You are here: Home / Mainan / Mainan Tradisional Populer Tahun 90-An yang Kini Mulai Dilupakan

Mainan Tradisional Populer Tahun 90-An yang Kini Mulai Dilupakan

Jika mengenang masa kecil, pasti Anda sangat hafal dengan permainan yang sering Anda lakukan baik di sekolah dan juga di lingkungan rumah. Ya, permainan yang tak mengandalkan teknologi apapun, berpanasan di terik matahari, dan mainan dengan harga yang tak seberapa itu ternyata justru mampu memberikan kebahagiaan lebih dan tak bisa dilupakan. Kini semua mainan tradisional itu seolah sudah mulai terlupakan dengan kehadiran teknologi. Bagi anak yang tumbuh di tahun 90-an, maka pasti akan sangat rindu dengan semua mainan tersebut.

Untuk bisa bernostalgia kembali, berikut ini beberapa mainan yang tradisional dan hampir pasti pernah dimainkan oleh anak tahun 90-an:

  • Bola bekel

Permainan yang satu ini cenderung lebih sering dimainkan oleh anak perempuan, meski memang kadang anak laki-laki pun ikut bermain. Cara memainkannya juga tidak begitu mudah dan butuh latihan. Perlengkapannya adalah bola karet yang mampu memantul dengan ukuran tertentu, dan juga bekel yakni benda kecil yang umumnya terbuat dari besi atau batu pun bisa. Permainannya adalah dengan melempar bola lalu sebelum bola sampai tanah, Anda sudah harus bisa mengambil bekel satu demi satu. Terlihat sederhana, namun ternyata cukup sulit

  • Kelereng

Jika anak perempuan mengandalkan bola bekel, maka anak lelaki lebih suka main gundu atau kelereng. Caranya adalah dengan menyentil kelereng dari jarak tertentu ke kelereng lawan. Yang menang, maka bisa membawa pulang semua kelereng lawan dan yang kalah harus tabah karena besok harus merelakan uang jajan sekolah demi beli kelereng sepulang sekolah agar bisa bermain mainan tradisional ini lagi bersama teman. Menyenangkan bukan?

  • Lompat tali

Siapa yang tak kenal lompat tali? Hingga kini pun mainan ini masih sering dimainkan, meski tidak terlalu banyak. Permainannya pun sederhana karena hanya harus melompati tali karet yang tingginya kian meningkat. Jika kalah atau lompatan tak berhasil, maka pemain harus memegang tali karetnya. Bagi anak yang tidak terlalu tinggi, permainan ini sangatlah menantang.

Simak juga beberapa mainan tradisioanl yang mempunyai kelebihan di banding jaman sekarang. Lihat saja di hobibanget.com

  • Egrang

Egrang adalah dua tongkat panjang dengan bagian tengah diberi pembatas untuk bisa sebagai pijakan pemainnya. Permainan egrang ini juga tidak mudah karena perlu banyak latihan sebelum bisa menaikinya. Anak zaman dulu juga kerapkali tidak membeli egrang, namun membuat sendiri atau dibuatkan oleh orang tua dari bambu.

Itulah beberapa mainan tradisional yang kini mulai banyak dilupakan oleh anak zaman sekarang. Pada dasarnya permainan bukanlah hanya sekedar hiburan dan pengisi waktu saja, namun semua itu juga bagian dari budaya. Namun lebih dari pada itu semua, permainan adalah cara untuk bersenang-senang tanpa harus mengeluarkan banyak uang asalkan bisa tertawa bersama teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *