You are here: Home / Olahraga / Sebelum Berenang Lakukan Dulu 4 Persiapan Ini Supaya Aman dan Nyaman

Sebelum Berenang Lakukan Dulu 4 Persiapan Ini Supaya Aman dan Nyaman

Sebelum pergi berenang tentunya tidak asal berangkat saja ke kolam renang, melainkan sudah terlebih dahulu melakukan berbagai persiapan. Aktifitas menceburkan diri ke kolam renang memang bermanfaat baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Akan tetapi jangan asal dilakukan karena olahraga jenis ini juga punya resiko meski tujuan utamanya adalah untuk rekreasi, baik sendiri maupun bersama seluruh keluarga. Anda yang sering memanfaatkan akhir pekan untuk menikmati aktifitas ini baiknya tengok dulu apakah sudah melakukan persiapan dengan benar?

Persiapan Sebelum Menyambangi Kolam Renang

Nah, supaya kegiatan di kolam renang lebih aman sekaligus menyenangkan maka jangan dilakukan tanpa persiapan memadahi. Padahal persiapannya sederhana, dan berikut adalah persiapan tersebut:

Minum air secukupnya,

Kalau merasa masuk ke kolam renang tidak akan membuat tubuh dehidrasi, maka anggapan tersebut baiknya diluruskan karena memang salah. Ketika mengitari kolam renang tubuh bagian dalam tetap membutuhkan asupan cairan dalam jumlah cukup. Kalau sampai dehidrasi di tengah kolam maka ada kemungkinan pingsan dan tenggelam. Maka sebelum melakukan aktifitas ini baiknya penuhi dulu kebutuhan cairan tubuh, supaya aman dan menyenangkan saat terjun ke kolam renang.

Makan terlebih dahulu,

Tanpa persiapan maka aktifitas berenang akan rentan dengan gangguan, terutama gangguan dari kondisi tubuh. Anda yang berencana menikmati aktifitas ini baiknya tidak terlupa untuk makan terlebih dahulu. sebab membantu menyediakan kalori di dalam tubuh yang akan terbakar selama aktifitas tersebut dilakukan. Selain itu aktifitas di dalam air ini juga bisa membuat pelakunya masuk angin karena membiarkan perut kosong. Anda tentu tidak ingin masuk angin bukan? Maka makan dulu sebelum menceburkan diri ke kolam.

Siapkan pakaian renang yang tepat,

Selain kesiapan fisik, Anda pun perlu menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk menikmati aktifitas air tersebut. Salah satunya adalah baju renang, usahakan tidak sekedar memakai kaos oblong atau celana pendek kalau ingin merasa nyaman di dalam kolam. Pakaian renang biasanya terbuat dari jenis bahan khusus yang tahan air, tidak harus membeli yang mahal yang murah asalkan kualitas sesuai standar minimal sudah cukup. Sesuaikan pakaian renang ini dengan lokasi dimana menikmatinya.

Jangan lupa melakukan pemanasan dulu,

Pada saat melakukan aktifitas air ini ada resiko mengalami kejang otot, dan ketika ini terjadi maka menjadi tanda Anda belum melakukan pemanasan sebelumnya. Meski hanya dilakukan dalam beberapa menit kalau tubuh memang masih belum melewati fase pemanasan maka akan rentan cedera. Maka usahakan melakukan peregangan minimal pada tangan, kaki, dan juga paha dan itupun hanya dengan melakukan gerakan sederhana. Kalau sudah dilakukan maka dipastikan aktifitas berenang di kolam ataupun pantai akan terasa menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *