Category Archives: Komputer

You are here: Home / Komputer
Sebelum Anda Jual Komputer, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Sebelum Anda Jual Komputer, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Saat ini produk komputer mengalami peningkatan dari waktu ke waktu menjadi semakin canggih. Tak jarang karena terpikat dengan produk keluaran terbaru, beberapa orang akhirnya memutuskan untuk menjual komputer yang mereka miliki untuk mendapatkan komputer jenis terbaru. Proses jual komputer memang cukup mudah dilakukan. Asalkan memiliki spesifikasi yang baik serta masih bisa berfungsi secara optimal, maka beberapa orang akan dengan siap sedia membelinya. Namun tahukah Anda, jika menjual komputer kepada orang lain bisa sedikit banyak membahayakan. Terlebih jika Anda memiliki dokumen-dokumen penting di dalamnya.

 Sebelum Anda Jual Komputer, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Berikut Ini!

Seperti yang kita ketahui komputer memiliki memori yang bisa menyimpan data-data digital. Komputer bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan data yang praktis. Tak jarang beberapa orang menggunakannya untuk menyimpan data-data pribadi yang penting. Menyimpan data-data pribadi yang penting di dalam komputer sebenarnya tidak disarankan untuk dilakukan. Pasalnya hal ini akan rentan dicuri orang, baik oleh hacker, saat komputer diperbaiki, atau bahkan saat komputer dijual.

 

Agar resiko data penting pada komputer tidak hilang atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, maka sebelum melakukan proses jual komputer Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini:

Membackup data.

Melakukan back up data merupakan hal wajib yang tidak boleh dilupakan sebelum menjual komputer Anda. Anda bisa membackup data yang Anda miliki dengan mencopy data-data dari komputer dan dimasukkan ke dalam harddisk eksternal. Jika Anda tidak memiliki harddisk eksternal, penyimpanan secara online bisa menjadi solusi. Salah satu situs seperti Dropbox bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan data backup dari komputer Anda.

Baca Juga : Macam-macam Perawatan Komputer yang Bisa Dilakukan Sendiri

Menghapus semua software.

Jika Anda memiliki software berbayar yang terinstall di layar komputer Anda, maka sebelum menjualnya sebaiknya Anda hapus saja. Hal ini untuk menghindari lisensi software yang Anda miliki dipergunakan oleh orang lain atau calon pembeli komputer Anda.

Membersihkan harddisk.

Tak cukup hanya membackup data dari komputer saja, Anda juga harus menghapus folder dan file yang ada pada hardrive. Pasalnya tak sedikit orang yang menyimpan data-data penting di dalam komputer mereka. Jika tidak dimusnahkan, bisa saja akan disalahgunakan oleh orang lain. Anda bisa menghapus isi hardrive secara manual. Cara yang lebih baik lagi Anda bisa menggunakan software untuk me-reset hardrive komputer Anda. Karena jika menghapusnya secara manual, data-data tersebut bisa dibangkitkan kembali dengan mudah.

Menginstal ulang.

Agar komputer benar-benar bersih, lakukan install ulang sebelum dijual. Komputer yang diinstall ulang dengan software yang telah dibersihkan akan membuat kinerja komputer menjadi ringan seperti awal mula. Sehingga pembeli pun akan lebih terkesan untuk membelinya.

Membersihkan komputer.

Agar calon pembeli semakin berminat dengan komputer Anda, sebaiknya bersihkan komputer dari segala debu dan kotoran. Dengan tampilan yang lebih bersih, tidak menutup kemungkinan komputer Anda akan terbeli dengan harga jual komputer yang pantas.

 

 

Laptop Second Harga Murah dengan Ukuran 10 Inch

Laptop Second Harga Murah dengan Ukuran 10 Inch

Sekarang ini zaman dimana anak sekolah dasar pun sudah harus membutuhkan yang namanya laptop. Di zaman dulu, laptop merupakan salah satu barang mewah dan juga mahal yang di butuhkan oleh orang-orang yang sudah bekerja atau para mahasiswa yang di tugaskan untuk memiliki laptop sebagai alat untuk membantu mereka di dalam mengerjakan tugas kuliah. Akan tetapi sekarang ini anak sekolah dasar pun membutuhkan laptop untuk membantu mereka di dalam mengerjakan tugas sekolah yang mengharuskan untuk di ketik rapi dengan laptop. Hal tersebut memang menjadikan salah satu faktor yang membuat produk laptop second pun banyak sekali di minati dan di beli oleh orang tua yang membutuhkan laptop untuk anak mereka di rumah.

 Laptop Second Harga Murah dengan Ukuran 10 Inch

Laptop memang memiliki fungsi serta manfaat yang penting untuk semua orang yang memilikinya. Laptop digunakan untuk menulis rapi dengan cara di ketik yang nantinya akan membuat tulisan menjadi lebih rapi yang banyak digunakan oleh para pekerja kantoran selama ini. Akan tetapi untuk para pelajar pun membutuhkan laptop yang bisa untuk di pakai di dalam mengerjakan soal atau juga digunakan untuk mencari berbagai macam informasi penting yang di butuhkan sekolah yang bisa dilakukan melalui laptop dengan bantuan akses internet. 

Berbagai macam merk, jenis serta ukuran dari laptop banyak sekali tersedia di toko elektronik yang di jual dengan harga yang sangat bervariasi. Untuk harga dari laptop second sendiri memang cenderung lebih murah yang mana harga bisa jauh lebih murah lagi jika laptop tersebut memiliki ukuran yang lebih kecil. Salah satu dari ukuran laptop yang memiliki harga murah adalah dengan ukuran 10 inch yang memang bisa memiliki harga murah sekitar 2 jutaan bahkan ada yang harganya hanya 1 jutaan saja. Karena memang ukuran dari laptop bisa sangat mempengaruhi harga jualnya nanti.

Bagi para pelajar yang memang membutuhkan laptop hanya untuk sekedar mengerjakan tugas sekolah memang laptop dengan ukuran 10 inch menjadi sangat tepat karena bisa lebih mudah dan juga simple untuk digunakan dan di bawa sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan yang paling penting juga adalah harganya yang jauh lebih murah yang bisa menjadi pilihan tepat untuk para orang tua di dalam membelikan laptop untuk anak mereka dalam proses belajar.

 Laptop second dengan harga murah juga harus bisa untuk di cari tahu mengenai kualitas yang dimilikinya. Jangan hanya karena melihat harganya murah saja akan tetapi kualitas yang dimilikinya sudah rusak atau buruk yang akan membuat laptop tersebut malah tidak bisa berfungsi dengan baik nantinya yang akan membuat laptop tersebut tidak bisa di pakai dengan maksimal.

Macbook, Perangkat Tipis Bertenaga Handal untuk Menyimpan File

Macbook, Perangkat Tipis Bertenaga Handal untuk Menyimpan File

Laptop kini bukan lagi sebuah barang mewah karena penggunaannya sudah sangat banyak dan umum untuk berbagai kalangan. Dari pelajar, mahasiswa hingga pekerja, sudah menggunakan perangkat teknologi ini untuk dipakai dalam kegiatannya sehari-hari. Penggunaan laptop lebih dipilih dari komputer box karena bisa dibawa kemana saja tanpa perlu repot melakukan instalasi kembali. Bagi Anda yang ingin memiliki sebuah laptop tipis sehingga memudahkan penggunaan dan mobilitas namun tetap mendapatkan apa yang disebut dengan sebuah teknologi canggih, maka sebuah notebook tipis dan ringan dari Apple yaitu Macbook merupakan pilihan yang sangat tepat.

 Macbook, Perangkat Tipis Bertenaga Handal untuk Menyimpan File

Notebook dari Apple ini merupakan pilihan yang sangat pas bagi Anda pemilik mobilitas tinggi dan ingin mendapatkan dukungan maksimal dari gadget yang dimiliki. Nama Apple sebagai produsennya sendiri merupakan sebuah jaminan mutu dan kualitas dari notebook dengan ketebalan hanya 13,1mm ini. Mac yang tipis dan ringan ini memiliki prosesor dari Intel dengan kekuatan core m3, i5 serta i7 yang bisa Anda andalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi komputer besar hingga game berat. Selain itu, jika ingin menggunakan Mac untuk menyimpan file hasil download, Anda tak perlu menunggu lama, karena sistem penyimpanan file menjadi sangat cepat hingga 50% dari gadget lainnya. 

Keunikan lain dari Macbook ini adalah pada kinerjanya yang bisa Anda gunakan selama 10 jam nonstop dengan dukungan batre berkapasitas besar. Didesain tanpa kipas pendingin, Mac tetap bisa memberikan kinerja maksimal tanpa over heat karena di rancang dengan banyak sela di bagian selnya untuk memberikan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, prosesor canggihnya hanya perlu daya listrik sebesar 5 watt saja sehingga menghasilkan sangat sedikit panas untuk penggunaan jangka panjang.

 Untuk memory yang diberikan, Anda bisa mengandalkan Mac untuk kerja cepat dan tepat dengan menggunakan RAM bawaan bertipe LPDDR3 1866 MHZ dengan kapasitas 16Gb. Sedangkan untuk penyimpanan internal, Anda tak perlu khawatir karena meski tipis, Mac memiliki kapasitas penyimpanan tak kurang dari notebook lain yang lebih tebal yaitu 512 gb. Menggunakan layar berukuran 12 inchi yang meski terlihat kecil namun memberikan tampilan sangat jelas berkat resolusi detail yang diberikan sebesar 2301 x 1440 px. Selain mesin dan layar, papan keyboard juga dirancang dengan sangat nyaman menggunakan design kupu-kupu yang memberikan kecepatan saat mengetik.

Dengan berbagai kelebihannya, tak salah jika Anda memilih Macbook sebagai gadget andalan sehari-hari baik untuk penggunaan di rumah maupun di luar rumah. Dengan desainnya yang tipis dan ringan, MAC bisa dibawa kemana saja tanpa menyulitkan. Dukungan batre yang luar biasa juga memungkinkan Anda untuk bekerja di mana saja meski tanpa dukungan sumber daya listrik.

 

Ini Alasan Dibalik Harga MacBook yang Mahal

Ini Alasan Dibalik Harga MacBook yang Mahal

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan besar seperti Apple?. Sukses dengan menghadirkan smartphone canggih lewat iPhone, Apple juga cukup berbangga hati dengan produk laptop dan notebooknya dengan adanya MacBook. Berbeda dengan laptop pada umumnya, laptop Apple memiliki sistem operasi dan fitur-fitur yang membuat siapapun tertarik untuk memilikinya. Selain ditunjang dengan desainnya yang berkelas dan elegan. Kesan eksklusif akan Anda dapatkan saat melihat produk Apple yang satu ini. Terutama jika Anda mengetahui harga jualnya yang cukup fantastis untuk didapatkan.

 Ini Alasan Dibalik Harga MacBook yang Mahal

Bagi masyarakat awam yang belum mengetahui kehebatan produk laptop Apple ini, tentu akan heran dengan harga jualnya yang mahal. Terlebih jika dilihat dari spesifikasi yang dibawa selalu nampak tertinggal dibandingkan dengan laptop dari merk lain. Agar Anda tidak semakin penasaran, berikut ini rangkuman dari alasan produk andalan Apple ini dijual dengan harga yang cukup mahal, antara lain sebagai berikut:

  • Nama yang menjual.

Brand sangat berpengaruh kuat pada harga jual produk. Hal ini juga berlaku untuk produk laptop Apple yang satu ini. Sehingga tidak heran jika harga MacBook terbilang lebih mahal dibandingkan dengan brand laptop lainnya. Seperti yang kita ketahui, Apple merupakan salah satu perusahaan yang masuk kedalam daftar perusahaan berharga di dunia setiap tahunnya.

  • Software yang eksklusif.

Sistem operasi yang digunakan sangat berbeda dengan laptop-laptop pada umumnya. jika pada umumnya berbagai brand laptop menggunakan sistem operasi Windows, maka pada produk laptop Apple menggunakan sistem operasi MacOS yang telah dikembangkan secara eksklusif oleh Apple. Ekslusivitas inilah yang menyebabkan harganya terbilang mahal dibandingkan dengan laptop bermerk lainnya.

  • Hardware berkualitas dan terintegrasi total.

Untuk perangkat hardware sudah menggunakan material berkualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya memiliki build quality yang bagus namun juga sudah terintegrasi penuh dengan software MacOS. Keyboardnya sangat sempurna untuk digerakkan dengan jari tangan, selain juga dimensinya yang pas dan nyaman.

  • Memiliki layar yang berspesifikasi tinggi.

Beberapa produknya sudah mengusung layar dengan retina display. Perbandingan harga retina display dengan yang bukan sangat terpaut jauh. Hal ini karena retina display akan memanjakan mata untuk menikmati layar yang berwarna dengan lebih nyata dan nyaman. Sehingga tak heran laptop atau notebook Apple banyak digunakan para profesional yang menggeluti bidang desain.

  • Performa yang mumpuni.

Meski dari segi spesifikasi tertinggal dari laptop-laptop lain, namun dari segi performa sangat bisa diandalkan karena sudah sangat mumpuni.

  • Bebas dari ancaman virus.

Jika virus komputer sangat bersahabat dengan pengguna laptop berbasis Windows, maka pada MacBook hal tersebut akan dipastikan tidak mungkin terjadi. Hal ini karena dari Apple memiliki sistem keamanan yang baik dan terpantau.

Macam-macam Perawatan Komputer

Macam-macam Perawatan Komputer yang Bisa Dilakukan Sendiri

Siapa kini yang tak menggunakan komputer atau laptop untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari? Dari mulai pelajar, mahasiswa hingga pekerja sudah menjadikan laptop dan komputer sebagai senjata untuk mempermudah pekerjaan yang harus dilakukan. Meski digunakan setiap hari dan memberikan manfaat luar biasa terhadap penggunanya, tak semua pemilik komputer mengerti cara perawatan komputer yang benar agar perangkat teknologi mereka tetap bisa bekerja dengan prima. Kebanyakan, pemilik komputer langsung menyerahkan komputer pada ahlinya jika di rasa ada yang salah hingga menyebabkan kendala. Padahal ada beberapa masalah yang bisa dengan mudah diatasi jika sana si pemilik mengetahui cara yang harus dilakukan.

Macam-macam Perawatan Komputer

Macam-macam Perawatan Komputer

Bagi Anda pemilik komputer atau laptop dan tak ingin selalu bergantung dengan teknisi komputer karena bisa mengakibatkan biaya yang mahal dan waktu yang lama, ada baiknya Anda mengetahui apa saja masalah yang bisa ditimbulkan oleh komputer dan cara pencegahan ataupun penanganannya yang bisa Anda lakukan sendiri. Berikut ini adalah beberapa contohnya yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Komputer menjadi sangat lambat.

Lambatnya komputer sering dialami oleh semua pemilik komputer ketika mereka menggunakan komputer dalam waktu yang lama dan sering. Kebanyakan akan langsung menyerahkan ke teknisi untuk menanganinya. Padahal belum tentu lambatnya komputer Anda dikarenakan hal teknis. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu sebelum membawa ke teknisi komputer antara lain:

 

  1. Membersihkan atau memindahkan data dari drive C, termasuk folder My Document dan Download ke drive lain.
  2. Tidak menginstal sistem operasi atau aplikasi yang terlalu berat untuk jenis spesifikasi komputer Anda. Jika sudah terlanjur, Anda bisa menguninstall beberapa aplikasi yang tidak diperlukan.
  3. Bersihkan recycle bin secara berkala.
  • Komputer atau laptop sering mati tiba-tiba.

Dalam hal ini perawatan komputer sehari-hari diperlukan khususnya dalam hal kebersihannya. Komputer yang sering mati bisa disebabkan karena prosesor terlalu panas atau kotor sehingga perlu dibersihkan dengan vacuum khusus. Selain itu Anda juga bisa membersihkan Ram komputer yang bisa dengan mudah diambil dari PC box.

  • Keyboard terlepas.

Jika salah satu tuts keyboard terlepas dari laptop, memang sebaiknya langsung di bawa ke teknisi untuk bisa mencegah keyboard lain ikut terlepas. Namun Anda juga bisa menggunakan cara sederhana terlebih dahulu jika belum memiliki budget untuk mereparasinya secara profesional. Gunakan solasi yang ditempelkan di tuts keyboard lain di bagian samping keyboard yang lepas untuk menjaganya tetap pada tempatnya.

Dengan mencoba cara-cara di atas terlebih dahulu, diharapkan Anda sudah bisa melakukan perawatan komputer yang dibutuhkan agar masalah komputer yang ada bisa teratasi tanpa perlu membawa komputer ke teknisi berbayar. Namun jika masalah belum teratasi, ada baiknya laptop atau komputer mendapatkan perawatan langsung dari ahlinya agar segera teratasi.

Lakukan Perawatan Komputer Berikut Ini Agar Performa Tetap Optimal

Lakukan Perawatan Komputer Berikut Ini Agar Performa Tetap Optimal

Di zaman yang serba modern ini kebutuhan akan komputer sangat meningkat. Komputer sendiri merupakan perangkat serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengerjakan tugas perkantoran, menjalankan program atau sistem, menonton film atau video, browsing, bermain game, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak bisa dipisahkan peranannya ini dari kehidupan sehari-hari manusia. Layaknya perangkat elektronik pada umumnya, melakukan perawatan komputer dengan baik dan benar akan menjaga kinerjanya tetap optimal. Selain itu juga akan membuat komputer awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Lakukan Perawatan Komputer Berikut Ini Agar Performa Tetap Optimal 

Mengingat penggunaannya yang sangat beragam membuat komputer bekerja ekstra daripada biasanya. Untuk itu perawatan rutin tidak boleh Anda tinggalkan. Sehingga komputer selalu dalam keadaan prima dan tetap terjaga performa kerjanya. Menyepelekan perawatannya akan berakibat fatal, mulai dari performanya yang menurun hingga rentan terjadi kerusakan. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips merawat komputer yang bisa Anda lakukan:

  • Defrag harddisk.

Melakukan defrag harddisk berguna untuk menata ulang file-file yang berada di dalam komputer. Sehingga file yang di copy paste atau aplikasi yang diinstall atau dihapus bisa tertata kembali.

  • Uninstall aplikasi.

Jika di dalam komputer Anda terpasang beberapa aplikasi yang jarang terpakai atau tidak terlalu berguna, sebaiknya lakukan uninstall saja. Terlalu banyak aplikasi pada komputer akan membuat sesak ruang penyimpanan komputer Anda. Seperti misalnya jika Anda memiliki beberapa aplikasi browser di perangkat komputer Anda. Sebaiknya uninstall browser yang tidak Anda pakai.

  • Membersihkan system unit.

Perawatan komputer selanjutnya adalah membersihkan system unit atau yang biasa juga disebut dengan CPU. Didalam CPU terdapat pheriperal (processor, RAM, harddisk) yang membuat komputer bisa bekerja. Setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan system unit dipenuhi dengan debu. Bersihkan dengan rutin setiap 6 bulan sekali (tergantung dari pemakaian), terutama pada bagian kipasnya.

  • Menginstal antivirus.

Antivirus sangat berguna menjaga komputer dari ancaman virus dan program jahat yang membahayakan komputer. Untuk itu Anda bisa menginstal antivirus utama dan antivirus sampingan, seperti Smadav.

  • Membuat ground.

Jika sering merasa tersetrum saat memegang casing komputer, maka Anda perlu membuat ground untuk menetralisir aliran arus listrik pada system unit.

  • Memperhatikan suhu ruangan.

Untuk memaksimalkan kinerja komputer Anda, sebaiknya letakkan komputer di tempat yang bersuhu stabil dan tidak terlalu panas. Usahakan tempat tersebut memiliki ventilasi udara yang baik.

  • Mematikan komputer dengan benar.

Gunakan fitur shutdown untuk mematikan komputer dengan baik dan benar. Jangan sekali-kali mematikan komputer dengan menekan tombol power. Hal ini akan berdampak buruk pada harddisk.

  • Menghapus cache dan file sampah.

Lakukan perawatan komputer dengan menghapus cache yang menumpuk pada browser setelah digunakan untuk berselancar di dunia maya.

 

10 Alasan Mengapa MacBook Lebih Baik Daripada Laptop Biasa

10 Alasan Mengapa MacBook Lebih Baik Daripada Laptop Biasa

Apakah Anda akan membeli laptop dan bingung laptop apa yang akan di beli? Salah satu pilihan yang patut Anda pertimbangkan adalah Macbook. Berikut berbagai macam kelebihan yang ditawarkannya.

10 Alasan Mengapa MacBook Lebih Baik Daripada Laptop Biasa

Startup Cepat dan Shutdown

Ingin laptop dengan waktu turn off dan turn on yang cepat? MacBook memiliki waktu startup dan shutdown cepat. Anda tidak akan menduga secepat ini. Gadget ini bahkan memecahkan rekor shutdown hanya dengan 4 detik. Sangat cepat!

Perangkat Lunak Lengkap memenuhi kebutuhan Anda

Mac dilengkapi dengan iLife yang mencakup iPhoto, iMovie, GarageBand, iWeb, dan iDVD. Ini adalah beberapa perangkat lunak yang hebat dan akan sangat membantu Anda untuk membuat video Anda sendiri atau mengedit foto Anda. Mac telah menyediakan berbagai software di dalamnya yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan Anda sehingga tak perlu lagi menginstal software.

Keamanan Lebih Baik

Mac memiliki keamanan yang lebih baik daripada PC. Ia tidak rentan terhadap virus dan spyware. Menginstal perangkat lunak anti-virus tidak diperlukan. Tanpa perangkat lunak anti-virus, sistem tetap bisa berjalan cepat dan lancar.

Bersih, Jernih dan Kontras

MacBook memiliki tampilan kontras yang lebih tinggi daripada laptop biasa. Warnanya hidup dan indah. Tidak heran ia telah menjadi pilihan bagi para desainer grafis.

Sistem Intuitif dan Stabil

Sistem navigasi intuitif membuatnya sangat mudah digunakan. Memasang program sesederhana menyeret file. Selain intuitif, Mac juga stabil. Kita tahu kinerja ponsel dari Apple saja sudah sangat baik. Jarang terjadi lag, kinerja cepat, multi tasking dan lain-lain. Sama halnya dengan mac. Sistemnya jarang sekali mengalami pelambatan, kinerjanya cepat walaupun kita membuka banyak program.

Keyboard dengan lampu latar

Kata kunci backlit dengan LED putih adalah salah satu fitur tambahan. Itu membuat mengetik di malam hari jauh lebih mudah.

Apple membuat upgrade OS-nya sederhana

Apple memudahkan pelanggannya mengupgrade OS mereka ke versi terbaru dengan gratis. Menggunakan Windows mungkin tidak akan semudah Mac.

Mac  Mengerti Gaya

Meskipun ada banyak sekali jenis PC yang berbeda di luar sana, hampir semua orang setuju bahwa gaya, desain dan keanggunan yang sederhana dari Mac kalahkan desain laptop lain. Walaupun desain sederhana tetapi terlihat elegan dan mewah. Mereka terlihat keren. Di dunia PC, kualitas Apple tidak ada duanya.

Mesin Waktu dan Could

Tidak cukup banyak orang yang mencadangkan hard drive mereka, karena membutuhkan waktu yang lama dan rumit. Tetapi tidak dengan Mac. Anda hanya perlu menghubungkan drive dan menghidupkan Time Machine. Hard Drive Anda akan di cadangkan dan Anda dapat mencari file tersebut sesuai waktunya. Selain itu Anda dapat menemukan dokumen yang Anda hapus. Pemanfaatan iCloud juga Akan sangat membantu bagi yang menggunakan iPhone dan iPad.

Terbukti bukan Macbook lebih baik daripada laptop lainnya?

Pilih Laptop Murah yang Bagus Baiknya Menyimak 4 Tips Ini!

Pilih Laptop Murah yang Bagus Baiknya Menyimak 4 Tips Ini!

Zaman sekarang peran laptop sangatlah vital supaya bisa bekerja maupun belajar dimana saja, namun minimnya dana membuat Anda musti mencari laptop murah sampai dapat. Pilihan laptop yang tersedia di pasaran memang sangat banyak, Anda bisa menemukan variasi harga dari yang termurah sampai yang termahal. Jika memang memiliki dana yang lumayan banyak tentu membuat Anda leluasa memilih, akan tetapi tetap bijak jika disesuaikan dengan kebutuhan. Sebaliknya, manakala budget terbatas jangan sampai asal memilih laptop yang murah.

Pilih Laptop Murah yang Bagus Baiknya Menyimak 4 Tips Ini!

Tips Memilih Laptop Berkualitas Sekalipun Murah

Jangan hanya asal murah dan asal dapat yang sesuai budget lalu menutup mata dengan kualitasnya, sehingga menjadi mudah rusak. Supaya laptop dengan harga murah namun punya kualitas terbaik didapatkan Anda bisa menyimak tips berikut:

Bandingkan harga dengan spesifikasi,

Menentukan kualitas laptop sebenarnya bisa lewat spesifikasinya, karena ketika prosessornya A lalu baterainya memiliki kapasitas tidak sesuai. Tentu timpang dan membuatnya mudah rusak jadi bagi yang paham dalaman laptop bisa mengecek spesifikasi yang dibawa. Meski murah jika spesifikasinya sendiri memang mumpuni dan saling melengkapi dijamin kinerjanya bagus dan lebih awet.

Utamakan laptop branded,

Pada saat berkunjung ke toko komputer untuk belanja laptop baik online maupun offline, baiknya mencari brand terkemuka. Ada beragam brand komputer ternama yang dikenal memiliki kualitas yang mumpuni. Brand tersebut bisa memberikan harga murah karena laptop murah ini dibekali dengan spesifikasi standar. Jika dengan spesifikasi tersebut kebutuhan sudah terpenuhi maka tidak usah membayar lebih mahal. Selain lebih murah Anda mendapatkan komputer branded yang tahan banting dan harga jualnya stabil.

Baca Juga : Tips Perawatan Komputer Agar Selalu Seperti Baru

Pastikan menerima garansi,

Kualitas komputer jenis laptop yang memuaskan juga bisa diketahui lewat layanan purna jualnya. Pastikan Anda menerima garansi dan merupakan garansi resmi yang berlaku minimal setahun atau lebih. Pilih laptop yang lokasi service centernya ada di kota Anda, supaya saat rusak bisa segera diklaim tanpa perlu menunggu lama. Pasalnya beberapa brand elektronik memang menyediakan service center di kota tertentu, saat klaim dilakukan musti menunggu sekian bulan karena proses pengirimannya cukup lama. Anda tentu tidak nyaman dan pekerjaan menjadi terbengkalai.

Coba dulu di tempat baru dibeli,

Membeli laptop baiknya memang dicoba dulu kecuali bagi Anda yang membelinya secara online, maka teknik memilihnya berbeda. Usahakan memilih laptop yang kinerjanya bagus sehingga sewaktu dicoba Anda buka beberapa aplikasi dan browsing sebentar. Jika kemampuan baik, kursor maupun keyboardnya juga terasa nyaman. Intinya Anda cocok dengan keseluruhan laptop tersebut maka bisa dibawa pulang, sehingga bukan asal murah. Asalkan mau teliti dan ulet membandingkan Anda bisa memiliki laptop murah dengan kualitas jempolan.

6 Perawatan Komputer yang Wajib Dilakukan untuk Memperpanjang Usia Komputer Anda

6 Perawatan Komputer yang Wajib Dilakukan untuk Memperpanjang Usia Komputer Anda

Perangkat komputer memang sudah menjadi salah satu bagian terpenting untuk masyarakat saat ini, bagaimanapun fungsinya tidak sekedar sebagai sarana untuk mengolah dokumen saja, melainkan semakin kesini semakin banyak, tak hanya pekerja kantoran saja yang membutuhkannya, melainkan juga para anak sekolah, karena setiap kegiatan mereka sekarang sudah berbasis sarana teknologi, untuk akses lebih banyak sumber pembelajaran sampai dengan digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas. Sejalan dengan pemakaiannya maka perawatan komputer juga harus dilakukan dengan benar.

 

Patut untuk diketahui jika seandainya perangkat teknologi semacam ini memang begitu rentan terhadap masalah, contohnya saja kerusakan, banyak faktor yang menyebabkannya mudah rusak, sehingga jika hanya menggunakannya tanpa dirawat dengan benar, maka kemungkinan besar nantinya komputer juga akan mengalami masalah, baik itu pada sektor hardware hingga sektor softwarenya.

 

Perawatan komputer ini sebenarnya tergolong sangat sederhana, berikut ini langkah-langkahnya:

 

  1. Memastikan kebersihan dari komputer, karena terlalu lama dibiarkan terkadang berbagai macam debu akan menumpuk pada hampir semua komponen dari komputer tersebut, untuk itulah sebaiknya dibersihkan secara rutin, sehingga tidak menganggu tampilannya atau bahkan menyumbat bagian ventilasi udara yang keluar dari komputer, membuatnya jadi mudah panas.
  2. Gunakan secara sehat, penggunaan perangkat teknologi pada beberapa orang terkadang memang di luar batas kesanggupannya, seperti terlalu di forsir untuk kebutuhan hiburan atau sejenisnya tanpa istirahat, hal yang membuatnya mudah mengalami kerusakan. Bahkan jika sudah rusak nantinya akan sulit untuk diperbaiki, jadi jikapun dipakai untuk bekerja, pastikan ada waktu jeda untuk istirahat, jangan dipaksa penggunaannya hingga 24 jam nonstop.
  3. Simpan di tempat yang tepat, diantaranya adalah dengan cara menghindarkan komputer tersebut dari sengatan sinar matahari secara langsung atau panas , apalagi pada saat digunakan, karena pada dasarnya komputer sendiri sudah mengeluarkan panas radiasi setiap dipakai, ketika ditambah panas dari luar, maka menyebabkannya mudah rusak.
  4. Jangan menyimpan benda yang bersifat magnet di dekat komputer Anda, salah satu contohnya adalah ponsel, karena alat-alat semacam ini nantinya dapat merusak monitor hingga bagian CPU nya.
  5. Lakukan pengecekan secara berkala, begitu juga untuk update antivirus dari perangkat tersebut, hal penting lainnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek secara keseluruhan setiap komponen perangkat keras, software dan melakukan update antivirus guna memastikan kondisinya masih baik.
  6. Biasakan untuk melakukan service secara teratur, contohnya untuk membersihkan kipasnya, sehingga bisa mendinginkan perangkat secara optimal.

Baca Juga : Tips Perawatan Komputer Agar Selalu Seperti Baru

Sebenarnya mudah untuk dilakukan, namun sering kali pemilik lupa untuk menerapkannya, perawatan komputer ini jika dilakukan secara rutin akan membuatnya tahan lama sampai bertahun-tahun tanpa rusak. Perawatan jauh lebih penting dibandingkan membeli yang bagus, percuma mahal jika tidak dirawat tetap mudah rusak.

Rekomendasi Asus Laptop Termurah untuk Segala Kebutuhan Anda

Rekomendasi Asus Laptop Termurah untuk Segala Kebutuhan Anda

Perkembangan teknologi memang menjadikan dunia harus bergerak dengan dinamis. Selain itu memang teknologi mampu memberikan banyak kemudahan untuk kehidupan manusia. Salah satu perangkat yang tak bisa dilepaskan dari teknologi masa kini yakni laptop. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari laptop untuk dipakai, Asus laptop bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan pekerjaan atau pendidikan Anda.

 Rekomendasi Asus Laptop Termurah untuk Segala Kebutuhan Anda

Asus menjadi salah satu pemain di dunia laptop dan netbook yang sudah sangat dikenal di dunia. Banyak sekali produk dari Asus yang sudah mendunia dengan keunggulannya. Tentunya setiap produk dari Asus sendiri dibanderol dengan harga berbeda-beda. Berikut ini beberapa rekomendasi laptop merk Asus dengan harga terjangkau yang bisa Anda jadikan pilihan:

  • Asus X200MA

Untuk laptop Asus yang pertama ada seri Asus X200MA. Untuk laptop Asus yang satu ini berukuran 11,6 inchi sehingga akan sangat fleksibel ketika harus dibawa kemana-mana. Dengan adanya prosesor Intel Celeron N2840 dan juga kecepatan 2,58 GHz serta cache 1M menjadikan kinerja mumpuni bagi Anda yang berkebutuhan untuk perkantoran dan juga belajar. Dengan adanya RAM 2GB menjadikan kegiatan Anda bekerja dan belajar sangat menyenangkan dan mudah. Harganya pun tak sampai 3 jutaan saja.

  • Asus X454WA

Rekomendasi Asus laptop yang kedua adalah dengan seri Asus X454WA yang hadir dengan layar lebih besar yakni 14 inchi. Seri laptop ini dibundle dengan hardware AMD. Dengan karakter mencolok yang bisa dilihat dengan adanya prosesor berupa AMD Dual Core E1 6010 dengan kecepatan 1.35 GHz serta cache 1M. Untuk kartu grafisnya didukung memakai seri AMD Radeon R2 dengan disokong 2 GB RAM. Dengan harga hanya 3,4 jutaan, maka Anda akan bisa mendapatkan harddisk dengan besaran 500 GB. Cukup besar bukan?

  • Asus X552WA

Untuk Asus X552WA ini dibanderol dengan harga 3,5 jutaan saja. Laptop ini memang dibanderol dengan harga yang murah padahal ukuran layarnya saja cukup besar yakni 15 inchi. Dukungan prosesor berupa AMD Dual Core E1 6010 dengan kecepatan 1.35 GHz serta cache 1M juga mampu memberikan performa yang amat baik untuk Anda pergunakan. Selain itu ada juga kartu grafisnya didukung memakai seri AMD Radeon R2 dengan disokong 2 GB RAM.

Itulah beberapa rekomendasi Asus laptop yang bisa Anda jadikan pilihan. Harganya mulai dari 3 juta rupiah saja dan Anda bisa menentukan mana laptop yang sesuai untuk Anda. Dengan laptop dari Asus, Anda akan bisa mendapatkan kemudahan untuk mengerjakan semua pekerjaan atau keperluan pendidikan. Kini laptop Asus sudah bisa didapatkan di toko komputer terdekat hingga bisa dipesan secara online. Tentu makin mudah bukan?