You are here: Home / Komputer / 6 Perawatan Komputer yang Wajib Dilakukan untuk Memperpanjang Usia Komputer Anda
6 Perawatan Komputer yang Wajib Dilakukan untuk Memperpanjang Usia Komputer Anda

6 Perawatan Komputer yang Wajib Dilakukan untuk Memperpanjang Usia Komputer Anda

Perangkat komputer memang sudah menjadi salah satu bagian terpenting untuk masyarakat saat ini, bagaimanapun fungsinya tidak sekedar sebagai sarana untuk mengolah dokumen saja, melainkan semakin kesini semakin banyak, tak hanya pekerja kantoran saja yang membutuhkannya, melainkan juga para anak sekolah, karena setiap kegiatan mereka sekarang sudah berbasis sarana teknologi, untuk akses lebih banyak sumber pembelajaran sampai dengan digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas. Sejalan dengan pemakaiannya maka perawatan komputer juga harus dilakukan dengan benar.

 

Patut untuk diketahui jika seandainya perangkat teknologi semacam ini memang begitu rentan terhadap masalah, contohnya saja kerusakan, banyak faktor yang menyebabkannya mudah rusak, sehingga jika hanya menggunakannya tanpa dirawat dengan benar, maka kemungkinan besar nantinya komputer juga akan mengalami masalah, baik itu pada sektor hardware hingga sektor softwarenya.

 

Perawatan komputer ini sebenarnya tergolong sangat sederhana, berikut ini langkah-langkahnya:

 

  1. Memastikan kebersihan dari komputer, karena terlalu lama dibiarkan terkadang berbagai macam debu akan menumpuk pada hampir semua komponen dari komputer tersebut, untuk itulah sebaiknya dibersihkan secara rutin, sehingga tidak menganggu tampilannya atau bahkan menyumbat bagian ventilasi udara yang keluar dari komputer, membuatnya jadi mudah panas.
  2. Gunakan secara sehat, penggunaan perangkat teknologi pada beberapa orang terkadang memang di luar batas kesanggupannya, seperti terlalu di forsir untuk kebutuhan hiburan atau sejenisnya tanpa istirahat, hal yang membuatnya mudah mengalami kerusakan. Bahkan jika sudah rusak nantinya akan sulit untuk diperbaiki, jadi jikapun dipakai untuk bekerja, pastikan ada waktu jeda untuk istirahat, jangan dipaksa penggunaannya hingga 24 jam nonstop.
  3. Simpan di tempat yang tepat, diantaranya adalah dengan cara menghindarkan komputer tersebut dari sengatan sinar matahari secara langsung atau panas , apalagi pada saat digunakan, karena pada dasarnya komputer sendiri sudah mengeluarkan panas radiasi setiap dipakai, ketika ditambah panas dari luar, maka menyebabkannya mudah rusak.
  4. Jangan menyimpan benda yang bersifat magnet di dekat komputer Anda, salah satu contohnya adalah ponsel, karena alat-alat semacam ini nantinya dapat merusak monitor hingga bagian CPU nya.
  5. Lakukan pengecekan secara berkala, begitu juga untuk update antivirus dari perangkat tersebut, hal penting lainnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek secara keseluruhan setiap komponen perangkat keras, software dan melakukan update antivirus guna memastikan kondisinya masih baik.
  6. Biasakan untuk melakukan service secara teratur, contohnya untuk membersihkan kipasnya, sehingga bisa mendinginkan perangkat secara optimal.

Baca Juga : Tips Perawatan Komputer Agar Selalu Seperti Baru

Sebenarnya mudah untuk dilakukan, namun sering kali pemilik lupa untuk menerapkannya, perawatan komputer ini jika dilakukan secara rutin akan membuatnya tahan lama sampai bertahun-tahun tanpa rusak. Perawatan jauh lebih penting dibandingkan membeli yang bagus, percuma mahal jika tidak dirawat tetap mudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *