You are here: Home / Online Shop / Transaksi COD yang Terkendala Jarak

Transaksi COD yang Terkendala Jarak

2.1Maraknya penipuan online membuat banyak calon pembeli merasa tidak aman jika membelanjakan uangnya melalui cara maya. Hal tersebut membuat beberapa situs belanja daring (online) mulai memberikan beberapa solusi untuk tetap belanja, namun dengan cara yang lebih aman dan terjamin.

Di Kaskus misalnya, situs yang dulunya berasal dari situs porno ini menganjurkan para pengguna yang ingin membeli barang untuk menggunakan sistem rekening bersama maupun bertemu langsung dengan penjual. Sayangnya kedua cara ini dianggap kurang efektif oleh para Kaskuser.

Rekening bersama yang ada di Kaskus, bukanlah fasilitas resmi dari situs yang memopulerkan panggilan “agan” ini, melainkan fasilitas dari sesama pengguna Kaskus yang memungkinkan adanya konflik kepentingan, baik terhadap penjual maupun pembeli. Sedangkan cara bertemu langsung dengan penjual, atau yang sering disebut cash on delivery (COD), terbukti cukup efektif karena pembeli bisa melihat barang yang diinginkan di lokasi yang ditentukan sebelumnya.

Namun, lagi-lagi COD terbukti menemui sejumlah kendala. Cara bertransaksi seperti ini mirip dengan transaksi konvensional di tempat perbelanjaan pada umumnya. Hanya tempatnya sesuai kesepakatan pihak penjual dan calon pembeli. Namun, jika keduanya berada di tempat yang terlampau jauh, COD menjadi sulit untuk diimplementasikan. Dalam sebuah kasus, ada penjual dan pembeli yang terpisah kota, provinsi, atau bahkan pulau. Maka, COD hampir mustahil untuk dilakukan, kecuali jika meminta tolong kerabat untuk mewakilkan.

Hingga saat ini, keasyikkan belanja konvensional memang masih kerap dipilih oleh sebagian orang banyak dengan alasan menghindari penipuan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *