You are here: Home / Tekno / Mengenal Kelebihan dan Kekurangan dari Gitar Listrik, Si Alat Musik Petik Elektrik
Gitar Elektrik

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan dari Gitar Listrik, Si Alat Musik Petik Elektrik

Gitar ElektrikBagi para pemerhati dan pecinta musik, mungkin tak akan asing dengan alat musik petik yang satu ini. Ya, gitar listrik. Gitar canggih yang disebut juga dengan istilah gitar elektrik ini adalah alat musik jenis gitar yang mempergunakan media pickup yang menghasilkan arus listrik sehingga mengeluarkan getaran suara atau bunyi dari senar atau dawai (string). Arus listrik yang menghasilkan bunyi tersebut akan dikuatkan dengan memakai perangkat amplifier dan juga loud speaker. Dan terkadang arus suara yang dihasilkan pickup dirubah secara elektronik melalui efek-efek gitar sebagai bentuk reverb atau distorsi.

Gitar listrik awalnya digunakan oleh para pemain musik aliran jazz di kisaran tahun 1930 an yang mempergunakan amplifier gitar model hollow bodied untuk bisa memperoleh bunyi yang jauh lebih besar dibanding gitar konvensional. Dan di masa kebangkitan banyak grup band besar di tahun 1940 an, Kebutuhan terhadap gitar dengan suara yang sangat powerful semakin besar lagi. Hingga kini, beragam genre musik kerap memanfaatkan dan menggunakan gitar elektrik sebagai salah satu alat musik andalannya, mulai dari aliran musik jazz, R&B, blues, rock, heavy metal, reggae, pop, alternative, balad, country, punk, dangdut modern dan banyak lagi aliran musik baru lainnya.

Bila melihat dari banyaknya ragam jenis genre musik yang mengandalkan kepiawaian gitarisnya memainkan jenis gitar elektrik, maka dapat dipastikan ada banyak keunggulan yang diberikan oleh jenis gitar terbaru ini bila dibanding produk gitar konvensional atau gitar akustik. Berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh jenis gitar bertenaga listrik, yaitu:

• Jenis gitar elektrik memiliki suara yang sangat powerful dan ditambah dengan banyaknya efek-efek bunyi seperti reverb, distorsi, delay, dan banyak lagi efek lainnya yang bisa memperkaya dan menambah kemampuan berkreasi para pemain musik genre terbaru.

• Jenis gitar ini lebih mudah dimainkan karena bagian fret atau fingerboard-nya berukuran kecil dan tipis serta ukuran dawai atau string yang jauh lebih halus dari senar gitar biasa. Selain itu jumlah fret-nya juga jauh lebih banyak dibanding gitar akustik sehingga jangkauan nadanya jauh lebih luas dan eksplorasi bunyinya juga lebih beragam.

• Hasil suara gitar elektrik bisa diubah-ubah dengan mudah dan fleksibel sesuai kebutuhan genre musik yang menggunakannya karena jenis gitar ini memiliki teknik yang jauh lebih atraktif dan terus berkembang sesuai kemajuan teknologi dan perkembangan dunia seni.

Namun tentunya diantara keunggulan yang dimiliki gitar elektrik, terdapat pula beberapa kelemahan yang dimilikinya. Di antara kelemahan gitar bertenaga listrik adalah:

• Gitar ini lebih menuntut persiapan sebelum siap dipakai, misalnya harus mempersiapkan kelengkapan amplifier, dan juga perangkat pelengkap lainnya yang membuat gitar elektrik ini baru bisa digunakan. Jenis alat musik ini pada umumnya sangat membutuhkan banyak perangkat tambahan yang bisa membuatnya menghasilkan bunyi yang baik. Dan tanpa bantuan alat-alat ini, gitar elektrik tidak akan mampu menghasilkan bunyi yang diharapkan.

• Banyaknya jenis efek suara yang dimiliki jenis gitar elektrik membuat suara gitar jadi tak lagi terdengar natural dan tidak lagi berbunyi layaknya suara gitar.

• Karena banyaknya perangkat yang harus disiapkan untuk membuat gitar listrik ini bisa digunakan dengan optimal, maka harga dari alat musik petik elektrik ini beserta perangkat-perangkat pendukungnya tentunya jadi sangat mahal bila dibandingkan dengan jenis gitar konvensional atau akustik. Sumber BebasBaca semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *