You are here: Home / Komputer / Cara Membersihkan Laptop
Cara Membersihkan Laptop

Cara Membersihkan Laptop

Infobisnismenarik – Laptop atau komputer jinjing adalah salah satu piranti yang sekarang hampir dimiliki oleh semua orang. Laptop hadir dalam berbagai merk dan jenis yang beragam. Ada yang memang dikhususkan untuk keperluan pekerjaan saja, ada pula yang dibuat khusus untuk bermain game atau biasa disebut dengan laptop gaming. Apapun fungsinya, laptop Anda memiliki bentuk yang kurang lebih sama, yakni memiliki layar, keyboard, serta kipas.

Cara Membersihkan Laptop

Cara Membersihkan Laptop

Sebagai piranti yang kerap digunakan, laptop juga perlu dibersihkan. Mau tahu cara membersihkan laptop seluruh bagian? Ini dia tipsnya.

1. Pertama-tama Anda harus mematikan power laptop tersebut dan melepaskan pula baterai laptop untuk mengurangi risiko kerusakan sampai tersengat listrik.

2. Untuk bagian keyboard, pakailah semprotan udara untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada keyboard. Pegang laptop dalam keadaan miring kemudian semprotkan udara ke arah keyboard. Setelahnya, gunakan sikat lembut untuk membersihkan sisa kotoran dan debu.

3. Untuk bagian casing luar dan tombol keyboard, gunakna kapas dan sedikit alkohol untuk membersihkan bagian yang masih terlihat kotor. Pastikan kapas hanya dalam keadaan lembap, bukan basah. Kemudian sekalah dengan lembut.

4. Bagian layar bisa Anda bersihkan dengan cairan khusus pembersih layar yang banyak dijual di pasaran. Jika ingin membuat sendiri, Anda bisa mencampurkan cuka putih dengan air sulingan. Jangan langsung menyemprotnya ke layar laptop Anda, melainkan semprotkan pada kain bersih yang lembut, baru kemudian usapkan pada layar.

5. Bagian kipas laptop juga harus dibersihkan. Namun jika Anda tidak yakin membersihkannya sendiri, Anda bisa membawanya ke spesialis yang dapat membersihkan kipas laptop Anda.

6. Laptop juga memiliki bagian port yang perlu dibersihkan. Bagian ini bisa Anda bersihkan dengan menggunakna kapas kering dan semprot dengan kaleng kompresi udara secara perlahan.

Cara ini juga bisa Anda terapkan untuk membersihkan laptop kesayangan Anda. Cukup mudah dan bisa diterapkan di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *