You are here: Home / Kesehatan / Tips Hidup Sehat Penderita Obesitas Agar Tak Mudah Terserang Penyakit

Tips Hidup Sehat Penderita Obesitas Agar Tak Mudah Terserang Penyakit

Tips hidup sehat merupakan sebuah hal penting yang harus diaplikasikan oleh siapa saja untuk terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya, begitu juga ketika Anda ingin berumur panjang. Kuncinya adalah dengan menerapkan gaya hidup saja. Hanya saja faktanya seseorang akan menerapkan prinsip hidup sehat ketika mereka sudah terserang penyakit, karena saat itu mereka baru menyadari pentingnya kesehatan. Padahal sebenarnya sehat bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, tak perlu mengeluarkan banyak uang.

Salah satu faktor yang mempengaruhi datanya penyakit adalah berat badan, faktanya orang-orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit berbahaya dibandingkan dengan orang-orang kurus atau berberat badan ideal. Untuk itu sebisa mungkin bagi Anda yang menderita obesitas atau berat badan gemuk harus segera untuk menurunkannya. Sebelum penyakit-penyakit berbahaya mengintai nyawa Anda. Mungkin bukan sekarang, namun bisa jadi dalam beberapa waktu kedepan.

Tips hidup sehat bagi mereka yang memiliki masalah dengan obesitas sebenarnya sederhana, diantara beberapa hal yang bisa diterapkan adalah:

 Baca juga di aladintips.com tentang gaya hidup yang sehat

  1. Olahraga secara teratur, minimal 30 menit saja, tak perlu terlalu lama, dengan durasi tersebut, jika dilakukan secara sungguh-sungguh maka hasilnya juga akan optimal, sebut saja diantaranya adalah dengan berlari ataupun senam. Kedua jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja, namun manfaatnya sangat baik dalam menurunkan berat badan.
  2. Batasi konsumsi makanan atau minuman manis, gula yang masuk kedalam tubuh selain digunakan sebagai sumber energi juga berpotensi untuk meningkatkan berat badan. Untuk itulah pemilih badan gemuk alangkah baiknya untuk membatasi asupan gula yang masuk dalam tubuh, sehingga badan tak kian melebar.
  3. Hindari menggunakan minyak curah dalam menggoreng, sebaiknya mulai kurangi menu makanan yang dimasak dengan cara menggorengnya, karena ada kandungan lemak yang cukup tinggi di dalamnya. Jikapun ingin menu makanan yang digoreng, maka bisa mengganti minyaknya dengan minyak zaitun, minyak yang terbukti lebih aman menjaga kolesterol baik dalam tubuh.
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, dibandingkan dengan karbohidrat, maka lebih dianjurkan kepada Anda untuk memperbanyak buah-buahan dan sayur, bahan pangan yang lebih kaya akan kandungan serat untuk membantu memperlancar pencernaan.
  5. Konsumsi susu tetap diperkenankan hanya saja jenisnya harus diganti dengan yang tanpa lemak, hanya susu dengan kandungan protein saja yang diperbolehkan bagi orang-orang gemuk.
  6. Cukup dalam istirahat, faktanya orang yang kekurangan waktu untuk istirahat juga memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap obesitas, karena semakin sering tubuh bekerja, maka kian banyak asupan makanan yang dibutuhkan.

Itulah beberapa tips hidup sehat yang dapat Anda aplikasikan, khususnya bagi yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *