You are here: Home / Tekno / GPS Tracker untuk GPS Mobil
GPS Mobil

GPS Tracker untuk GPS Mobil

Info bisnis menarik – GPS atau global positioning system merupakan salah satu teknologi yang menggunakan kemampuan satelit untuk dapat menentukan lokasi yang ada di seluruh dunia. Dengan kemampuan tersebut, seseorang akan dapat mengetahui lokasi atau posisi suatu tempat atau suatu barang. Salah satu keuntungannya adalah untuk mengetahui lokasi mobil terutama ketika digunakan sebagai mobil sewaan. Penggunaan GPS mobil sangat berguna untuk mengurangi adanya pencurian mobil ketika mobil disewa atau digunakan oleh seseorang.

Alat yang dapat digunakan atau dipasangkan di mobil adalah GPS Tracker. Disebut juga dengan GPS Tracking merupakan teknologi yang menggunakan sistem Automated Vehicle Locater atau AVL sehingga memungkinkan penggunanya untuk melacak posisi kendaraan, tidak hanya untuk mobil namun untuk semua jenis kendaraan. Alat ini memanfaatkan kombinasi antara teknologi GSM (Global system for mobile communication) dan GPS untuk dapat menentukan koordinat dari suatu objek dan kemudian menerjemahkannya ke bentuk peta digital sehingga dapat dicek dengan menggunakan perangkat mobile.

GPS Mobil

GPS Mobil

Untuk melacak GPS mobil yang telah terpasang di dalamnya, terdapat 2 macam cara yaitu:

  • Dengan menggunakan web yang akan ditampilkan ke dalam bentuk peta wilayah sehingga Anda dapat mengetahui rute dari mobil tersebut dalam waktu 1 bulan. Tidak hanya rute namun juga tempat pemberhentian yang digunakan. Penggunaan fungsi dilakukan setelah registrasi terlebih dahulu.
  • Menggunakan SMS dengan cara pengiriman kode perintah ke nomor GSP di GPS Tracker. Terdapat 2 format yang digunakan yaitu GPS akan membalas langsung di mobile dengan bentuk peta atau GPS akan membalas dengan menggunakan bentuk koordinat, status satelit terkoneksi atau tidak dan kecepatan. Mobile atau ponsel yang dipergunakan untuk mengetahui letak atau pelacakan harus ponsel yang dapat terhubung dengan jaringan internet.

Cara tracking alat ini yaitu kendaraan dengan GPS Tracking akan mengirimkan sinyal dan diterima oleh satelit GPS. Setelah itu akan dihasilkan titik koordinat dan data dari koordinat tersebut dikirim lewat GSM/GPRS untuk disampaikan ke server atau pusat data dan akhirnya disimpan. Hasil penyimpanan ini akan dilihat oleh pengguna yang menggunakan GPS Tracker pada kendaraannya dengan menggunakan mobile.

GPS Tracker yang dipasang sebagai GPS mobil ini memiliki fitur yang lebih inovatif, yaitu:

  • Fitur untuk melakukan penyadapan terhadap pembicaraan yang terjadi di mobil. Fitur ini dapat dipergunakan ketika mobil yang dikendarai mengalami kecelakaan atau terlibat dalam suatu kejadian yang membutuhkan bukti pembicaraan.
  • Kemampuan untuk mematikan mesin dari jarak yang jauh.
  • Fitur untuk melihat aktivitas yang sedang berlangsung dengan menggunakan kamera yang terhubung langsung ke GPS Tracker.
  • Geo-Fence untuk membatasi wilayah kendaraan ketika digunakan untuk melakukan perjalanan.
  • Real time alert untuk mengetahui posisi jalan, kecepatan, kondisi aki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *