You are here: Home / Komputer / Macam-macam Perawatan Komputer yang Bisa Dilakukan Sendiri
Macam-macam Perawatan Komputer

Macam-macam Perawatan Komputer yang Bisa Dilakukan Sendiri

Siapa kini yang tak menggunakan komputer atau laptop untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari? Dari mulai pelajar, mahasiswa hingga pekerja sudah menjadikan laptop dan komputer sebagai senjata untuk mempermudah pekerjaan yang harus dilakukan. Meski digunakan setiap hari dan memberikan manfaat luar biasa terhadap penggunanya, tak semua pemilik komputer mengerti cara perawatan komputer yang benar agar perangkat teknologi mereka tetap bisa bekerja dengan prima. Kebanyakan, pemilik komputer langsung menyerahkan komputer pada ahlinya jika di rasa ada yang salah hingga menyebabkan kendala. Padahal ada beberapa masalah yang bisa dengan mudah diatasi jika sana si pemilik mengetahui cara yang harus dilakukan.

Macam-macam Perawatan Komputer

Macam-macam Perawatan Komputer

Bagi Anda pemilik komputer atau laptop dan tak ingin selalu bergantung dengan teknisi komputer karena bisa mengakibatkan biaya yang mahal dan waktu yang lama, ada baiknya Anda mengetahui apa saja masalah yang bisa ditimbulkan oleh komputer dan cara pencegahan ataupun penanganannya yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini adalah beberapa contohnya yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Komputer menjadi sangat lambat.

Lambatnya komputer sering dialami oleh semua pemilik komputer ketika mereka menggunakan komputer dalam waktu yang lama dan sering. Kebanyakan akan langsung menyerahkan ke teknisi untuk menanganinya. Padahal belum tentu lambatnya komputer Anda dikarenakan hal teknis. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu sebelum membawa ke teknisi komputer antara lain:

 

  1. Membersihkan atau memindahkan data dari drive C, termasuk folder My Document dan Download ke drive lain.
  2. Tidak menginstal sistem operasi atau aplikasi yang terlalu berat untuk jenis spesifikasi komputer Anda. Jika sudah terlanjur, Anda bisa menguninstall beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.
  3. Bersihkan recycle bin secara berkala.
  • Komputer atau laptop sering mati tiba-tiba.

Dalam hal ini perawatan komputer sehari-hari diperlukan khususnya dalam hal kebersihannya. Komputer yang sering mati bisa disebabkan karena prosesor terlalu panas atau kotor sehingga perlu dibersihkan dengan vacuum khusus. Selain itu Anda juga bisa membersihkan Ram komputer yang bisa dengan mudah diambil dari PC box.

  • Keyboard terlepas.

Jika salah satu tuts keyboard terlepas dari laptop, memang sebaiknya langsung di bawa ke teknisi untuk bisa mencegah keyboard lain ikut terlepas. Namun Anda juga bisa menggunakan cara sederhana terlebih dahulu jika belum memiliki budget untuk mereparasinya secara profesional. Gunakan solasi yang ditempelkan di tuts keyboard lain di bagian samping keyboard yang lepas untuk menjaganya tetap pada tempatnya.

Dengan mencoba cara-cara di atas terlebih dahulu, diharapkan Anda sudah bisa melakukan perawatan komputer yang dibutuhkan agar masalah komputer yang ada bisa teratasi tanpa perlu membawa komputer ke teknisi berbayar. Namun jika masalah belum teratasi, ada baiknya laptop atau komputer mendapatkan perawatan langsung dari ahlinya agar segera teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *