You are here: Home / Komputer / Lakukan Perawatan Komputer Berikut Ini Agar Performa Tetap Optimal
Lakukan Perawatan Komputer Berikut Ini Agar Performa Tetap Optimal

Lakukan Perawatan Komputer Berikut Ini Agar Performa Tetap Optimal

Di zaman yang serba modern ini kebutuhan akan komputer sangat meningkat. Komputer sendiri merupakan perangkat serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengerjakan tugas perkantoran, menjalankan program atau sistem, menonton film atau video, browsing, bermain game, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak bisa dipisahkan peranannya ini dari kehidupan sehari-hari manusia. Layaknya perangkat elektronik pada umumnya, melakukan perawatan komputer dengan baik dan benar akan menjaga kinerjanya tetap optimal. Selain itu juga akan membuat komputer awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Lakukan Perawatan Komputer Berikut Ini Agar Performa Tetap Optimal 

Mengingat penggunaannya yang sangat beragam membuat komputer bekerja ekstra daripada biasanya. Untuk itu perawatan rutin tidak boleh Anda tinggalkan. Sehingga komputer selalu dalam keadaan prima dan tetap terjaga performa kerjanya. Menyepelekan perawatannya akan berakibat fatal, mulai dari performanya yang menurun hingga rentan terjadi kerusakan. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips merawat komputer yang bisa Anda lakukan:

  • Defrag harddisk.

Melakukan defrag harddisk berguna untuk menata ulang file-file yang berada di dalam komputer. Sehingga file yang di copy paste atau aplikasi yang diinstall atau dihapus bisa tertata kembali.

  • Uninstall aplikasi.

Jika di dalam komputer Anda terpasang beberapa aplikasi yang jarang terpakai atau tidak terlalu berguna, sebaiknya lakukan uninstall saja. Terlalu banyak aplikasi pada komputer akan membuat sesak ruang penyimpanan komputer Anda. Seperti misalnya jika Anda memiliki beberapa aplikasi browser di perangkat komputer Anda. Sebaiknya uninstall browser yang tidak Anda pakai.

  • Membersihkan system unit.

Perawatan komputer selanjutnya adalah membersihkan system unit atau yang biasa juga disebut dengan CPU. Didalam CPU terdapat pheriperal (processor, RAM, harddisk) yang membuat komputer bisa bekerja. Setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan system unit dipenuhi dengan debu. Bersihkan dengan rutin setiap 6 bulan sekali (tergantung dari pemakaian), terutama pada bagian kipasnya.

  • Menginstal antivirus.

Antivirus sangat berguna menjaga komputer dari ancaman virus dan program jahat yang membahayakan komputer. Untuk itu Anda bisa menginstal antivirus utama dan antivirus sampingan, seperti Smadav.

  • Membuat ground.

Jika sering merasa tersetrum saat memegang casing komputer, maka Anda perlu membuat ground untuk menetralisir aliran arus listrik pada system unit.

  • Memperhatikan suhu ruangan.

Untuk memaksimalkan kinerja komputer Anda, sebaiknya letakkan komputer di tempat yang bersuhu stabil dan tidak terlalu panas. Usahakan tempat tersebut memiliki ventilasi udara yang baik.

  • Mematikan komputer dengan benar.

Gunakan fitur shutdown untuk mematikan komputer dengan baik dan benar. Jangan sekali-kali mematikan komputer dengan menekan tombol power. Hal ini akan berdampak buruk pada harddisk.

  • Menghapus cache dan file sampah.

Lakukan perawatan komputer dengan menghapus cache yang menumpuk pada browser setelah digunakan untuk berselancar di dunia maya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *