You are here: Home / Mainan / 4 Kelebihan Mainan Tradisional yang Membuatnya Perlu Dikenalkan ke Anak

4 Kelebihan Mainan Tradisional yang Membuatnya Perlu Dikenalkan ke Anak

Anak-anak di zaman sekarang memang hanya segelintir yang masih mengenal deretan mainan tradisional. Padahal mainan zaman dulu kaya akan kelebihan dan manfaat jika dibandingkan dengan mainan masa kini yang cenderung kurang berfaedah. Meskipun masih ada beberapa produsen mainan anak-anak yang memperhatikan fungsi dari mainan tersebut, sehingga terciptalah mainan edukatif. Kalau melirik harganya tentu lumayan padahal mainan zaman dulu terbilang lebih mudah didapatkan dan tentunya cocok untuk semua kalangan. Bagi orangtua masa kini tidak ada salahnya memperkenalkan mainan Anda sewaktu kecil dulu pada buah hati.

Kelebihan Mainan Zaman Dulu Dibanding Sekarang

Orangtua yang memperkenalkan mainan tempo dulu tentu bisa membantu memperkenalkan adat dan kebudayaan masyarakat pada buah hati. Menariknya mainan ini meski sederhana justru menyediakan lebih banyak kelebihan, seperti:

Mainan dengan harga yang merakyat,

Mainan zaman dulu tidak seperti mainan canggih seperti masa sekarang, dimana harganya bisa jadi lumayan mahal. Tercatat ada beberapa jenis mainan yang bahkan hanya bisa dinikmati anak-anak dari kalangan berada. Tentunya menjadi kondisi yang miris, padahal memperkenalkan mainan zaman dulu membantu orangtua berhemat. Kebanyakan dijual dengan harga murah dan bisa dibuat sendiri di rumah.

Membuat anak aktif bergerak,

Olahraga sejak dini akan membantu si kecil tumbuh sehat dan memiliki tubuh yang bugar, namun mengajak mereka berolahraga tentu lumayan sulit. Akali situasi ini dengan memperkenalkan beberapa jenis mainan tradisional yang memang membuat si kecil bergerak aktif. Misalnya saja kelereng, si kecil tidak akan duduk di satu titik saja namun berkeliling untuk mencari sudut terbaik menembak kelereng tersebut. Bermain pun bagi si kecil akan memberi manfaat olahraga sekaligus.

Membantu anak lebih mudah bersosialisasi,

Kalau Anda mau memperhatikan dan mengingat masa kecil dulu maka akan menyadari kalau mainan zaman dulu lebih komunikatif. Tidak hanya melibatkan satu anak saja melainkan beberapa, paling sedikit butuh dua anak untuk bermain. Entah itu gasing, enggrang, layangan, kelereng, dan lain sebagainya sehingga lebih seru dan mengajak anak bermain sportif. Permainan yang menuntut si kecil berinteraksi dengan teman-temanya membuat mereka pandai bersosialisasi sehingga tidak gagap dalam membentuk empati.

Ramah lingkungan dan tentunya aman,

Semua mainan yang dipakai anak-anak bermain di zaman dulu terbilang jenis mainan yang ramah lingkungan. Umumnya memanfaatkan material yang sudah tidak digunakan lagi di lingkungan sekitar rumah. Anak-anak zaman dulu tidak kenal itu mainan dengan baterai, mainan dengan remote kontrol, dan sejenisnya. Dimana ketika dimainkan akan meninggalkan material sampah yang tidak bisa di daur ulang belum lagi bahaya radiasi. Nah, memperkenalkan mainan tradisional pada si kecil membantu buah hati menikmati mainan yang aman bagi kesehatan dan lingkungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *