You are here: Home / Komputer / Sebelum Anda Jual Komputer, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!
Sebelum Anda Jual Komputer, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Sebelum Anda Jual Komputer, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Saat ini produk komputer mengalami peningkatan dari waktu ke waktu menjadi semakin canggih. Tak jarang karena terpikat dengan produk keluaran terbaru, beberapa orang akhirnya memutuskan untuk menjual komputer yang mereka miliki untuk mendapatkan komputer jenis terbaru. Proses jual komputer memang cukup mudah dilakukan. Asalkan memiliki spesifikasi yang baik serta masih bisa berfungsi secara optimal, maka beberapa orang akan dengan siap sedia membelinya. Namun tahukah Anda, jika menjual komputer kepada orang lain bisa sedikit banyak membahayakan. Terlebih jika Anda memiliki dokumen-dokumen penting di dalamnya.

 Sebelum Anda Jual Komputer, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Seperti yang kita ketahui komputer memiliki memori yang bisa menyimpan data-data digital. Komputer bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan data yang praktis. Tak jarang beberapa orang menggunakannya untuk menyimpan data-data pribadi yang penting. Menyimpan data-data pribadi yang penting di dalam komputer sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan. Pasalnya hal ini akan rentan dicuri orang, baik oleh hacker, saat komputer diperbaiki, atau bahkan saat komputer dijual.

 

Agar resiko data penting pada komputer tidak hilang atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, maka sebelum melakukan proses jual komputer Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini:

Membackup data.

Melakukan back up data merupakan hal wajib yang tidak boleh dilupakan sebelum menjual komputer Anda. Anda bisa membackup data yang Anda miliki dengan mencopy data-data dari komputer dan dimasukkan ke dalam harddisk eksternal. Jika Anda tidak memiliki harddisk eksternal, penyimpanan secara online bisa menjadi solusi. Salah satu situs seperti Dropbox bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan data backup dari komputer Anda.

Baca Juga : Macam-macam Perawatan Komputer yang Bisa Dilakukan Sendiri

Menghapus semua software.

Jika Anda memiliki software berbayar yang terinstall di layar komputer Anda, maka sebelum menjualnya sebaiknya Anda hapus saja. Hal ini untuk menghindari lisensi software yang Anda miliki dipergunakan oleh orang lain atau calon pembeli komputer Anda.

Membersihkan harddisk.

Tak cukup hanya membackup data dari komputer saja, Anda juga harus menghapus folder dan file yang ada pada hardrive. Pasalnya tak sedikit orang yang menyimpan data-data penting di dalam komputer mereka. Jika tidak dimusnahkan, bisa saja akan disalahgunakan oleh orang lain. Anda bisa menghapus isi hardrive secara manual. Cara yang lebih baik lagi Anda bisa menggunakan software untuk me-reset hardrive komputer Anda. Karena jika menghapusnya secara manual, data-data tersebut bisa dibangkitkan kembali dengan mudah.

Menginstal ulang.

Agar komputer benar-benar bersih, lakukan install ulang sebelum dijual. Komputer yang diinstall ulang dengan software yang telah dibersihkan akan membuat kinerja komputer menjadi ringan seperti awal mula. Sehingga pembeli pun akan lebih terkesan untuk membelinya.

Membersihkan komputer.

Agar calon pembeli semakin berminat dengan komputer Anda, sebaiknya bersihkan komputer dari segala debu dan kotoran. Dengan tampilan yang lebih bersih, tidak menutup kemungkinan komputer Anda akan terbeli dengan harga jual komputer yang pantas.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *