Category Archives: Online Shop

You are here: Home / Online Shop

Keuntungan Memiliki Online Shop Sendiri untuk Berbisnis

Berbicara mengenai internet sebenarnya tak akan terlepas dari pengaruhnya terhadap kemajuan bisnis yang ada di dalam negeri, mengingat internet membuka peluang bagi siapa saja untuk menjalankan usahanya secara lebih luas. Diantaranya adalah dengan membuat sebuah online shop. Istilah toko online ini sendiri tentunya bukan hal yang baru lagi untuk Anda bukan. Sebagian banyak diantara pelaku bisnis online mulai melebar sayapnya untuk menjajaki bisnis secara lebih luas mengandalkan internet.

Bahkan dengan hadirnya internet ini sendiri juga terbuka lapangan untuk menjalankan sebuah bisnis bagi siapa saja, sebut saja diantaranya adalah mereka yang menjalankan bisnis MLM lewat sebuah jejaring sosial atau dengan mengandalkan sebuah market place sebagai tujuan utama untuk menjalankan sebuah bisnis. Hanya saja sepertinya tak cukup mengandalkan jejaring sosial saja jika ingin membangun sebuah bisnis menjadi lebih besar dan menguntungkan, maka agaknya Anda harus memiliki online shop sendiri, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan membangun toko online sendiri, diantaranya adalah:

Baca Juga:Tips Aman Bertransaksi di Bisnis Online Shop

  1. Membuat usaha yang Anda geluti terlihat lebih profesional dan juga terpercaya, bentuk penipuan dalam bisnis online memang bukan hal yang baru lagi di tengah-tengah masyarakat, hal ini menyebabkan banyak diantara konsumen yang kemudian memutuskan untuk berhati-hati dalam belanja online, apalagi lewat situs atau media sosial yang tak jelas. Namun dengan memiliki nama domain toko online sendiri membuatnya terlihat jauh lebih profesional.
  2. Menjamin keamanan, tentunya Anda sendiri pernah diblokir akun media sosial ketika terlalu banyak spam, diantaranya adalah seperti membuat status dalam bentuk promosi secara terus menerus yang postingannya bahkan melebihi batas yang sudah ditentukan, hal ini berpotensi menghentikan bisnis yang tengah digeluti. Namun berbeda dengan memiliki toko sendiri, karena akan jauh lebih aman mengingat Anda yang mengelolanya secara mandiri, tak perlu takut dengan resiko-resiko yang mungkin terjadi.
  3. Mempermudah dalam pengelolaannya, semuanya mengandalkan tangan Anda, bukan menunggu pihak pemilik market place atau penyedia akun media sosial yang melakukannya. Sehingga ingin tampilan seperti apapun pada toko yang dikelola maka bisa diwujudkan secara mudah.
  4. Laporan keuangan juga dilakukan secara otomatis, ketika pelaku bisnis mengandalkan sebuah market place, maka uang tak secara langsung masuk ke rekening Anda, melainkan melalui market place yang bersangkutan, sehingga keuangan tak bisa dikontrol berapa yang sudah masuk dan kapan akan diambil, semuanya sudah lewat prosedur yang ada, berbeda dengan memiliki toko sendiri, keuangan dapat dikontrol secara penuh.

Dengan memiliki online shop juga bisa menjadi langkah branding kepada Anda, mengingat nantinya nama tersebut akan mudah diingat oleh orang banyak, bahkan bisa jadi hingga menjangkau konsumen dari luar negeri atau pasar asing.

 

Memanfaatkan Peluang Usaha Rumahan Tanpa Modal

Siapa yang tidak ingin dirumah menerima gaji? Tentu siapa pun tidak akan menolak untuk hal ini. Siapa yang tidak mau bekerja dirumah, bisa kumpul bersama keluarga tanpa adanya batasan waktu yang diatur. Tentu hal ini hanya ada pada jiwa orang yang memiliki pengetahuan mengenai peluang usaha yang bisa di lakukan untuk menghasilkan uang setiap harinya tanpa harus mengeluarkan modal.

Bagi Anda yang hidup dengan perkembangan teknologi di zaman yang sangat modern ini, tentu bisa melakukan hal apa pun dengan cepat serta dengan simpel. Sehingga dengan begitu, Anda juga membutuhkan pengetahuan yang luas. Sehingga Anda dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini dengan beberapa usaha yang dapat Anda lakukan tanpa harus memikirkan biaya untuk modal.

Berikut beberapa peluang usaha yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda:

  • Menjadi guru les privat.

Jika Anda seorang mahasiswa/ibu rumah tangga yang menguasai dalam hal pelajaran sekolah, maka tidak ada salahnya bila Anda mengisi waktu luang Anda dengan menyalurkan pengetahuan Anda kepada orang-orang yang tentunya sangat membutuhkan jasa Anda. Tentu untuk usaha yang satu ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

  • Reseller.

Bisnis yang ini bisa Anda lakukan secara online, Sehingga Anda tidak perlu membeli barang dari supplier dalam jumlah yang banyak, akan tetapi Anda bisa membeli barang dari supplier setelah ada pembeli yang memesan produk yang Anda jual. Anda hanya cukup memasang gambar produk yang Anda jual.

  • Jasa penerjemah.

Usaha yang ini tidak perlu mengeluarkan modal, akan tetapi usaha ini terbatas, karena tidak semua orang mampu menguasai pada bidang ini.

  • Penulis blogger.

Jika Anda memiliki kesenangan dengan dunia online, maka tidak ada salahnya jika Anda membuka blog sendiri.

Tanpa harus mengeluarkan banyak modal, Anda pun juga bisa menjalankan usaha yang bisa Anda lakukan di rumah. Dimana Anda tidak di ikat dengan peraturan-peraturan yang harus Anda taati, serta selain mendapat uang setiap hari di dalam rumah, Anda pun juga bisa mengurus segala sesuatu yang ada dirumah Anda. Dapat bercengkrama dengan keluarga tanpa harus takut tidak memiliki pemasukan.

Akan tetapi banyak orang yang tidak memiliki kemampuan dalam berbisnis hanya karena mereka berfikir, usaha hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki modal. Perlu Anda ketahui bahwa pernyataan untuk hal itu tidak lah benar. Hanya orang yang niat dan berwawasan luas lah yang mampu memanfaatkan peluang usaha yang ada seiring dengan perkembangan teknologi yang ada pada masa kini. Sehingga jadilah orang yang pandai dalam memanfaatkan situasi perkembangan zaman. Serta dalam memiliki usaha tidak perlu harus di luar rumah. Di dalam rumah pun Anda bisa memulai bisnis.

Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Memilih Kerja Online

Saat ini, internet menjelma tidak hanya sebagai media informasi, hiburan dan komunikasi saja. Namun menjadi sarana menjalankan bisnis. Bagaimana tidak, sekarang bisnis online dijadikan pilihan banyak orang untuk mencari penghasilan atau perkerjaan sampingan. Ada banyak alasan mengapa orang memilih kerja online, diantaranya adalah lebih mudah, praktis dan simple.

Selain itu dari segi keuntungan, bisnis online sangat menjanjikan. Banyak orang-orang sukses yang diawali dengan bisnis di internet. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika menjalankan kerja online, dan hal tersebut menjadi alasan mengapa lebih memilih bisnis online dibandingkan offline.

  • Biayanya Murah

Menjalankan bisnis online biayanya sangat murah, bahkan Anda bisa dengan mudah menghemat budget pengeluaran dengan memilih jenis pekerjaan yang akan dijalani. Namun, yang harus Anda ketahui adalah tidak ada bisnis yang tanpa modal sama sekali. Anda tetap harus berusaha menyediakan modal utama.

Modal utama yang penting menjalankan bisnis ini adalah: perangkat yang digunakan, bisa laptop, komputer atau smartphone. Selain itu pastikan perangkat yang Anda gunakan tersambung dengan koneksi internet.

  • Waktu dan Tempat

Menariknya bisnis online adalah tidak terbatas waktu dan bisa dijalankan di mana saja. Artinya, Anda bisa menjalankan bisnis ini kapanpun, jika Anda memiliki website untuk menjual barang bisa buka 24 jam, namun sebaiknya jika Anda sudah menjalankan bisnis online harus rajin mengecek dan mengontrol media promosi yang digunakan. Jangan sampai ada calon pembeli memesan barang dan Anda dalam posisi off (tidak berada dalam jaringan internet) dan tentu saja calon pembeli bisa kecewa karena menunggu terlalu lama.

Baca Juga:4 Jenis Bisnis Online di Smartphone Android

Karena banyaknya pesaing Anda harus memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satunya menjawab dengan cepat pertanyaan yang diajukan konsumen. Sedangkan dari segi tempat Anda bisa menjalankan bisnis dimanapun. Bisa di rumah, di kampus, di kantor atau pada waktu nongkrong bersama kawan.

  • Bebas Pajak

Apabila Anda memiliki toko konvensional, maka diwajibkan membayar pajak bangunan dan pendapatan. Berbeda dengan bisnis online Anda tidak perlu membayar apapun, walaupun pendapatan Anda yang dihasilkan sudah sangat besar. Mungkin biaya yang harus Anda bayar jika menggunakan jasa sewa hoting dan domain saja.

  • Anda Adalah Bosnya

Menjalankan bisnis online tidak ada istilah karyawan. Anda bisa menjalankan bisnis milik Anda sendiri sesuai dengan keinginan, tanpa ada perintah dari orang lain. Artinya, Anda menjalankan bisnis tanpa memerintah atau diperintah dan semua keputusan adalah keputusan yang dibuat sendiri.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik kerja online? Jika tertarik, cari lebih banyak cara yang tepat memulai bisnis di internet atau pelajari semua hal yang berhubungan dengan dunia internet khususnya bisnis online.

ONLINE SHOP, BISNIS INTERNET YANG MENGGIURKAN

Zamannya sudah zaman internet. Segala hal selalu dikaitkan dengan internet. Dari yang kecil sampai yang tua, kerap berhubungan dengan internet. Sebab internet seperti dunia baru yang memiliki banyak aspek kehidupan yang bisa dilihat, didengar, dan ditiru. Sebegitu hebatnya internet, tidak salah jika ada sebagaian orang memilih untuk membuka bisnis online shop, sebab online shop, bisnis internet yang menggiurkan dan mampu dilakukan semua orang.

Tentu memang bisnis internet dalam online shop dilakukan orang yang memahami dunia internet, tapi seperti yang tadi dikatakan, bahwa siapapun bisa melakukannya. Apalagi kalau melihat perjalanan online shop dari tahun ke tahun, maka tidak salah kalau lantas siapapun ingin membuka online shop untuk memperkenalkan sekaligus menjual apa yang menurut seseorang itu layak untuk dijual.

Karena dikatakan online shop, bisnis internet yang menggiurkan, maka tidak salah juga kalau online shop menjadi patokan seseorang untuk menjadi pebinis handal. Anda tidak percaya? Mulai sekarang, percayalah! Karena memang demikian nyatanya. Ada orang yang dengan hanya membuka online shop, memiliki penghasilan 100 juta! Yang terpenting, ketika Anda menjalankan online shop ini, cara berpikir Anda tetap berada pada posisi pebisnis tangguh.

Tidak mengapa kalau memang Anda kesulitan membuka usaha secara offline. Anda tidak memiliki modal besar untuk menyewa toko. Anda tidak mampu memiliki banyak produk yang harus dipasang di etalase. Meskipun, banyak pula pebisnis yang membuka peluang dengan sebuah perjanjian mutlak, agar Anda bisa terbantu membuka usaha secara offline.

Baca Juga:Lihat di Sini, 3 Manfaat Bisnis Internet

Salah satu yang biasanya dilakukan mereka adalah dengan mengirimkan beberapa produk yang harus dijual. Dari sekian produk yang terjual, baru di akhir bulan Anda setorkan ke mereka berikut laporan penjualannya. Tapi cara ini bukan berarti tidak memiliki resiko. Sebab bagaimanapun cara pebisnis ini melakukan bisnisnya, ada saja beberapa orang yang ternyata dalam pelaksaannya ke luar dari surat perjanjian yang dibuat. Kalau sudah begitu, akan mengacaukan system yang mereka terapkan. Bukan tidak mungkin, cara ini ditutup.

Online shop, bisnis internet yang menggiurkan akhirnya kembali menjadi sorotan yang harus Anda lakukan. Resiko bagi perkembangan bisnis Anda pun kecil, selama Anda berada di track yang benar. Yaitu; fokus berdiri sebagai seorang pebisnis dan melakukan transaksi ketika partner Anda sudah memenuhi kewajibannya terlebih dahulu pada Anda. Kalau system ini berjalan, siapa akan menyangka kalau hanya dengan membuka online shop, Anda bisa menjadi sangat sukses?

Tidak perlu lagi, Anda berpikir lama untuk membuka usaha online shop karena online shop, bisnis internet yang menggiurkan yang pantas untuk Anda mulai. Pilih sosial media yang akan Anda jadikan tempat berkembangnya bisnis online Anda, lalu fokus dan lakukan semaksimal mungkin sebagai seorang pebinis di internet.   

Online Shop Indonesia

Tips Belanja Aman di Online Shop Indonesia

Berbelanja merupakan salah satu kegiatan yang dipilih oleh banyak orang terutama oleh wanita sebagai cara untuk menghilangkan stress atau untuk meringankan pikiran kembali. Banyak toko yang menjadi pilihan untuk berbelanja baik di toko offline ataupun di toko online yang masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Untuk berbelanja di online shop Indonesia, Anda harus berhati-hati karena dunia internet rawan terjadi penipuan dan hacking.

Online Shop Indonesia

Online Shop Indonesia

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama adalah dengan memastikan jika toko online yang hendak Anda kunjungi aman. Anda dapat melihatnya dengan tanda gembok yang ada di sebelah url dari toko online tersebut. Cara lainnya adalah dengan melakukan browsing sendiri ke mesin pencari misalnya di Google. Jika toko online tersebut terpercaya, biasanya akan muncul di halaman pertama pencarian di mesin pencari. Sebaiknya memilih statistik toko online tersebut. Terdapat beberapa cara yaitu:

  • Untuk mengetahui rank, Anda dapat melihatnya berdasarkan pada Google Page rank. Semakin tinggi maka semakin baik.
  • Ranking Alexa yang dibawah 1 juta dan semakin kecil akan semakin baik.

Langkah kedua adalah dengan melihat nomor telepon atau kontak yang dapat dihubungi. Cek terlebih dahulu apakah kontak tersebut mudah untuk dihubungi atau tidak. Jika tidak, sebaiknya tinggalkan online shop Indonesia tersebut karena akan menghambat Anda ketika berbelanja nantinya. Cek juga mengenai ulasan yang diberikan oleh konsumen atau pelanggan terutama untuk toko online baru.

Jangan tergiur dengan mudah mengenai harga murah yang ditawarkan oleh toko online tersebut terutama jika toko online tersebut meminta ID dan juga password Anda tanpa izin. Harga murah yang diberikan oleh online shop diberikan untuk barang yang kurang berkualitas sehingga ketika Anda mendapatkan barang yang Anda minta, Anda akan merasa kecewa karena jumlah uang yang Anda bayarkan tidak sepadan dengan kualitas barang yang diminta. Sehingga, sebelum Anda berbelanja, pastikan terlebih dahulu Anda membaca mengenai informasi dari barang tersebut dan membandingkan dengan harga yang ditawarkan.

Cara selanjutnya untuk berbelanja aman di online shop Indonesia, yaitu:

  • Sebelum Anda berbelanja, pastikan jika Anda telah membaca ketentuan dan peraturan toko tersebut sehingga Anda dapat meminimalisir kerugian Anda kedepannya.
  • Jangan menggunakan komputer umum dan sebaiknya gunakan komputer atau laptop pribadi. Hal tersebut dikarenakan data Anda yang tersimpan terutama untuk nomor kartu kredit, dapat dicuri orang dan dimanfaatkan untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab. Ketika Anda telah selesai bertransaksi, sebaiknya log out dan matikan PC atau laptop Anda.
  • Perhatikan cara pembayaran dan pengiriman yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan.
  • Simpan bukti transaksi sehingga ketika terjadi masalah, Anda dapat memberikan komplain.
Jenis Toko Online

5 Jenis Toko Online yang Memiliki Peluang Besar

Hadirnya internet di tengah masyarakat yang sudah mengalami perkembangan sangat pesat ini menjadi sebuah peluang yang besar. Seperti dengan adanya hadirnya toko online yang dimulai dengan akses internet yang lancar terlebih dahulu. Sebuah toko yang ada di online dan juga akan menawarkan produk-produk tertentu di toko tersebut melalui gambar atau video sekaligus dilengkapi deskripsi harga dan keterangan lainnya. Seperti sebuah toko yang dihandle di balik akses internet dan menjalin komunikasi dengan para pengunjung melalui situs tersebut sesuai dengan media utama yang digunakan untuk membangun toko itu.

Membangun sebuah toko di internet memang mudah sekali, bahkan bisa memilih mulai dari website hingga dari beragam media sosial. Akan tetapi, terdapat beberapa bidang bisnis yang memiliki kesempatan lebih besar dibandingkan yang lain. Memang bisnis via online ini ada banyak pilihannya, akan tetapi perlu diketahui bahwa dari sekian banyak itu ada beberapa diantaranya yang berpeluang besar.

Satu bidang bisnis dengan jenis lainnya ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, yang mana jenis-jenis usaha berpeluang besar sebagai fokus utama dari toko online ialah:

  • Toko baju terutama baju wanita, bisa pula untuk semua, seperti baju couple, baju pria, baju anak-anak, dll.
  • Toko aksesoris wanita, seperti tas, jam tangan, kalung, cincin, dll.
  • Toko buku yang mencakup beragam jenis buku, seperti novel, buku pendidikan, komik, dll.
  • Toko elektronik seperti contohnya ialah toko mobile phone, produk laptop dll.
  • Toko perhiasan, seperti cincin couple, cincin tunangan dan pernikahan, dll.

Masing-masing bidang bisnis tersebut dapat dipilih salah satu dan selanjutnya dapat difokuskan lagi. Dengan begitu usaha yang diberlangsungkan pada toko tersebut lebih fokus dan tentunya bisa lebih lengkap. Seperti semakin spesifik maka akan semakin lengkap untuk penyediaan produk dalam bidang usaha itu. Selanjutnya, Anda dapat mengimbanginya dengan beberapa upaya, seperti:

  • Memahami peluang besar dari bisnis tersebut untuk menyusun program pelaksanaan dari awal hingga marketing.
  • Gunakan media utama sebagai alamat dari toko tersebut secara lengkap, mulai dari website hingga beberapa media sosial seperti pada facebook, twitter, instagram dll.
  • Gunakan bahasa yang ramah dan sopan untuk setiap update data dan respond meskipun para pengunjung hanya bertanya.

Sebuah bidang bisnis yang dijalankan lebih spesifik dan lebih fokus akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Sama halnya dengan pembuatan dan juga pelaksanaan dari toko online tersebut. Hingga pada nantinya Anda bisa membuka bidang usaha dan akan menjadi hasil yang optimal. Sebuah hasil dari pendirian toko yang lancar sekaligus pada pemasaran yang mendukung. Yang mana sebuah bisnis ini akan menghasilkan keuntungan yang pasti dan selalu dapat diandalkan di setiap hari.

Transaksi Online Minim Pembeli Cerdas

16Nikmatnya transaksi online (daring) tak ada duanya. Hanya dengan beberapa langkah mudah dalam menggerakkan jari, makan barang yang Anda pesan akan segera diantar. Sayangnya, kemudahan tersebut ternyata memicu kemalasan di kalangan para pengguna internet yang ingin membeli barang. Dengan kata lain, transaksi online saat ini mulai kekurangan pembeli cerdas.

Cerdas bisa diasosiakan dengan keinginan atau kesediaan untuk belajar, untuk membaca, sebelum melakukan sesuatu. Dalam transaksi online, tentu kesediaan para pembeli untuk membaca aturan penggunaan, termasuk deskripsi barang yang akan dibeli–yang telah disediakan oleh si penjual.

Contoh bagaimana pembeli yang kurang cerdas bisa terlihat di tautan ini
http://www.kaskus.co.id/thread/548ce6db1a99751d298b456a/waspada–dengan-buyer-bernama–h-m-syaiful-hisyam—banyuwangi/1. Di situ terlihat bagaimana seorang pembeli kurang cerdas dalam melakukan transaksi. Padahal, seperti yang bisa dilihat di situ, penjual sudah berbaik hati untuk menerangkan secara detail langkah-langkah penggunaan perangkat yang dibeli. Sayangnya, pembeli terlihat terlalu bodoh untuk menyadari kesalahannya.

Pesan bagi pembeli, mbok ya kalau mau beli sesuatu sebaiknya sudah mengerti cara menggunakannya. Jangan sudah dibongkar, ternyata tidak tertarik lantas mengajukan retur agar uang kembali (refund). Dalam hal ini tentu saja pihak penjual dan Bukalapak dirugikan. Penjual rugi karena barangnya sudah buka segel, namun tak jadi dibeli. Sedangkan citra Bukalapak yang memberantas penipu bisa menurun karena dianggap terlalu melindungi pembeli yang kurang cerdas.

Panduan Bertransaksi di Bukalapak untuk Pembeli

7.2Bukalapak.com dikenal sebagai salah satu situs pasar daring (online marketplace) terbesar di Indonesia. Namun, masih hingga kini masih banyak yang masih ragu untuk bertransaksi di situs bermaskot Billy tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya bagi kalian semua yang ingin bertransaksi di Bukalapak.com untuk membaca beberapa poin di bawah ini untuk terhindar dari upayan penipuan di Bukalapak yang dilakukan oleh oknum penjual nakal.

1.    Cari barang
Kamu yang sudah mendaftar menjadi anggota Bukalapak sudah bisa langsung melakukan transaksi. Langkah pertama adalah mencari barang dengan fitur mesin pencari (search) yang tersedia di Bukalapak. Tidak seperti situs lain, fasilitas search di Bukalapak sangat efektif.

2.    Klik tombol beli
Setelah kamu menemukan barang yang diinginkan, kamu bisa langsung menekan tombol beli. Beberapa penjual kadang masih ada yang memberikan fasilitas nego.

3.    Reviu belanjaan
Sebelum melakukan pembayaran, kamu masih bisa melakukan reviu belanjaan. Mulai dari mengamati ulang deskripsi barang dan detail pengiriman. Semuanya demi kepuasan kamu sendiri.

4.    Lakukan pembayaran
Setelah selesai mereviu belanjaan, kamu bisa melakukan pembayaran dengan beberapa cara. Mulai dengan menggunakan saldo BukaDompet, hingga menggunakan BCA KlikPay, CIMB Clicks, atau Mandiri ClickPay. Oh iya, kamu juga bisa mentransfer langsung ke rekening milik Bukalapak.com. Tenang saja, semua terjamin keamanannya.

5.    Terima barang dan kirim feedback
Setelah kamu terima barang, segera cek kondisi barang tersebut, apakah sesuai dengan harapan kamu ketika membaca deskripsinya di situs Bukalapak.com atau tidak. Jika ya, kamu bisa langsung memberikan umpan balik (feedback) positif yang akan bermanfaat bagi penjual. Penjual kemudian bisa menerima uang dari Bukalapak.com. Namun, jika kamu merasa tidak puas, kamu bisa melakukan retur barang dengan ketentuan yang diberlakukan oleh Bukalapak.com

Transaksi COD yang Terkendala Jarak

2.1Maraknya penipuan online membuat banyak calon pembeli merasa tidak aman jika membelanjakan uangnya melalui cara maya. Hal tersebut membuat beberapa situs belanja daring (online) mulai memberikan beberapa solusi untuk tetap belanja, namun dengan cara yang lebih aman dan terjamin.

Di Kaskus misalnya, situs yang dulunya berasal dari situs porno ini menganjurkan para pengguna yang ingin membeli barang untuk menggunakan sistem rekening bersama maupun bertemu langsung dengan penjual. Sayangnya kedua cara ini dianggap kurang efektif oleh para Kaskuser.

Rekening bersama yang ada di Kaskus, bukanlah fasilitas resmi dari situs yang memopulerkan panggilan “agan” ini, melainkan fasilitas dari sesama pengguna Kaskus yang memungkinkan adanya konflik kepentingan, baik terhadap penjual maupun pembeli. Sedangkan cara bertemu langsung dengan penjual, atau yang sering disebut cash on delivery (COD), terbukti cukup efektif karena pembeli bisa melihat barang yang diinginkan di lokasi yang ditentukan sebelumnya.

Namun, lagi-lagi COD terbukti menemui sejumlah kendala. Cara bertransaksi seperti ini mirip dengan transaksi konvensional di tempat perbelanjaan pada umumnya. Hanya tempatnya sesuai kesepakatan pihak penjual dan calon pembeli. Namun, jika keduanya berada di tempat yang terlampau jauh, COD menjadi sulit untuk diimplementasikan. Dalam sebuah kasus, ada penjual dan pembeli yang terpisah kota, provinsi, atau bahkan pulau. Maka, COD hampir mustahil untuk dilakukan, kecuali jika meminta tolong kerabat untuk mewakilkan.

Hingga saat ini, keasyikkan belanja konvensional memang masih kerap dipilih oleh sebagian orang banyak dengan alasan menghindari penipuan online.

Belanja Online di Tempat yang Tepat

Photo2

e-commerce

Beberapa tahun lalu, banyak orang masih enggan untuk berbelanja melalui sistem transaksi daring (online) dengan alasan keamanan. Kini, perlahan tapi pasti, keengganan itu mulai terkikis dengan sendirinya. Semakin berjalannya waktu, orang-orang semakin yakin untuk melakukan transaksi online.

Hal itu bukan tanpa sebab. Semakin banyaknya situs e-commerce yang menjanjikan keamanan dan kenyamanan transaksi diyakini sebagai salah satu penyebabnya. Yang paling baru adalah sistem escrow atau adanya pihak ketiga untuk menjamin keamanan itu. Salah satu situs yang sukses menerapkan model transaksi tersebut adalah Bukalapak.com, dengan sistem yang mereka sebut BL Payment System.

Keberhasilan BL Payment System terbukti dari jumlah transaksi setiap harinya yang mencapai 500 juta rupiah dan terus meningkat. Hal ini tentu menjadi keberhasilan tersendiri mengingat hal ini akan mengubah budaya belanja masyarakat, secara khusus di Indonesia, dengan cara yang lebih efisien. Mereka yang ingin berbelanja tidak perlu menembus kemacetan untuk mendapatkan barang. Hanya dengan beberapa langkah simpel, barang yang diinginkan akan segera dikirimkan ke alamat tujuan.

Dengan sistem pembayaran ini, Bukalapak.com semakin memantapkan keinginan mereka untuk menjadikan Bukalapak sebagai tempat belanja bebas penipuan online. Selain itu, Bukalapak.com tidak menarik biaya apa pun dari fasilitas BL Payment System ini. Hal ini tentu menjadi nilai plus ketimbang berbelanja di situs lain di mana pembeli sering dibebankan biaya untuk setiap nominal transaksi.