik Logo Perusahaan yang Perlu Anda Pahami

Membuat atau menciptakan logo perusahaan merupakan langkah penting dalam menjalankan bisnis dan baiknya dipikirkan dengan matang. Sebab logo ini akan bertahan untuk kurun waktu yang lama dan nantinya akan menentukan apakah bisnis Anda mudah berjalan atau malah sebaliknya. Logo ini memiliki banyak peran penting sehingga ketika Anda membuka bisnis pastikan menentukan logonya dengan cermat. Tak harus dibuat sendiri karena jasa pembuatan logo semakin banyak sehingga Anda tinggal memakai jasa mereka yang biaya pembuatannya tak selalu mahal.

Mengulik 4 Manfaat Dibalik Logo Perusahaan yang Perlu Anda Pahami

Mengulik Manfaat Logo Bagi Sebuah Perusahaan

Pembuatan logo ini ternyata tak hanya simbol yang menyederhanakan bisnis Anda akan tetapi menghadirkan lebih banyak manfaat. Diantaranya adalah:

  • Mengungkap identitas perusahaan,

Logo ini merupakan identitas dari perusahaan yang Anda rintis dimana nantinya akan ditampilkan di semua atribut perusahaan. Dimulai dari seragam para karyawan sehingga orang yang melihatnya tau mereka bekerja dimana. Begitu pula pada plastik dan kemasan produk yang dibeli konsumen, sehingga ketika menentengnya orang tahu produk tersebut berasal dari perusahaan Anda dan mengundang konsumen lain untuk mencoba berbelanja di tempat Anda.

  • Mengundang pelanggan baru,

Sebuah logo perusahaan ternyata tak hanya menjadi identitas bagi perusahaan Anda akan tetapi juga menjadi bagian dari promosi. Keunikan dari logo ini memungkinkan masyarakat yang melihatnya untuk mengenal dan berusaha kenal dengan perusahaan Anda. Sehingga manfaat menarik dari logo ini salah satunya adalah mengundang pelanggan baru untuk menjadi pelanggan setia. Apalagi jika Anda mampu memuaskan keinginan mereka untuk mendapatkan produk maupun layanan yang kualitasnya baik, sehingga mereka pun tak segan mempromosikan perusahaan Anda ke orang terdekat mereka.

  • Menjadi pembeda dengan kompetitor,

Logo ini juga punya peran unik untuk membuat Anda berbeda dengan kompetitor sehingga mudah diingat dan diketahui oleh masyarakat. Sebuah logo akan mempresentasikan produk yang Anda tawarkan, misalnya saja logo seorang koki untuk bisnis pizza. Tak akan ada restoran pizza lain yang memakai logo serupa dengan logo di perusahaan Anda. Orang cenderung datang ke restoran Anda karena melihat logo yang unik sehingga tertarik mampir, keunikan ini juga mencerminkan keunikan pizza yang dijual.

  • Menggaet minat target pasar,

Pemilihan logo yang bagus, menarik, dan tentunya unik juga mampu menggaet minat pelanggan baru untuk datang ke tempat usaha Anda. Tidak bisa dipungkiri bawah keunikan yang dibawa logo membuat seseorang lebih tertarik mampir ke perusahaan Anda ketimbang ke pesaing. Inilah pentingnya logo yang mampu mempresentasikan produk dan jasa yang Anda suguhkan, sehingga pelanggan sudah bisa menilai kualitas mana yang paling baik diantara kompetitor Anda. Miliki logo perusahaan yang baik dan menarik supaya menjadi media promosi terbaik dan efektif.

Inilah 4 Tips Branding Efektif yang Baiknya Dicoba

Inilah 4 Tips Branding Efektif yang Baiknya Dicoba

Paham tips branding yang baik dan benar akan membantu memperkenalkan produk Anda secara luas tanpa melakukan promosi yang ribet dan aneh-aneh. Teknik branding ini sangat beragam namun tujuannya sama yakni menjaring konsumen sebanyak mungkin. Ragam teknik ini memiliki efek mudah diingat oleh masyarakat sehingga ketika mereka membutuhkan produk atau jasa Anda maka akan langsung menuju lokasi usaha Anda. Tentunya tak sekedar promosi saja sebab yang namanya branding ini kadang memakai beberapa teknik yang berbeda untuk hasil yang optimal.

Inilah 4 Tips Branding Efektif yang Baiknya Dicoba

Cara Melakukan Branding dengan Efektif

Agar teknik branding yang dilakukan memberi hasil yang optimal maka Anda perlu menempuh cara yang baik dan efektif. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba:

  • Selalu memberikan ide inovatif,

Ide segar di bisnis Anda tentunya akan memberikan yang terbaik sehingga pelanggan akan lebih setia dan rutin mampir memakai produk dan jasa Anda. Inovasi ini bisa berupa penambahan item baru di produk yang Anda jual sehingga mencegah kejenuhan konsumen. Misalnya saja Anda membuka bisnis salon kecantikan, tidak ada salahnya menambah varian layanan memakai produk alami untuk khasiat tertentu. Sehingga pelanggan penasaran dengan inovasi baru apa lagi yang Anda sajikan.

  • Memberi jaminan kualitas produk,

Salah satu tips branding yang baik dan efektif adalah dengan memperhatikan kualitas produk sehingga produk tersebut mengandung unsur promosi. Jadi silahkan menjaga kualitas produk dan jasa yang dijual kepada khalayak untuk mendapatkan jaringan pelanggan yang lebih luas. Kualitas produk ini memang sulit untuk dijaga apalagi berkaitan dengan kualitas bahan baku jadi musti jeli. Tidak ada salahnya bekerja sama dengan dua supplier berbeda untuk menjaga kualitas produk dan jasa Anda.

  • Melakukan interaksi dengan pelanggan,

Saat menjalankan bisnis bisa jadi Anda sudah merekrut beberapa karyawan sehingga interaksi dengan pelanggan dilakukan oleh mereka. Mengapa Anda tak mencoba sesekali turun tangan? Memperkenalkan diri Anda selaku owner kepada pelanggan bisa berdampak positif bagi masa depan bisnis Anda. Termasuk pula dalam teknik branding sebab interaksi Anda langsung dengan pelanggan akan membekas di ingatan mereka, bahkan memberi kesan Anda pemilik bisnis yang ramah pada pelanggan.

  • Memberikan layanan dengan cermat,

Tak hanya kualitas produk yang perlu dijaga dan diperhatikan namun juga kualitas layanan yang diberikan. Sebab memberi layanan terbaik bukan hanya tugas pelaku bisnis di bidang jasa bahkan juga oleh pebisnis produk berfisik. Misalnya saja Anda membuka bisnis jualan bakso, tentu layanan yang ramah dan tanggap dengan permintaan pelanggan akan membuat mereka setia dan suka. Sehingga tak akan berpikir ulang menjadi pelanggan setia Anda sehingga tips branding satu ini wajib untuk dicoba, apalagi tak butuh modal tambahan.

Tips Mencari Ide Startup yang Berpotensi di Indonesia

Tips Mencari Ide Startup yang Berpotensi di Indonesia

Dalam dunia bisnis startup, Anda perlu menemukan inovasi terbaru yang mumpuni dan berpotensi. Oleh sebab itu, ide startup tidak hanya bisa dicari, melainkan bisa ditemukan. Banyak sekali perusahaan startup yang menawarkan kegiatan-kegiatan ini demi kelangsungan hidupnya di masa yang akan datang. Adapun beberapa tips untuk mencari atau menciptakan ide yang baik, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini.

Tips Mencari Ide Startup yang Berpotensi di Indonesia

  1. Cari masalah yang Anda alami

Perlu Anda ketahui, jika ide startup yang baik adalah ide yang Anda ciptakan dari pengalaman yang dialami sendiri. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba untuk mencari ide dari kegiatan ataupun rutinitas sehari-hari Anda. Sebisa mungkin, Anda jangan terlalu fokus dalam mencari ide tersebut. Coba pikirkan masalah apa yang sedang atau pernah Anda alami, sehingga masalah tersebut bisa menjadi ide yang dapat Anda gunakan. Ditambah lagi, Anda bisa bertanya kepada orang lain untuk meminta tanggapan apakah masalah yang Anda alami juga kerap dialami oleh mereka atau tidak. Sehingga, Anda bisa memastikan kebutuhan apa yang cocok untuk startup Anda.

  1. Cari Masalah yang dialami oleh orang lain

Selanjutnya, apabila Anda tidak bisa menemukan masalah dari rutinitas sehari-hari Anda, maka Anda bisa mencoba untuk mencari masalah yang sedang dialami oleh orang lain. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara berdiskusi, berkeliling, bertanya kepada semua orang tentang masalah yang sedang mereka rasakan atau alami. Sebisa mungkin, hindari kegiatan wawancara yang berkesan riset melainkan wawancara yang serupa dengan percakapan biasa atau sehari-hari sehingga mereka dapat lebih terbuka dan jujur.

  1. Cari bisnis yang sedang mengalami kemunduran atau gulung tikar

Anda juga bisa menemukan ide startup melalui bisnis industri yang sedang mengalami penurunan atau hampir gulung tikar. Hal ini dapat menambah peluang bagi produk Anda, karena ada sebagian masyarakat yang akan kehilangan produk atau layanan yang biasa mereka gunakan. Dengan tips yang satu ini, Anda bisa mengambil kesempatan untuk menawarkan produk yang berbeda dengan manfaat yang sama dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tak bertanggung jawab tersebut.

  1. Cari Startup dan teknologi yang sudah berjalan di negara lain

Untuk menemukan ide startup lainnya, Anda juga bisa mencoba memperhatikan startup yang telah berjalan sukses di negara lain. Carilah informasi seputar masalah yang mereka selesaikan, dan juga Anda perlu mencari tahu apakah masalah tersebut juga dialami oleh masyarakat di Indonesia. Namun, Anda juga perlu berwaspada, karena belum tentu layanan atau produk yang sukses di negara lain akan sukses juga di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan teknologi-teknologi baru yang populer di mancanegara, seperti Al, blockchain, printer 3 dimensi.

Reksadana: Investasi yang Menguntungkan dan Mudah

Anda tentu telah mengenal investasi yang dikenal dengan reksadana bukan? Reksadana ialah sekumpulan dana investor yang dikelola oleh seorang manajer investasi untuk nantinya dibelikan saham, obligasi, atau instrument keuangan lainnya yang menguntungkan bagi investor.  Jenis reksadana pun bermacam-macam tergantung pada kebutuhan investor. Saat ini investasi reksadana terbaik di Indonesia dari jenis pasar saham diduduki oleh produk yang dimiliki Millennium Dynamic Equity Fund. Adapun produk yang dikelolanya telah mencapai 43 miliar rupiah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis reksadana yang saat ini cukup dikenal oleh masyarakat antara lain:

  1. Reksadana pasar uang

Reksadana ini seluruhnya ditepatkan pada deposito, SBI, dan obligasi. Reksadana jenis ini memiliki risiko yang lebih rendah dan keuntungan yang rendah juga. Jangka waktu investasinya pun kurang dari 1 tahun.

  1. Reksadana pendapatan tetap

Dananya dialokasikan sebesar 80% ke obligasi dengan potensi keuntungan lebih besar daripada reksadana pasar uang. Jangka waktu investasinya 1—3 tahun.

  1. Reksadana campuran

Alokasi dananya pada berbagai instrumen keuangan. Potensi keuntungannya relatif lebih tinggi dari reksidana pendapatan tetap. Jangka waktu investasinya 3—5 tahun.

  1. Reksadana saham

Alokasi dananya 80% ada pasar modal atau saham. Potensi keuntungannya lebih besar dibanding jenis reksadana lainnya. Meski begitu, risiko yang diimiliki juga jauh lebih besar dengan jangka waktu investasi di atas 5 tahun.

Untuk memilih investasi reksadana, seringkali calon investor merasa kesulitan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti jumlah reksadana yang mencapai 754 dan dikelola ole 73 Manajer Investasi, pemahaman yang kurang karena investasi jenis ini cenderung baru, hingga ketakutan akan keamanan uang yang akan diinvestasikan.

Berdasarkan kendala tersebut, kini hadir produk reksadana online yang menguntungkan secara imbal balik, mudah secara pembelian dan pengelolaan, serta terjamin keamanannya. Bukalapak sebagai salah satu ecommerce terbesar di Indonesia kini ikut berperan dalam bidang finansial. Hal ini ditandai dengan fitur BukaReksa yang dikelolanya sebagai salah satu cara mudah investasi reksadana yang bisa dilakukan secara online melalui reksadana Pasar Uang.

Adapun keuntungan yang bisa didapatkan dari pembelian reksadana melalui BukaReksa milik Bukalapak antara lain:

  1. Minimum dana pembelian Reksadana yang terjangkau

Dengan hanya memiliki saldo sebesar Rp 10.000 pada BukaDompet, Anda sudah bisa memulai investasi Reksadana di BukaReksa. Angka ini tentu saja jauh di bawah rata-rata dana minimum pembelian Reksadana pada umumnya. Hal ini tentu saja memudahkan Anda sebagai investor ataupun investor pemula agar tidak kesulitan dalam mengadakan biaya investasi.

  1. Proses Transaksi Sangat Cepat, Mudah, dan Sederhana

Anda tinggal memilih produk Reksadana yang diinginkan pada laman Bukareksa, kemudian memasukkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelian. Sistem Bukalapak dengan segera akan memverifikasi pembelian reksadana Anda.

  1. Return yang tinggi dan dapat dicairkan kapan saja

Uang yang disimpan dalam Reksadana Pasar Uang akan menghasilkan return yang relatif lebih tinggi daripada Deposito Berjangka. Melalui Bukareksa, Anda bisa mencairkan uang Anda kapan saja tanpa batas waktu jatuh tempo ataupun denda.

  1. Aman dan Minim Resiko

Bukareksa milik Bukalapak diawasi sepenuhnya oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga terjamin keamanannya. Sedangkan pilihan Bukalapak untuk mengalokasikan dana pada reksadana Pasar Uang  adalah pilihan yang tepat dan sangat aman sehingga memiliki resiko yang rendah dibandingkan produk investasi langsung seperti saham dan obligasi.

  1. Tidak ada biaya transaksi

Anda bisa melakukan pembelian dan penjualan produk Reksa Dana Pasar Uang kapan saja tanpa dikenakan biaya transaksi.

Mudah bukan?

Cara Membeli Tiket untuk Konser

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan setiap orang untuk melakukan refreshing di sela-sela aktivitas mereka yang padat. Salah satunya adalah dengan menonton pertunjukan musik atau konser musik dari penyanyi atau band favoritnya. Syarat utama menonton konser tentunya adalah tiket. Ya, kecuali digratiskan oleh artisnya (yang sayangnya jarang sekali terjadi), kamu tentu saja harus membeli tiket konser terlebih dahulu sebelum datang ke lokasi konser.

Lalu, di mana sajakah tempat atau agen yang menjual tiket konser? Bagaimana caranya agar kita dapat mendapatkan tiket konser tersebut?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membeli tiket konser dengan mudah. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah jangan mudah percaya dengan calo tiket. Waspadalah, karena penipuan yang berkedok menjual tiket konser bisa tersebar di mana-mana!

1. Carilah Informasi Penjualan Tiket

Untuk mencari informasi penjualan tiket konser ini dapat dilakukan dengan muda. Kamu dapat mencari informasi tersebut di internet, akun media sosial sang artis, situs penyelenggara konser, hingga agen resmi yang menjual tiket tersebut. Informasi tentang jadwal dan pemesanan tiket konser biasanya diumumkan pada situs-situs tersebut.

Beberapa agen resmi online yang biasa menjual tiket konser, antara lain, www.bukalapak.com dan tiket.com. Penyelenggara konser biasanya bekerja sama dengan beberapa agen online tersebut untuk memudahkan penggemar memesan tiket.

2. Carilah Harga Tiket yang Murah

Jika kamu terus memantau situs-situs internet atau akun media sosial artis idola kamu, biasanya terdapat pengumuman mengenai penjualan tiket secara presale. Ketika kamu melihat pengumuman tersebut, segeralah memesannya karena biasanya harga tiket tersebut akan lebih murah. Pemesanan tiket presale tersebut dapat kamu lakukan secara online maupun menelepon langsung pada nomor penyelenggara yang tertera pada pengumuman tersebut.

3. Periksa dan Pilihlah Tempat Duduk yang Strategis

Ketika konser, tentunya seseorang ingin melihat idolanya secara dekat dan jelas. Kunci untuk mewujudkan keinginan tersebut adalah dengan memilih tempat duduk yang stategis. Pemilihan tempat duduk yang strategis tersebut dapat kamu lakukan ketika memesan tiket konser. Oleh sebab itu, sebelum kamu memesan tiket, periksalah terlebih dahulu bahwa tempat duduk yang dipesan terletak pada lokasi yang strategis.

xdesigns.net

4. Konfirmasi Tiket

Setelah melakukan pembayaran tiket dengan transfer, pastikan bahwa kamu sudah memperoleh voucher langsung di email, yang selanjutnya dapat ditukarkan dengan tiket fisik konser tersebut. Penukaran tiket fisik tersebut biasanya dapat dilakukan 2 hari sebelum konser berlangsung.

5. Hindari Mencari dan Memesan Tiket di Waktu “Mepet”

Salah satu penyebab munculnya penipuan penjualan tiket konser adalah banyaknya pembeli yang mencari atau memesan tiket dalam waktu yang dekat dengan hari berlangsungnya konser.

Seseorang yang mencari tiket konser di hari yang “mepet” biasanya tidak akan berhasil karena kehabisan tiket. Banyak konser bahkan punya rekor penjualan tiket yang baik. Hanya dalam hitungan menit, tiket yang tersedia ludes! Kondisi inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh calo atau agen tiket palsu yang menawarkan tiket dengan harga yang murah atau mungkin juga dimahalkan.

Selain membeli tiket dengan cara online, kamu juga dapat membeli tiket secara langsung. Caranya adalah dengan mendatangi lokasi ticket box yang disediakan oleh penyelenggara. Berikut adalah cara memesan tiket secara langsung.

Sebelum membeli tiket konser secara langsung, hal yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi mengenai lokasi ticket box yang disediakan oleh pihak penyelenggara. Carilah lokasi ticket box tersebut, kemudian datangi.

tripadvisor.com

Jika kamu asing dengan alamat penjual tiket tersebut, cek terlebih dahulu atau validasi terlebih dahulu alamat dan nomor telepon si penjual tiket tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penipuan penjualan tiket secara langsung.

Setelah kamu mendapatkan alamat penjual tiket tersebut, datangilah dan jangan lupa membawa uang. Untuk menghindari antrean yang panjang, datanglah ke lokasi lebih awal.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membeli tiket konser penyanyi atau musisi idola kamu.

Ngomongin tiket konser musik, pernahkah kamu bayangkan tentang betapa meriahnya musik kita ketika berbagai genre musik disatukan dalam sebuah pentas musik yang spektakuler?

Kalau kamu penasaran, datengin aja Synchronize Fest 2018 Bukalapak! Hajatan musik asyik se-Indonesia ini digelar tanggal 5—7 Oktober 2018 bertempat di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Di Synchronize Fest 2018 Bukalapak, jagoan-jagoan musik Indonesia dari berbagai genre bakalan unjuk gigi, memberi pesan kuat perihal kualitas musik Indonesia yang semakin mumpuni.

Karena itu, jangan sampai kehabisan tiket Synchronize Fest 2018 Bukalapak, ya. Nyesel kalo kehabisan!

Selamat menonton konser dan selalu waspada dengan hal-hal di sekitar kamu.

 

5 Alasan Investasi Saham Masih Banyak Dipilih Masyarakat Saat Ini

5 Alasan Investasi Saham Masih Banyak Dipilih Masyarakat Saat Ini

Investasi adalah langkah terbaik yang bisa Anda ambil untuk memutar harta atau keuangan sehingga kedepannya bisa jadi lebih baik. Faktanya memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya sumber pemasukan sehari-hari saja terkadang tak cukup untuk keluarga, sehingga harus ada cara lain untuk meningkatkan income tersebut. Beberapa orang lebih memilih untuk terjun ke investasi saham. Tentu banyak yang tak asing dengan istilah yang satu ini bukan.

 5 Alasan Investasi Saham Masih Banyak Dipilih Masyarakat Saat Ini

Bidang investasi dimana instrumennya adalah saham, investasi yang satu ini pada dasarnya memang kurang cocok dilakukan oleh pemula, karena memang arus perputarannya terbilang sangat cepat, tingkat keuntungan bisa jadi sangat tinggi, namun jika dilihat dari faktor resikonya sendiri juga sebanding tingginya. Namun jika diambil positifnya memang ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan memilih investasi saham tersebut, diantaranya adalah: 

  1. Hasil yang didapatkan tinggi, seperti yang diketahui bahwa pergerakan pasar pada instrumen yang satu ini sangatlah cepat, sehingga jika berbicara mengenai keuntungan yang diterima pastilah juga tinggi. Itulah mengapa mereka yang sukses dalam menjalankan investasi satu ini juga bisa langsung kaya seketika. Apalagi jika yang diinvestasikan adalah saham perusahaan-perusahaan besar.
  2. Liquiditasnya juga tinggi, selain dari segi keuntungan atau return yang didapatkan, maka ketika ingin mencairkan hasil dari investasi tersebut juga terbilang cepat atau mudah. Hanya dalam hitungan menit atau detik saja umumnya uang antara puluhan juta sampai dengan milyaran rupiah bisa langsung Anda cairkan seketika.
  3. Biaya untuk transaksinya juga rendah, tak hanya itu nantinya Anda juga bisa lebih hemat dalam pengeluaran, mengingat fee atau biaya yang harus dikeluarkan saat transaksi berlangsung tidak banyak seperti halnya investasi properti maupun yang lainnya.
  4. Tak jarang juga memungkinkan untuk dapatkan posisi dalam sebuah perusahaan, sebagai orang yang memegang saham tertinggi dalam sebuah perusahaan, maka memungkinkan Anda juga diberikan jabatan pada perusahaan tersebut. Jabatan ini nantinya bisa diambil sendiri atau mungkin dipercayakan kepada orang lain yang lebih berpengalaman terserah Anda.
  5. Ada kepuasan tersendiri, dibandingkan dengan jenis investasi yang lainnya, agaknya dengan berinvestasi pada instrumen saham ini akan memberikan pride lebih. Karena berhasil menjadi pemegang saham pada salah satu perusahaan. sehingga ada nilai kepuasan tersendiri dibandingkan dengan berinvestasi pada instrumen lainnya.

Jadi bagaimana, dengan semua keuntungan tersebut apakah Anda tertarik untuk investasi instrumen saham, namun juga harus diketahui bahwa modal yang dipersiapkan untuk investasi kesini terbilang cukup tinggi dan tidak bisa langsung dilakukan oleh pemula, mengingat resiko yang diambil juga besar. Hanya saja bisa dimulai dari investasi saham yang jenisnya lebih rendah terlebih dahulu.