You are here: Home / Kesehatan / 5 Jenis Makanan Sehat yang Nikmat Bagi Penderita Penyakit Jantung

5 Jenis Makanan Sehat yang Nikmat Bagi Penderita Penyakit Jantung

Bukan hanya orang dewasa saja, kenyataannya penyakit jantung juga bisa diderita oleh remaja bahkan anak-anak. Banyak faktor yang menyebabkan masalah kesehatan ini, diantaranya adalah keturunan atau genetik hingga karena pola hidup yang tidak sehat. Seperti diantaranya adalah konsumsi menu makanan yang tidak sehat setiap harinya. Faktanya makanan memang menjadi salah satu faktor terbesar munculnya berbagai macam masalah kesehatan, tak hanya jantung saja, melainkan juga bisa menjadi penyebab diabetes, hingga penyakit kanker. Konsumsi makanan sehat setiap hari bisa menekan resiko terkena penyakit berbahaya tersebut.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang sudah terlanjur menderita penyakit tersebut? Tentunya tak bisa dipungkiri bahwa penyakit bisa datang menyerang siapa saja dan juga kapan saja. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengubah pola hidup Anda. Termasuk diantaranya adalah memperhatikan asupan makanan sehat yang masuk dalam tubuh. Khusus untuk Anda yang menderita gangguan kesehatan berkaitan dengan jantung sendiri, maka bisa diatasi salah satunya dengan mengkonsumsi menu makanan yang sehat, menu makanan yang bagus untuk menekan kadar kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh, diantaranya adalah:

  1. Oats, bubur oats terbuat dari gandum yang kaya akan kandungan karbohidrat kompleks, jenis yang sangat bagus digunakan untuk menjaga kesehatan jantung, menu yang satu ini bisa dijadikan sebagai asupan makanan untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitas Anda.
  2. Yogurt, jangan salah karena kenyataannya olahan dari susu yang satu ini bukan hanya bagus untuk lancarkan pencernaan saja, lebih dari itu ia juga memiliki manfaat untuk menyehatkan jantung. Mengkonsumsi yogurt setiap hari mampu mencegah tubuh terkena masalah kesehatan pada gusi, bagian yang ternyata juga sangat rentan mempengaruhi kinerja jantung.
  3. Konsumsi kismis, kismis adalah anggur muda yang dikeringkan, rasanya masam agak manis, biasanya dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam pembuatan kue. Manfaatnya tak kalah banyak dibandingkan dengan anggur segarnya. Salah satunya adalah untuk menyehatkan gusi, bagian yang juga mempengaruhi masalah jantung.
  4. Kacang hijau, kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang sangat tinggi dan juga baik untuk mencukupi kebutuhan protein harian bagi tubuh. Kandungan lemak yang ada di dalamnya juga lemak sehat yang mampu mengatasi masalah kolesterol. Faktor yang dapat memicu masalah kesehatan jantung.
  5. Ikan salmon, khusus untuk Anda yang menggemari menu makanan laut atau seafood, maka wajib menyukai jenis ikan yang satu ini, selain enak, maka salmon juga kaya akan manfaat untuk mengurangi penyakit jantung, cukup dengan konsumsi 2 hingga 3 porsi setiap minggunya.

Tak semua orang yang sakit tidak bisa mengkonsumsi makanan nikmat, kenyataannya Anda yang memiliki masalah dengan kesehatan jantung tetap bisa mengkonsumsi makanan sehat dan enak tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *